agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

[Tutorial] Bagaimana Root HTC Desire HD

Alhamdulillah…akhirnya bisa menulis lagi di blog kesayangan ini 🙂 . Setelah hampir 7 bulan sejak tulisan saya terakhir tentang pembuatan paspor secara online, kali ini saya berusaha untuk sharing tentang rooting di gadget HTC Desire HD saya. Selama ini, gadget hanya saya pakai untuk internet, sms, game dan kegiatan2 yang tidak beresiko karena memang ada suatu hal penting yang saya takut jika saya melakukan hal yang “neko-neko” (aneh-aneh) maka bisa beresiko ke data tersebut.

Setelah melihat beberapa teman saya yang sudah duluan bereksperimen dgn gadget yang mereka miliki dan dipastikan dan diyakinkan (backup data dan sampai2 mau bikin MOU kalau ada resiko data hilang, hehehee) akhirnya “luluh” juga pendirian saya… halaahhh… *LebayModeOn 🙂

Sebagai informasi awal, versi android HTC Desire HD saya adalah Android v2.3.5, HTC Sense v3.0, dan Software number 3.13.707.4.

Seharusnya proses root ini merujuk ke kaskus dan xda developer, hanya saja proses yang saya alami ternyata sangat berbeda. Tidak se-simpel seperti yang ditunjukkan pada dua situs diatas. Jadi jika Anda mencoba root HTC DHD dan menemui seperti dua situs diatas, maka berbahagialah. Tapi jika tidak, mungkin ada kemungkinan Anda akan mengalami seperti yang saya alami dan saya juga tidak menjamin bahwa langkah ini akan sukses/berhasil di HTC Desire HD Anda.

Do It With Your Own Risk !!

Mengutip pesan teman senior saya, usahakan untuk selalu melakukan Backup terhadap seluruh data Anda. Hal ini untuk jaga-jaga jika ternyata proses yang sedang berjalan mengalami error.

Jika HTC Desire HD Anda sudah upgrade dengan update resmi versi 1.72.405.3 OTA, maka Anda akan mengalami kesulitan, krn update ini mencegah Anda utk mendapatkan akses root. Satu-satunya solusi untuk memecahkan masalah ini adalah dengan melakukan downgrade terhadap sistem operasi handphone Anda.

Untuk proses ini, saya menggunakan Advanced Ace Hack Kit (AAHK) yang tidak hanya melakukan downgrade handphone Anda, tetapi juga melakukan rooting dan menginstal ClockworkMod Recovery dan akses Superuser ke handphone Anda.

Persyaratan :

  • HTC Desire HD – pastinyaaa dong… 🙂
  • PC dgn sistem operasi Windows Vista, Windows 7, Windows XP, atau Windows XP Home
  • Advanced Ace Hack Kit – silahkan download di shadowchild XDA Developer (MD5 nya: 5588d5a35dde1f55316e9ad81d9b5b
    89. terima kasih buat Chakra3) atau mediafire (aahk-13012012.zip, md5sum: d04975c6d085419c7c15f6d1934f7852)
  • Aktifkan USB Debugging dgn klik Settings > Applications > Development > USB Debugging
  • Kondisikan USB connection type Anda ke “Charge only”
  • Charge handphone Anda sampai 70% atau lebih (lebih baik)
  • Pastikan Anda sudah menonaktifkan antivirus, firewall dan anti-malware pada komputer Anda
  • Uninstall HTC Sync dan driver-driver HTC lainnya

Proses Rooting

Ekstrak file zip AAHK (aahk-13012012.zip).

Install driver HTC pada folder (\tools\windrivers\HTCDriver3.0.0.007.exe)

Jalankan file hack-ace.cmd sebagai Administrator.

Dari sini, saya mengalami proses yg berbeda, yaitu proses meminta pass key. Silahkan buka file pada folder (\aahk-13012012\tools\txt\CAJUN.txt). Masukkan kode didalam file tsb, lalu tekan Enter.

Selanjutnya Anda akan dibawa ke menu Advanced Ace Hack Kit, dan pilih No.1.

Lihat software number pada tanda panah. Ketika ada pertanyaan “Would you like to downgrade?” saya ketikkan y, ternyata aplikasi melakukan download file PD98IMG-GB6.zip, tapi proses download error. Mungkin karena disebabkan koneksi internet saya menggunakan proxy. Akhirnya saya akali dengan melakukan download secara manual dan saya letakkan di folder (\aahk-13012012\PD98IMG\) karena pada saat error folder tsb otomatis terbentuk disertai file petunjuk.

Kemungkinan file yang didownload bisa berbeda, tergantung dari software number Anda. Jadi jika proses download error, Anda bisa download manual dan letakkan di folder spt diatas. Berikut adalah contoh jika download berhasil :

Setelah proses download selesai dan saya letakkan di folder  (\aahk-13012012\PD98IMG\), proses saya ulangi dan Anda juga harus memasukkan kembali pass key dari file CAJUN.txt yang tentunya berbeda. Sampai sini, langkahnya sama, ketikkan angka 1 untuk pilihan Hack Ace.

Tunggu beberapa saat….

Sampai sini, pada handphone saya muncul segitiga merah dgn tanda seru. Sesuai instruksi, saya tekan volume atas lalu tekan Power. Proses ini hingga berjalan beberapa kali. Silahkan lihat screenshoot berikut :

Proses 1

Proses 2

Proses 3 – silahkan baca keterangan pada panah hijau diatas dan ikuti petunjuknya. Untuk prosesnya lakukan di handphone Anda, tapi maaf saya tidak sempat capture gambarnya, karena waktu itu juga agak grogi jadi ga kepikiran utk ambil screenshot dsb.

Ada keterangan jika proses downgrade berhasil, maka Anda bisa mencoba melakukan hack ace lagi dengan kembali ke menu utama. Jika sudah selesai, tekan sembarang tombol utk kembali ke menu utama.

Sampai disini, maka Anda akan dibawa ke menu utama. Ketik angka 1 untuk melakukan proses hack ace kembali.

Gbr.01

Gbr.02

Gbr.03

Gbr.04

Gbr.05

Gbr.06

Gbr.07

Gbr.08

Akhirnya…proses root HTC Desire HD selesai. Hal ini bisa dengan adanya aplikasi Superuser di handphone anda.

Lalu, pada tampilan diatas juga ada aplikasi Root Explorer dan Titanium Backup yang mana kedua aplikasi ini bisa diinstall jika handphone dalam kondisi sudah di root.

[Update – 25 April 2013] :

  • Setelah proses ini berhasil, lakukan segera backup Stock ROM Anda sebagai “investasi masa depan” jika suatu saat HTC Anda mengalami masalah atau Anda ingin kembali ke versi awal. Untuk backup Stock Rom, silahkan bica baca di Facebook HTC Indonesia.
  • Jangan melakukan update OTA yang ditawarkan oleh HTC, karena ini akan membuat HTC boot loop. Satu-satunya cara untuk mengembalikannya adalah dengan me-restore Stock ROM Anda. Untuk Restore dalam kondisi ini, mungkin referensi berikut bisa membantu: Kaskus HTC Lounge

Semoga tutorial yang saya berikan ini bisa memberikan manfaat atau solusi bagi Anda yang ingin melakukan rooting di HTC Desire HD. Untuk artikel berikutnya, saya akan membuat proses untuk install Custom ROM ICS di HTC Desire HD. Tunggu saja….

* Thx to : Annuh Liwan yang sudah ikutan “mengontrol” selama proses percobaan
* [Update – 25 April 2013] : Bagi yang tidak berhasil, ada kemungkinan format-nya harus memilih FAT32. Jadi file system masih FAT, format dulu ke FAT32. – Referensi – (Terima kasih buat Chakra3)

Previous

Panduan Mengurus Paspor Secara Online Di Kanim Kelas I Khusus Surabaya

Next

[Tutorial] Instalasi Windows 8 Professional Edition 32bit Dual Boot Dengan Windows XP

16 Comments

  1. Nah gitu dong boss, aktif lagi, biar saya dapat ilmu lagi dari sampeyan. Sayangnya saya belum pakai android… hehehehe

    • Alhamdulillah..semoga bermanfaat. Waduh mass…android sudah murah2 sekarang..masa’ belum punya. Jangan2 malah dah punya produknya Apple 🙂

  2. thomas

    mas,saya malah nyangkut terus di logo htc sewaktu reboot….jadi saya nyangkut di gambar proses nomer 1

    • Kalau tidak salah disitu ada keterangan “Rebooting into recovery, please press Volume+, Volume- and power at the same time, and reboot the system”. Apa sudah dilakukan langkah tsb?

      • thomas

        nah,setelah saya lakukan itu mas,yang dia jadi nyangkut di logo htc itu….nyangkut terus mas dan saya tungguin 30 menit ga ada perubahan,alhasil saya putuskan koneksi usb dengan komputer dan saya cabut batere htc nya…setelah itu bila saya nyalakan htcnya jaladi tetap nyangkut di logo htc awal apabila kita selalu menyalakan hpnya.Apa ada tutorial untuk kembali ke original rom untuk yang gagal melakukan root pada dhdnya?

        • apakah pada saat melakukannya sudah terhubung dengan koneksi internet mas? karena proses downgrade hboot dia akan download file RUU, skrng HH anda masih bisa masuk Hboot apa tidak?kalau masih bisa masuk hboot anda bisa mendownload RUU original (StockROM) DHD kemudian anda instal via hboot, fastboot, fasboot usb mas….

        • thomas

          @iuuan: iya,saya koneksi internet…saya coba dulu…untuk ruu original ada banyak saya liat di htc.com,untuk tau yang cocok dengan dhd saya,apa ada caranya lagi mas???

          • biasanya pilih RUU yg asia mas..
            klo untuk cara lain sih tdk ada, karena posisi hh anda bootlop, anda posisi dmna?kalau domisili surabaya mungkin mas @agung bisa membantu… =)

          • thomas

            oia,mas,saya uda d

          • thomas

            saya di medan,sudah saya download ruu asia,cuma bingung gimana prosedur menginstalkannya ke htc dhd ini

  3. ilham

    thanks mas…
    alhamdulillah saya sukses root HTC DHD saya… 🙂
    saya tunggu postingan ICS nya…

    • wah, seneng akhirnya ada yg bisa berhasil. Untuk update custom ROM nya…insya alloh akan segera saya posting. 🙂

  4. indra

    mas setelah ada tanda segitiga merah trus tekan power sama vol up trus di apain lagi mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer