Sebenarnya topik ini sangat tidak relevan dengan saya karena memang saya tidak pernah berkecimpung di dunia programming. Tapi karena memang pekerjaan saya yang berhubungan dengan IT Support, mau tidak mau kalau ada error seperti ini, saya juga harus cari solusinya. Disini saya hanya sharing pengalaman dan semoga ini tidak “menggurui”.

Beberapa komputer di Perpustakaan STIKOM yang berfungsi sebagai ILT (Integrated Learning Terminal) punya masalah setiap kali aplikasi Visual Studio akan melakukan compile. Error yang muncul adalah :

bindingerror

Error whole trying to run project : Unable to start debugging
The Binding Handle is Invalid

Setelah browsing kemana-mana, akhirnya ketemu solusinya di greggm weblog. Disana dijelaskan bahwa error ini berhubungan dengan service Terminal Services. Greggm menerangkan bahwa terkadang pengguna ketakutan untuk mengaktifkan services ini karena berhubungan dengan resiko keamanan, padahal mengaktifkan fasilitas ini sebenarnya tidak berhubungan dengan aktifnya Remote Desktop. Jika pengguna ingin Remote Desktop tidak diaktifkan, maka pada My Computer, klik kanan, pilih Properties. Lalu pada tab Remote, hilangkan centang Allow user to connect remotely to this computer.

Dalam kondisi standar, proses Terminal Services akan aktif secara otomatis. Hal ini dikarenakan selain berhubungan dengan fungsi Remote Desktop, proses ini juga berhubungan dengan Remote Assistance, Fast User Switching, process listing, proses  dukungan thd DCOM, dan kemungkinan dengan banyak hal lainnya yang berhubungan dengan proses komputer.

Proses Debugging

Lalu apa hubungannya antara debugger dan Terminal Services ? jawabannya adalah Process listing. Aplikasi tasklist.exe dan taskmgr.exe membutuhkan Terminal Services dan secara langsung, debugger akan mengikuti proses tersebut. Pada blog greggm, dijelaskan secara rinci bagaimana proses debugger, API, dan Terminal Services itu sendiri.

Sebagai solusi dari permasalahan diatas, saya langsung klik Start > Run dan ketikkan services.msc. Dari window Services, saya melihat memang proses Terminal Services dalam keadaan non-aktif. Langsung saja klik Terminal Services, pada Startup type, pilih Automatic, klik Apply, baru klik Start. Setelah melakukan ini, proses compile di Visual Studio berjalan dengan sukses.

Semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang mengalami error seperti ini.