agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Boyongan ke Hosting IIX (Indonesia Internet eXchange)

Dengan tujuan agar akses ke https://agungprasetyo.net lebih cepat, saya memindahkan hosting dari US ke hosting IIX. Yaa, meski harga sedikit lebih mahal, tapi dengan ini saya berharap blog ini bisa lebih mudah untuk diakses oleh para rekan-rekan semua…

Bagi sebagian besar pengguna internet pasti sudah kenal dengan istilah IIX (Indonesia Internet eXchange). Tapi bagi yang belum tahu… istilah apa ya IIX itu ???

Bisa dijelasin sedikit bahwa jika anda membeli sebuah hosting dengan embel-embel IIX maka bisa dipastikan bahwa hosting itu menempatkan server-nya di lokal (bukan di luar negeri). Perbedaan antara hosting IIX dan hosting di luar negeri salah satunya adalah kecepatan akses.  Keunggulan hosting IIX adalah pengunjung website dari Indonesia dapat mengakses dengan lebih cepat, karena pengunjung website tidak perlu memutar ke luar negeri dahulu untuk mencapai server. Jika target customer kita peruntukannya untuk domisili di Indonesia, rasanya pilihan untuk hosting IIX adalah pilihan yang paling tepat.

Perbedaan lainnya adalah hosting IIX biasanya lebih mahal daripada hosting di luar negeri. Kalau ini saya kurang tahu kenapa, padahal harusnya kalau server di Indonesia kan harusnya lebih murah, tapi ternyata harga yang diberikan memang lebih mahal, meski perbedaan harganya tidak terlalu tinggi.

Menurut APJIIAsosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ), tujuan dari program IIX adalah membentuk jaringan interkoneksi nasional yang memilikai kemampuan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan yang ada, untuk digunakan oleh setiap Penyelenggara Jasa Internet yang memiliki ijin beroperasi di Indonesia. (sumber : iix )

Dengan adanya tulang punggung lalu lintas informasi nasional yang pengembangannya dapat dikelola oleh PJI (Penyelenggara Jasa Internet) Indonesia, berbagai manfaat yang dapat diperoleh antara lain :

  1. Merupakan jalur yang relatif lebih murah dibandingkan dengan menggunakan tulang punggung jaringan internet di negara lain (yang tentunya ingin mengambil keuntungan dari penggunaan fasilitasnya).
  2. Merupakan jalur alternatif bagi sebuah PJI  apabila jalur koneksi ke internet yang dimiliknya (langsung ke luar negeri) mengalami masalah.
  3. Lebar pita (bandwidth) yang tinggi antar PJI Indonesia akan memberikan insentif bagi penyedia informasi (content provider) menempatkan asis datanya di Indonesia, baik bagi penyedia informasi local maupun internasional.
  4. Interkoneksi nasional ini dpat dimanfaatkan untuk layanan-layanan baru yang membutuhkan lebar pita yang tinggi, yang mungkin dapat direalisir apabila mengandalkan interkoneksi melalui negara lain yang biayanya relatif tinggi.

Salah satu website yang menggunakan IIX adalah situs indowebster yang berisi file-file seperti video, audio, image dan berbagai file lain yang bisa diunduh secara gratis. Cobalah sekali-kali download film dari situs ini, pasti kecepatan akses yang didapatkan sangat tinggi (selama domisili anda di Indonesia). Saya pernah download film dan bisa mendapatkan akses sampai 130-an Kb/s… Ruaarr Biasaaa..!!! 🙂

Semoga bermanfaat…

Previous

Penjelasan Tentang ‘The Binding Handle Is Invalid’

Next

Makan Bareng Di IZZI PIZZA – Tunjungan Plaza Surabaya

10 Comments

  1. padahal ya di dalam negri servernya, tp kok mahal???

    • Nah… itu yang pertanyaan besar. Lha wong servernya dalam negeri…untuk orang indonesia sendiri… tapi jadi lebih mahal. Wes..kalau gini aku juga bingung jawabnya 🙂

      Thx sudah mampir

      • ya karna dekat itu mahal… benefitnya bisa di akses lebih cepat… (harga naik)
        masalahnya perangkat hardware impor pajak gmana tuh (harga jd naik lg)
        dan masih banyak infrastruktur dan SDM yg kurang mendukung jika harus di bikin harga murah…

        walaupun begitu semuga aja banyak pemilik situs yg pindah hosting ke IIX… dan konten indonesia lebih maju dan koneksi menjadi lebih murah juga.

  2. Mestinya Indonesia bisa belajar gimana server luar negeri bisa menawarkan harga yang lebih murah. Biar bisa jadi server andalan dalam negeri. Klo mahal ya orang juga males. Thanks infonya Mas.

    • Harusnya seperti itu, tapi malah sebaliknya. Jadi mahal…tapi memang harus ada perubahan koq. Skrng aja biaya internet pelan-pelan sudah mulai “agak” murah…harusnya dibarengi juga dengan penyedia hostingnya juga….

  3. kalo kelemahannya apa bos? katanya peraturannya agak ketat ya?

  4. lah tapi kok sekarang servernya si mas pindah ke USA?

  5. saya sendiri pengguna hosting IIX tapi menurut saya cukup murah dengan hosting IIX lainnya, dengan space 250MB dan Bandwidth Indonesia Unlimited dengan harga 12.500 / bln itu sudah cukup murah, serta dibarengi pelayanan yg optimal saat ada kendala atau permasalahan yg terjadi 😀
    Salam Kenal mas kunjungan perdana 🙂

Leave a Reply

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer