agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Klasifikasi DDC 23 Bahasa Indonesia untuk EPrints

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah…Semoga kita semua selalu diberi Alloh SWT kesehatan yang prima, dijauhkan dari segala penyakit dimasa pandemi COVID19 ini, dan selalu dalam lindungan Alloh SWT…Aamiin.

Pada tahun 2017 yang lalu, Saya membuat theme yang bisa digunakan di salah satu software repositori institusi, yaitu EPrints. Pembuatan theme ini diawali karena menurut Saya agak sulit menemukan theme yang bagus dan responsive untuk EPrints. Alhamdulillah, saat ini theme dengan nama “APW theme for EPrints Branding – Jatayu (Free)” sudah mulai banyak dipakai oleh para pengguna EPrints baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Alhamdulillah juga, pada hari ini Saya sudah menyelesaikan proyek pribadi Saya untuk membuat subject klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) edisi 23 berbahasa Indonesia yang diperuntukkan untuk EPrints.

Seperti yang teman-teman tahu, EPrints secara default menggunakan LOC (Library Of Congress) untuk pemilihan subject-nya. Meskipun begitu, ini bukanlah harga mati, yang mana ini berarti kita masih bisa menggunakan subyek atau klasifikasi lain sesuai keinginan kita di EPrints.

Repositori Perpustakaan Universitas Dinamika juga menggunakan DDC (Dewey Decimal Classification) untuk klasifikasi subjek koleksinya, tetapi DDC yang digunakan ini masih menggunakan bahasa Inggris.

Klasifikasi DDC 23 bahasa Indonesia yang Saya buat ini berpedoman pada DDC23 summary dari OCLC. Selain itu, karena menggunakan bahasa Indonesia, maka Saya ingin menitikberatkan pada klasifikasi bahasa dan kesusastraan Indonesia. Untuk bagian ini, Saya mengacu pada Pedoman Klasifikasi Bahasa dan Kesusastraan Indonesia menurut DDC edisi 23 terbitan Perpustakaan Nasional tahun 2013.

DDC 23 Kelas 499
DDC 23 Kelas 899

Instalasi

PERHATIAN:
Klasifikasi DDC 23 bahasa Indonesia ini direkomendasikan untuk digunakan pada EPrints yang masih baru atau yang koleksinya tidak terlalu banyak. Karena jika klasifikasi ini dijalankan, maka akan menghapus subject yang sudah ada sebelumnya.

Mohon lakukan backup terlebih dahulu. Kami tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kehilangan/kerusakan data pada repositori Anda.

AGUNG PRASETYO W.

Pertama-tama, unduh file klasifikasi DDC 23 bahasa Indonesia dari Google Drive. Setelah itu, lakukan login menggunakan user eprints dan lakukan edit terhadap file subjects yang berada di direktori /usr/share/eprints/archive/{nama_repo}/cfg/. Untuk lebih amannya, lebih baik file subjects yang ada dibackup dulu. Kemudian buka file subjects dan masukkan isi dari file yang sudah diunduh ke dalam file subjects tersebut pada posisi “LIBRARY OF CONGRESS SUBJECTS“.

Isi dari file subjects (sebelum)
Isi dari file subjects (sesudah)

Kemudian dari command ketikkan perintah berikut :
eprints@ubuntu20:~$ ./bin/import_subjects {nama_archives}

Proses import subjects eprints

Setelah proses selesai, jangan lupa juga lakukan perintah berikut :
eprints@ubuntu20:~$ ./bin/generate_abstracts {nama_archives}
eprints@ubuntu20:~$ ./bin/generate_views {nama_archives}

Tampilan subject di EPrints (LOC)
Tampilan subject di EPrints (DDC23 Bahasa Indonesia)

Bagi teman-teman yang ingin melakukan penggubahan atau modifikasi terhadap file klasifikasi DDC 23 bahasa Indonesia untuk EPrints ini, maka hal tersebut diperbolehkan, asal tidak menghapus atau melakukan perubahan terhadap nama pencipta yang berada pada baris paling akhir dari baris kode ini.

Mohon untuk tetap bisa dicantumkan

Saya berharap karya sederhana ini bisa bermanfaat bagi teman-teman pengguna EPrints di Indonesia.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Previous

Panduan Mengurus Pajak Motor 5 Tahunan di Samsat Ketintang Surabaya

2 Comments

  1. Eprints mungkin masih belum terlalu familiar dengan beberapa orang, namun artikel ini memberikan informasi bagi mereka yang awan..terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer