Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada tulisan kali ini, Saya akan mencoba sharing mengenai memasang tool statistik Statcounter di EPrints 3.3.16. Sebenarnya, di EPrints sendiri memiliki sebuah plugins statistik sendiri yang bernama IRStats. Untuk link IRStats ini bisa dilihat IRStats2 dan EPrints Bazaar.

Kenapa Saya menulis tentang topik ini? Yaa karena ada beberapa teman yang menanyakan bagaimana memasang statistik di EPrints secara mudah. Karena memang untuk instalasi dari IRStats sendiri caranya lumayan rumit karena harus install beberapa paket langsung dari dalam console server.

Statcounter ini biasanya dipasang di website atau blog yang ingin mendapatkan informasi tentang jumlah kunjungan, dari mana saja pengunjung itu datang, lalu keyword apa yang digunakan oleh pengunjung sehingga bisa masuk ke website atau blog tersebut.

Statcounter
Statcounter

Statcounter ini mempunyai 2 (dua) jenis layanan, yaitu gratis dan premium. Untuk yang gratis, tentunya fitur-fitur yang ada tidak selengkap dengan premium. Tetapi sebenarnya ini sudah cukup jika digunakan untuk EPrints Anda.

Untuk lebih detil cara instal dan pasangnya, Anda bisa melihat langsung pada video yang sudah Saya unggah di Youtube.

Statcounter ini Saya pasang di EPrints 3.3.16 karena file konfigurasi EPrints versi ini masih mudah untuk ditemukan. Berbeda dengan EPrints 3.4.2 yang file konfigurasinya tidak serta merta ada di folder /cfg/cfg.d/. Hal ini dikarenakan EPrints 3.4.2 sudah terpisah untuk tipe-tipenya yaitu Zero dan Publication.

Anda juga bisa melihat instalasi theme di EPrints 3.3.16 pada artikel Saya sebelumnya jika Anda ingin tahu cara memasang theme di EPrints versi terbaru.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa subscribe, like and share channel YouTube Saya 🙂

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh