agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

[Tutorial] Cara Menghapus Windows 8 Dari Instalasi Dual Booting

Pada postingan sebelumnya, saya sudah memberikan cara instalasi Windows 8 dengan menggunakan dual boot. Hanya saja terkadang, kita masih belum sepenuhnya “sreg” dengan Windows baru tersebut, dan kadang karena keterbatasan kuota harddisk, kita ingin menghapusnya.

Hanya saja, menghapus Windows 8 tidak semudah itu, karena kita juga harus menghapus konfigurasi boot yang menyertai proses instalasi dual boot tersebut.

Catatan: Harap diperhatikan bahwa panduan ini sangat beresiko karena kesalahan sedikit saja akan membuat PC Anda tidak bisa booting. Saya mengasumsikan bahwa Anda memiliki dual-boot sesuai dengan postingan saya sebelumnya, dan tidak memiliki sistem operasi lain selain Windows XP dan Windows 8.

Syarat : download file EasyBCD di softpedia

Menghapus Boot Loader Windows 8

Karena tujuan kita kali ini adalah menghapus Windows 8, maka hal yang pertama kali harus dilakukan adalah masuk ke Windows XP. Setelah Anda mendownload file diatas, langkah selanjutnya lakukan instalasi terhadap file tersebut. Setelah itu, jalankan.

 

Dari tampilan gambar diatas bisa terlihat konfigurasi boot untuk Windows XP (ditandai dengan nama Earlier Version of Windows) dan Windows 8. Klik “Edit Boot Menu” pada menu sebelah kiri.

 

Pada bagian sebelah kanan terdapat informasi boot loader yang sudah terinstall di komputer saya. Lakukan centang pada “Windows 8” dan klik Delete. Muncul window konfirmasi, pilih “yes“.

 

Nah, selanjutnya tampilan hanya berisi “Earlier Version of Windows“. Anda perlu menjadikannya Default dengan centang pada kotak checkbox.

 

Karena kita ingin menjadikan Windows XP ini sebagai satu-satunya sistem operasi yang ada di PC, lakukan klik pada “Skip the boot menu” pada Timeout Options.

 

Kalau sudah, klik Save Settings. Untuk melihat perubahannya, Anda harus melakukan restart. Jika sukses, maka menu boot dari Windows 8 sudah  tidak ada lagi.

Untuk proses selanjutnya, Anda bisa menghapus atau format pada partisi yang sebelumnya Anda install Windows 8.

Semoga bermanfaat.

 

Previous

[Tutorial] Instalasi Windows 8 Professional Edition 32bit Dual Boot Dengan Windows XP

Next

[Custom ROM Untuk HTC Desire HD] Blackout ICS Incredible – Android 4.0.4 – HTC Sense 3.6

2 Comments

  1. Mudah untuk dipahami
    terima kasih, sangat membantu..

  2. riswan fahlifi

    sebelumnya kan gw format dluan yg di partisi ke dua pas gw coba buat ngapus gabisa
    ada solusi gk gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer