agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Tutorial ACER Aspire One A150 (Bag. 2) – eXPerimen

Pada tutorial sebelumnya, saya menyarankan melakukan backup partisi PQSERVICE sebagai antisipasi awal apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada laptop Acer anda.

Pada tutorial bagian 2 ini saya mencoba untuk :

  1. Melakukan partisi pada HD & Restore partisi PQSERVICE
  2. Instalasi TinyXP & Install Acer MBR

eXPerimen 1 – Partisi HD & Restore Partisi PQSERVICE

Sebelum melakukan experimen ke-2, saya melakukan partisi HD mengggunakan Fdisk. Untuk itu, saya membuat bootable USB dengan menggunakan HP USB Disk Format Tool. Jangan lupa untuk mengcopy file seperti fdisk.exe, format.exe dan file-file lain ke USB anda.

Setelah booting dari USB berhasil dilakukan, saya melakukan partisi pada HD dengan ukuran 5GB (FAT32) dan 20GB (tanpa format). Partisi 5GB tersebut nantinya akan dijadikan sebagai tempat peletakan partisi PQSERVICE, sedangkan yang 20GB akan digunakan untuk tempat recovery dari partisi PQSERVICE.

Untuk eXPerimen kali ini, saya membutuhkan 2 kabel IDE/SATA to USB converter sebagai alat bantu utk booting MR Rescue CD dari CD/DVD ROM dan untuk meload image dari HD yang pada tutorial bag.1 yang sudah saya buat. Alasan kenapa saya menggunakan HD eksternal sebagai tempat penyimpanan image dari MR? disebabkan saya tidak mempunyai USB dengan ukuran di atas 4GB, sedangkan image dari PQSERVICE sekitar 4GB lebih (ukuran image bisa saja berbeda untuk tiap netbook). Jadi jika anda mempunyai USB dengan ukuran diatas 4GB, maka anda hanya membutuhkan satu kabel konverter saja.

Untuk proses recovery partisi menggunakan Macrium Reflect Rescue CD, silahkan merujuk ke halaman berikut.

Untuk pembuatan Rescue CD, umumnya dilakukan pada media CD. Tapi ternyata, dengan USB kita juga bisa membuat Booatble USB yang bisa diisi dengan image dari Rescue CD sehingga USB kita berfungsi layaknya Rescue CD. Jika anda ingin membuat Rescue CD dari media USB, maka bisa merujuk ke halaman ini.

Setelah melakukan Recovery dengan Rescue CD, biasanya anda sudah bisa menekan Alt+F10 pada saat startup, dan bisa melakukan proses recovery system dari partisi PQSERVICE. Jika berhasil, maka selamat!. Tapi jika tidak setelah proses recovery sistem tetap tidak mau masuk ke windows, berarti ada masalah. Tapi hal ini bisa diatasi dengan cara eXPerimen 2.

eXPerimen 2 – Instalasi TinyXP SP3 Rev09

Cara ini dilakukan apabila setelah melakukan recovery (Alt+F10), windows anda tetap tidak bisa tampil. Kursor hanya berkedip-kedip tapi tidak ada pesan error apapun. Jadi bisa disimpulkan sebenarnya proses recovery sudah berjalan, tapi sistem boot bermasalah. Bisa juga disebabkan karena MBR atau NTLDR belum sempurna.

Jadi saya install TinyXP dengan pilihan yang Bare krn saya tdk perlu tampilan bagus dan sebagainya. Pilihan ini hanya digunakan agar saya bisa menginstall Macrium Reflect.

*sebagai informasi, TinyXP SP3 Rev09 bisa didapatkan di http://www.indowebster.com. Dijamin proses downloadnya cepat karena terkoneksi dengan IIX.

Setelah proses instalasi TinyXP selesai, restart komputer, dan masuk ke BIOS. Lakukan pilihan Disable pada D2D Recovery Option. Simpan dan biarkan sistem kembali ke windows. Setelah itu, saya langsung menginstall Macrium Reflect. Setelah itu, kopikan file image dari PQSERVICE ke dalam harddisk yang sudah ada, atau anda bisa membuat backup kembali dari partisi PQSERVICE anda. Cara diatas sama saja.

Setelah file image sudah ada/terbentuk, buka aplikasi Macrium Reflect dan pilih Restore Tasks -> Browse an image or backup file in Windows Explorer.

mrrestore1 mrselection1

setelah itu, pilihlah file image dari partisi PQSERVICE yang sudah ada/terbuat dan klik OK. Maka pada windows explorer akan terbuat sebuah drive baru yang isinya adalah partisi PQSERVICE. Dari sini, anda bisa melihat semua isi dari partisi PQSERVICE. Coba cari file MBRwrWin.exe dan RTMBR.bin.

Jika ditemukan, jalankan Command Prompt (DOS), arahkan ke drive yang berisi kedua file tersebut dan ketikkan :

mbrwrwin.exe install rtmbr.bin

Perintah diatas akan menginstall Acer MBR. Tutup command prompt, lakukan restart komputer, masuk ke BIOS, aktifkan kembali D2D Recovery, pada saat startup tekan kembali Alt+F10, lakukan proses Recovery kembali, tunggu hingga selesai, restart dan . dari pengalaman saya, akhirnya Windows bisa berjalan dengan sempurna.

Pada saat masuk desktop, Acer akan menjalankan semua proses secara otomatis, mulai dari instalasi driver, Google Desktop, Antivirus Symantec, dsb. Tunggu saja hingga selesai.

Nah, selesai sudah penjelasan saya tentang cara recovery partisi PQSERVICE. Mohon maaf kalau tulisan saya terkesan tidak sistematis, tapi ya itulah yang bisa saya lakukan.

Semoga bermanfaat dan apabila ada pertanyaan, silahkan saja utarakan disini.

Previous

Membuat USB Flash Disk Anda Bootable

Next

Troubleshooting dalam D2D Recovery

143 Comments

  1. zeekdude

    sangat bermanfaat!
    saya pk D250, bisa pk tinyXP?

    • Wow…bisa banget! Tapi nanti lisensi Windows OEM (klu sdh ada windows orinya) anda jadi ilegal loh.
      Saya sudah mencoba TinyXP di beberapa desktop PC, dan berjalan dengan lancar. Lumayan cepat kinerjanya.

  2. geafry

    permisi mas,, numpang tanya, hehehehe..

    pertanyaan rada ga nyambung sama topik diatas.. saya punya OS TinyXP mau saya pindah di Flashdisk yg bootable karena Acer Aspire One Tidak memiliki CD ROM..

    saya sudah mencoba membuat Windows XP full version untuk dijadikan bootable di Flashdisk dan berhasil..

    tetapi tidak berhasil pada TinyXP karena file setup tidak ditemukan seperti pada win xp full version..
    tidak ada masalah jika tiny XP di install melalui CD ROM tapi saya ingin membuatnya menjadi bootable pada flashdisk..

    mohon bantuanya.. (saya menggunakan software PeToUSB)

    • Wah, ini experimen baru lagi nih…hehehe
      Kalau saya sih belum pernah mencoba mindah tinyxp ke UFD. Tapi kalau melihat dari keterangan mas geafry, sepertinya ini bermasalah dari sourcenya. Sepengetahuan saya, PeToUSB itu membutuhkan source installer dari OS yg akan kita pindah ke UFD. Mungkin kalau Windows XP sudah jelas ya, karena memang installernya langsung berasal dari folder i386. Tetapi melihat installer TinyXP yang memberikan opsi 8/9 jenis pilihan instalasi, inilah yang “mungkin” membuat PeToUSB “bingung” untuk menentukan source dari folder mana yang akan dipakai.
      Mungkin mas geafry bisa mencoba melihat-lihat folder yang disediakan oleh TinyXP utk berbagai jenis instalasi yang dia tawarkan, lalu coba arahkan PeToUSB utk mengarah ke folder tertentu. Kali aja disana ada folder i386 yang biasanya digunakan untuk instalasi. Yaa, sekali kali saya tidak menjamin cara ini bisa berhasil, tapi segala cara kan harus dilakukan agar TinyXP anda bisa jalan di UFD, hehehhe….

      *Note: mungkin next time saya akan experimen cara ini… ^_^

      Good Luck!

    • @Geafry: Setelah browsing agak lama, akhirnya ketemu referensi bagus utk membuat windows xp jalan di UFD. Referensi di http://www.ngine.de/article/id/8

  3. Geafry

    Hehe qta coba sama2 experimen y mas..
    Misalnya mas prasetyo berhasil duluan, mohon postingnya hehe..

  4. Geafry

    Sebagai tambahan ketika bereksperimen pada drive USB nama drive berubah selama 1 detik muncul nama PQService.. Kemudian nama kembali seperti semula (USBXP)
    Apakah ketika proses berlangsung PeToUSB jg membackup MBR?

  5. Kemungkinan bisa juga… Logikanya kan UFD tsb akan dijadikan bootable, mungkin dia perlu mbr utk link ke file startupnya. Bgmn xperimennya? dah berhasil ??? sharing loh mas Geafry,….

  6. Geafry

    Iya bnr mas, MBR ikt ter backup..
    Sampe skrg blm bisa jadikan TinyXP bootable FD..

    Btw sekedar sharing pengalaman aja ne,
    Td mlm nyoba otak atik software easeus..

    Urusan mem back up MBR, PQservice, bikin bootable bisa dikerjakan dlm 1 langkah n lbh mudah.. Cukup sediakan unlocated partition 4,88Gb aja truz klik partition copy arahkan ke unlocated partition beres lngsng jd bisa lngsng jd recovery di FDD ato HDD External,, bisa dipake bwt acer lain yg trlanjur hilang hiden partitionya..

  7. @Geafry : wah, ilmu baru nih….sepertinya harus dicoba. Makasih infonya mas Geafry….

  8. ari

    Maaf Mas, Kalo salah kamar dimaklumi ya….saya ada masalah dg laptop acer aspire one. kalo di recovery windows xp nya progi yg lain ikutan hilang to, la masalahe saya punya progi yg dpt lisensi dari jakarta. bisa gak kembali proginya?? masalahe pada saat masuk windows dah muncul sampai gambar acer aspire one lalu laptop diem aja ga ada respon……….bisanya ya dimatikan langsung…tks pencerahannya

  9. Geafry

    Mas ada refrensi cara bikin bootable hardisk external?

  10. ardi

    om netbook teman ku (acer aspire one 150) dah terlanjur kena vrs, gk bisa masuk login screen, gk bisa masuk safe mode. mohon pencerahannya

  11. @ardi: coba booting pake CDROM yg menggunakan kabel konverter masuk ke USB mas. Atau jalankan saja recovery modenya. Tapi resikonya semua data yg sudah ada akan terhapus.

  12. thegundul

    mas, sori mo tanya ane dah coba recovery dari laptopnya acer,tapi pas udah di recovery and dah rapi tapi ko malah ga bisa masuk windowsnya yach, jadi kaya restrart terus mas

    harap pencerahannya

    thanx

    • @thegundul : apa ada pesan errornya pak? atau langsung tiap kali masuk tampilan login langsung restart??? Mungkin dengan adanya pesan error atau apa bisa diketahui pada bagian mana errornya. thx

      • rasasayange

        laptop saya Aspire One D150.
        Coba pencet Alt+F10, terus muncul pilihan recovery.
        Terus saya pilih yang complete recovery.
        Pas di tengah-tengah muncul peringatan error 1005.
        Setelah itu jadi restart terus, dan kembali ke jendela pilihan recoveru management.

  13. Ade

    Mas mau tanya nih, bisa gak membuat PQSERVICE di Computer desktop? Maksudnya biar gak repot installasi ulang, Untuk jaga-jaga kalo pas kebetulan CD master bootnya rusak atau CD Romnya rusak. Mohon pencerahan, terimakasih sebelumnya.

    • Ehm, apa di komputer desktop mas Ade ada partisi PQSERVICE? kalau di Acer, PQSERVICE ini memang nama partisinya.

      Mungkin yang mas Ade maksud membuat copy image dari PC desktop kita? Kalau itu sih bisa saja mas. Caranya ya kalau bisa PC dalam kondisi fresh dan “kalau bisa” tdk terjangkiti oleh virus. Baru nanti kita jadikan image, dan simpan di CD/DVD. Suatu saat kalau butuh, ya tinggal restore lagi…pc kembali seperti semula.. 🙂

      • hendra

        mas mau tanya nih saya mo instal ulang windows xp home bawaan acer aspire one 532 h yg ada di hardisc kok susah ya,mohon pencerahaanya cara instal tersebut

      • ndasgodhog

        pak…saya mau tanya…

        saya menggunakan acer AO531H…saat mau format ulang XP saya, terlanjur menghapus recovery drivenya…

        setiap saya menginstall XP selalu gagal…gimana ya pak???

  14. deddy

    Mo nanaya pak,..
    saya ada acer 1410. tapi ga tau kenapa tiba2 bluescreen akhirnya, saya instal ulang pakai windows copian. Tetapi saya tidak hapus partisi PQSERVIECE nya. Sekarang gimana caranya klo mau balikin ke windows aslinya dari PQSERVICE nya Pak??
    Tolong di kasih cara yang paling mudah,.. maklum masih baru ni soal recovery… thanx’s.

    • Menurut saya, cara paling mudah ya pada artikel https://agungprasetyo.net/2009/05/06/tutorial-acer-aspire-one-a150-bag-1-backup-pqservice/. Karena mas deddy sudah install windows copian, kemungkinan MBR-nya sudah ganti. Coba sewaktu habis masuk BIOS, tekan ALT+F10. Kalau muncul Acer Recovery, ya berarti mas deddy kemungkinan besar masih bisa melakukan restore dari partisi PQSERVICE.
      Tapi kalau tidak muncul menu recovery-nya, berarti mas deddy harus membackup partisi PQSERVICE yang bisa dibaca pada artikel di link atas. Setelah itu, baru dilakukan proses restore MBR Acer dari partisi PQSERVICE. Jika berhasil, mas deddy bisa melakukan ALT+F10 dan melakukan recovery.

      Semoga berhasil.

  15. Andy

    Mas aku punya beberapa pertanyaan:
    1. Pqservice ibarat cd installer windows xp home yg asli tetapi tersimpan di harddisk ya ? Jadi kalo partisi PQ itu terhapus dan belum sempat di backup berarti saya kehilang ‘cd’ windows yg asli kan.
    2. Kalo saya format semua hd nya jadi kan ilang partisi pqservice. Trus saya instal windows 7, setelah selesai instal windows 7 beserta driver2 tambahan trus saya buat image dari drive c dgn norton ghost ato acronis true image dan membakarnya di dvd sehingga menjadi bootable dvd, ini sama sj kan dgn recovery seperti pq service cuma membutuhkan optical drive, kalo recover make cara alt f10 tidak memerlukan dvd rom.
    Bukan begitu jadi fitur d2d di bios di disable jadi kalo crash tinggal recover pake dvd yg hasil dari buatan ghost ato acronis. Kira2 bisa?? Bingung saya
    thanks ya

    • Waduh mas Andy…pertanyaannya serem banget 🙂 ok..coba saya jawab sebisa saya.

      1. Betul. PQSERVICE yang tersimpan di HD sudah berisi OS legal (OEM) yang menyatu dengan laptop anda. Meski di bawah laptop anda ada serial number dari windows xp anda, tapi kalau anda menginstall dengan windows selain dari partisi PQSERVICE, tetap saja anda telah kehilangan hak lisensi OEM anda.

      2. Sepertinya bisa mas. Terus terang saya belum mencoba sampai seperti yang mas Andy lakukan. Tapi memang logikanya seperti itu metode backup dan restore yang paling aman utk laptop yg tidak mau kehilangan OS asli. Kalau saya lihat, d2d itu kan utk proses Alt+F10, jadi kalau mas Andy melakukan dari optical drive, sepertinya akan lancar-lancar saja. Kalau memang ada masalah, ya tinggal disable aja mas.

      Sebagai catatan : saya sudah melakukan backup thd partisi PQSERVICE saya. Saya juga sudah melakukan backup pada kondisi OS masih “fresh” jadi hanya OS asli dan driver, tanpa aplikasi tambahan spt office dsb. Jadi misalkan kemungkinan terburuk saya kehilangan partisi PQSERVICE dan backupnya, saya masih memiliki backup OS asli + drivernya, ya tentu saja masih memiliki lisensi OEM.

      Semoga bermanfaat.

  16. Andy

    Nanya lagi mas 🙂
    mas di netbook acer kan ada acer recovery management kalo kita ngebek up pake ini yg di backup sama aplikasi ini os yg terinstal di c ato partisi pqservice yg di bek up oleh aplikasi acer itu ? Trus apa bedanya dgn membek up partisi pq seperti yg mas sd jelaskan di tutor itu ?
    Thanks

    • Kalau dinetbook saya, ada 2 pilihan yaitu : Restore system to factory default dan Reinstall applications/drivers. Jadi sepertinya malah tidak ada proses backup disini. Kalau pilihan pertama berarti seperti install ulang, dibersihkan semua, sedangkan pilihan kedua, mas andy bisa pilih restore “hanya” aplikasi atau driver, kalau-kalau ada driver yang bermasalah dan sulit dicari solusinya.

      Sedangkan tutorial saya itu, backup PQSERVICE ya berarti menyimpan atau membuat duplikasi dari partisi PQSERVICE-nya … yang nantinya berperan penting untuk bisa menampilkan recovery dari perintah ALT+F10 dan Acer recovery management itu sendiri.

      Semoga tidak bingung dengan penjelasan saya.

  17. Andy

    Acer yg buat bingung saya. Ada lo mas di aplikasi acer recovery management buat ngebek up trus bisa di burn ke cd ato dvd, ada lambang cd rom pas baca pdf manual nya juga dia nyuruh burn ke cd ato dvd…

    Kan partisi dari acer itu ada 2 biji, pqservice kan di hidden trus sama partisi c. Trus kalo saya buat partisi D, ilang gak partisi PQ itu. Trus misal C nya saya format trus instal xp pro ato win 7 di C. Partisi PQ nya tetap ada apa ilang juga ? Jadi parno sama yg namanya PQ partition…
    Thanks

    • Oh, berarti ada kemungkinan recovery management antara netbook dan notebooknya berbeda. Gini aja, kalau memang ada spt itu, rasanya mas andy ndak usah takut utk mencoba melakukan backup. Sepertinya itu backup PQSERVICE-nya…saya sendiri kurang tahu..tapi kan tdk ada salahnya utk dicoba.

      Kalau buat partisi D, anda kan pastinya mengambil dari drive C, tentunya tdk menghapus partisi PQSERVICE. Meskipun drive C: diformat, rasanya partisi PQSERVICE tdk akan hilang, kecuali anda melakukan re-partisi ulang. Tapi kalau diformat, biasanya MBR untuk mengaktifkan ALT+F10 jadi tdk berfungsi, karena sudah terformat dan diganti dengan MBR baru. Karena itu, di tutorial saya https://agungprasetyo.net/2009/05/29/troubleshooting-dalam-d2d-recovery/ ada cara untuk mengaktifkan MBR-nya.

  18. ronald

    mas mau nanya nih!
    1. saya beli Aspire One 532h. bawaan OS XPH SP3 asli. yang jadi masalah saya mau partisi hardisnya gimana ya caranya?
    2. saya takut OSnya hilang, jadi saya berencana mau pindah ke win 7. karena dari situ kita bisa pake PWHE.
    yang jadi masalah partisi recoverynya hilanggak mas? kalo nggak partisi yang dah saya buat bisanggak dipake untuk recovery os aslinya?
    ——–thanks mas

    • 1. utk partisi HD bisa pake software easeus yang free version. Gampang koq pakenya.

      2. takut hilang koq malah ganti ke Windows 7 mas ? wah, agak bingung saya.PWHE itu apa ya???

      Sepertinya yang mas ronald tanyakan sudah ada pada tutorial tentang backup acer (bag.1) dan experimen (bag.2)

  19. Rejent

    mas agung…
    kalau mau update PQsevice dengan settingan saya, driver yg lama dan software2x saya, gimana caranya?….

    mohon pencerahannya secara detail yaa mas…

    • Maksudnya update ini bagaimana mas? apa stlh PQSERVICE di eRecovery lalu diisi dengan driver dan software lama? atau skrng di netbook sudah ada OS bawaan tapi pingin recovery dengan setingan awal dari bawaan partisi PQSERVICE?

      Kalau yg pertama, ya bisa saja mas. tinggal uninstall saja beres, tapi koq sepertinya agak aneh ya. kan driver dan s/w sudah bawaan, mau di uninstall lagi kenapa.

      Kalau yg kedua, bisa juga mas. tinggal jalankan proses eRecovery dari Windows anda. Pilih yg reinstall only driver and s/w. Jadi gak perlu install ulang sampai ke OS-nya.

      Kalau kurang jelas, silahkan monggo di reply lagi utk diskusi.

  20. jatmika eka chandra

    salam hormat buat pak agung
    pak aku saya mau tanya, saya menggunakan acer aspire one ao531H, saya bermaksud untuk mengganti OS saya dari OS awal xp home edition (OEM) menuju win 7, saya sudah mendisable D2D recovery pada BIOS dan menformat C:, kemudian saya menginstal win7 setelah selesai instalasi win7 komputer melakukan restart, namun setelah melewati bios ternyata acer erecovery management muncul dan meminta recovery ke window home edition (OS awal), saya ingin bertanya bagaimana cara agar acer erecovery tidak muncul setelah instalasi win 7 tanpa harus menghapus partisi pqservice? terima kasih

    • Harusnya kalau sudah didisable D2D recoverynya dan drive C: diformat, Acer recovery-nya tdk keluar. ini malah kebalik ya.. wah, sptnya xp home editionnya gak diganti ama win7 pak… heheheh

      Sudah dicoba utk tdk men-disable D2D? coba jalankan instalasi dengan kondisi D2D aktif. Semoga berhasil.

  21. jatmika eka chandra

    saya sudah mencoba untuk instalasi dengabn d2d aktif tetep muncul acer recovery, apa perlu saya menghapus partisi PQservice supaya tidak muncul lagi?makasih pak agung

    • mungkin bisa dicoba dengan tutorial saya utk mengaktifkan MBRnya lagi. Kalau bisa jangan sampai menghapus partisi PQSERVICE kecuali mas jatmika sudah melakukan backup terlebih dahulu. Untuk mengaktifkannya, mas jatmika bisa melakukan proses yang sudah saya tuliskan di tutorial bag.2.

  22. evan

    permisi mas numpang tanya seumpama nie,,,
    laptop saya acer one timeline dan sudah terlanjur pqservicenya hilang,,
    lalu saya memback-up pqservice punya laptop teman sesama acer one timeline,,agar saya bisa mengembalikan pqservice dan bisa menggunakan alt+f10 tadi,,,
    meski licencenya dah g sama ma laptop saya,,,
    kira-kira bisa g mas,,

    mohon pencerahan,,,,,

    • logikanya sih bisa mas….tapi saya sendiri belum pernah coba. Mungkin mas evan perlu mencobanya dan bisa memberikan hasilnya di blog ini….

      Semoga sukses

  23. davis

    mas, lucu nih.
    windows saya xp home, themesnya rusak tampilan hitam semua. saya masuk administrator masih bisa. saya coba pake sistem acer restore saya pilih factory defaults eh kok malah muncul vista… dan gagal lagi.
    kumaha nih…
    thx b4

    • Nah..ini baru benar-benar aneh. Jangan-jangan PQSERVICE asli anda memang windows vista, lalu diganti dengan WIndows XP Home. Tapi kalau memang itu masih Windows aslinya, berarti anda bisa komplain ke pihak Acer.

  24. ercik

    mas really need help nich….
    gua restrore ke factory default tapi muncul error 1005
    (the volume does not contain recognized file system..)

    kenapa ya mas ?
    mana netbooknya punya teman lagi 🙁

    thanks mas

    • Saya tadi sudah mencoba mencari di google tentang hal ini, tapi semuanya belum ada solusi.

      Trial error saja mas. Saya ingin tahu dulu, apakah windows anda ini masih fresh belum terinstall apa-apa? kalau iya, kenapa gak di Windows restore aja dulu. Atau jalankan Last Known Good Configuration dengan menekan F8 pada saat booting. Kali saja windows bisa kembali pada kondisi lagi bener. Kalau bisa, langsung backup/jadikan image Windows anda dengan menggunakan Macrium Reflect. Minimal anda mempunyai backup windows anda pada saat kondisi OK.

      Semoga membantu

  25. MHendra

    Mas bantuin donk, saya punya acer aspire 4730Z, emg si kgk punya recomendasi OS Windows tp saya coba install Windows Vista dan berhasil dan saya pengen install acer erecovery management di laptop tsb, ehh. malah ndak bs mas dan yang muncul pesan ” erecovery management cannot be installed-1.bootable file”, kira-kira knp ya itu mas dan bs bantuin ndak agar saya bs pake acer erecovery tsb.

    ty.

    • lah…partisi PQSERVICE-nya ada gak mas??kalau memang sudah hilang, tentu eRecovery management gak bisa dijalankan lagi. Coba konsultasi ke pihak acer apakah pqservice bisa didapat lagi… *kali aja bisa …

  26. jatmika eka chandra

    pak agung,kl PQservice didelete termasuk partisinya apa bisa dikembalikan keposisi awal krn saya mau install win 7 n suatu saat mungkin akan dikembalikan ke xp home ed?karena masalah saya yang dulu mungkin dikarenakan masih ada pqservice sehingga saat dipasang win 7 meminta restore ke win xp home.
    makasih pak.

    • Kalau sudah dihapus ya tentunya tidak bisa dikembalikan lagi pak. Kecuali, pak jatmika melakukan backup dulu.

  27. jatmika eka chandra

    kalo mau dual os (dobel osnya) kira kira bisa g pak ?karena kalo saya pake partition magic untuk dual os muncul pesan error ada drive yang tidak dikenali (mungkin drive pqservice itu kali ya)
    makasih ya pak

    • Bisa saja pake dual os. Mungkin lebih baik anda buat partisinya terlebih dahulu. misalkan drive C utk Windows XP, sedangkan Drive D utk Windows 7.
      Bukannya waktu instalasi mas jatmika bisa memilih drive mana yang akan diinstalli?

  28. Ffahmii

    .wah. . . .abis liad artikel ini jadi nyesel setengah mati. . !!
    .acer.q udah q install ulang, OS bawaannya Win Vista Home Premium x64, type acernya 4736g sebenernya sih sebelum di.install ulang udah q buat recovernya pake acer e.recovery managament, tapi dvd back up.an nya pecah. . .
    .yang mau saya tanyakan mas, kalau saya pinjem recovernya lapt0p lain tp yang tipenya sama, apakah tetep bisa jalan buat recover laptop saya?
    Mohon pencerahannya mas. .
    .apakah para pembaca punya recovernya acer 4736g? Kalau punya kabari di ffahmii@gmail.com yaa. . .please. . .

    • Secara logika bisa aja mas. Kan spesifikasi h/w sama, kecuali ada yg diupgrade. mungkin yg berubah adalah serial license dari OS tsb. Masalahnya, apa anda diijinkan untuk mengcopy PQSERVICE-nya? 🙂 Kalau boleh, waah..ya beruntung sekali anda…

      Semoga bermanfaat.

  29. Ffahmii

    .oh gtu ya. . .
    .tapi kalau minta d.acer centrenya bisa gak ya. . ?

  30. wah, kalau yang ini saya tidak tahu ya mas Fahmi. Mungkin bisa anda coba telp dulu. Kalau misalkan harus bayar, yaa selama itu tidak melebihi harga OS lisensi yang OEM ya monggo aja dibayar..tapi kalau harganya sama atau bahkan lebih mahal..ya terpaksa pake aja yang open source atau yang ba*j*k*n. 🙂

    Semoga bermanfaat

  31. mau tanya ni mas, klo kita dh backup PQSERVICE nya dgn MR trus klo mau mmpartisi HD gmna y? bsa g klo lwt windows n kita instl Easus partition trus kita patisi HD nya?
    klo bsa apkh stlah di partisi itu kita mesti merestore pqservice nya lagi atau ga?
    krna sy rencna mw mmprtisi mnjadi 40:60:60, lngkah2 nya gmna y?
    trims

    • gak masalah koq mas. partisi PQSERVICE kan tersembunyi, jadi selama mas izul tdk utak-atik ya tidak akan bermasalah apa-apa. Saya juga spt itu koq. Setelah backup, saya lakukan partisi dengan Easeus, dan lancar-lancar saja prosesnya.

      semoga sukses mas.

  32. oh y lupa, klo kita mmbackup pqservice dgn MR apkah sdh otomatis mmbckup MBR nya jg?? ap msti backup dgn MBRWizard lgi?

  33. elbelloo

    Hmmm…”So smart posting..”

    Btw, tempo hari saya ngerestore windows netbook acer aspire one aod saya pake acer erecovery management. Saya merestore dengan pilihan, “Restore Operating System and Retain User Data” yang nota bene terbackup dengan nama file “backup” dan semuanya berjalan sukses.
    Nah, pertanyaan saya, bagaimana saya bisa merestore lagi file ‘backup’-nya?

    Sebelumnya terimakasih.

    • Apakah waktu melakukan backup tadi tidak ditanyakan menyimpan dimana? Kalau ingin restore ya tntunya mengarahkan proses restore ke file “backup” tersebut.

      Biasanya kalau bawaan, ya otomatis akan meng-extrak kembali proses backup yang sebelumnya sudah dilakukan.

      • elbelloo

        FIle backup tersimpan di pasrtisi system C dalam keadaan terhidden dan tidak bisa di buka. Karena filenya hidden, saya berusaha merestore lagi, namun saat saya mau merestorenya tidak ada option restore ke file backup saya tadi.

        Ada file 50 Giga lebih di file yg terhidden…hiks.

        • waduh…besar sekali mas. padahal partisi PQSERVICE hanya 4GB-an. Kalau menurut saya, mendingan file backup td dihapus. Tapi lihat dulu, apakah partisi PQSERVICE ada di partisi hidden anda.
          eman-eman mas…50GB…bisa buat naruh film banyak tuh mas… hehehe

        • elbelloo

          Partisi PQSERVICE dalam partisi tersendiri dan masih ada.
          Aduh, banyak data penting yang tersimpan dalam file backup mas….maaf, untuk sementara ide untuk menghapus file backup saya tampung dulu…hehehe
          “Untuk apa ngebackup klo akhirnya dihapus, lol…”

          Back to the topic:
          Kira2 ada ide lain untuk menyelamatkan data yg terhidden dari file backup tadi gak mas?

          • Coba pake Macrium Reflect mas. Ada tutorialnya di artikel saya. Dengan s/w itu, kita bisa meng-extrak file hidden dan anda bisa memindahkan data-data penting ke HD lain dan nantinya dengan rasa “aman” bisa menghapus file backup tsb 🙂

            Semoga sukses.

          • elbelloo

            Saya sudah install Macrium Reflect, memang folder dan subfolder file backup saya yang terhidden bisa terbaca dari explore Macrium Reflect, namun tak ada extensi file yg bisa terbaca Macrium Reflect dari folder dan subfolder file backup saya..so, bagaimana saya bisa mengsekstraknya…hiks.
            Btw, ada rekomendasi soft yang lebih mantab gak mas..?

          • Anda sudah mempraktekkan langkah pada artikel https://agungprasetyo.net/2009/05/06/tutorial-acer-aspire-one-a150-bag-1-backup-pqservice/ ? Kalau memang sudah, wah, sepertinya saya harus browsing lagi nih utk cari cara agar bisa explore file backup bawaan acer.

          • elbelloo

            Saya sudah baca artikel bagian pertama sebelum sayang baca artikel kedua…

            Iya, mas bantu2 browsing dong..:D

            Sebagain bahan analisa:
            Pada saat poses restore berlansung..tidak ada confirmasi apapun dari acer erecovery management yang artinya proses restore dan backup conplete tanpa kendala…
            Tapi kenyataannya file backup kehidden dan filenya tidak terekstrak secara sempurna oleh acer erecovery management. Pada saat saya coba klick folder backup lewat Windows Explorer ada konfirmasi “Access denied”

            Tengkyu…!

  34. elbelloo

    Saya sudah install Macrium Reflect, memang folder dan subfolder file backup saya yang terhidden bisa terbaca dari explore Macrium Reflect, namun tak ada extensi file yg bisa terbaca Macrium Reflect dari folder dan subfolder file backup saya..so, bagaimana saya bisa mengsekstraknya…hiks.
    Btw, ada rekomendasi soft yang lebih mantab gak mas..?

  35. fery

    wah bagus neh..tx boss…
    bos mu tanya neh boleh kan???
    klu pengambilan file beck upnya windows dimana ya setingnya buat recovery windows aspire 532. tx salam kenal bro..
    nb:tolong dong di imelin yah…

    • file recoverynya tidak terlihat. caranya ya backup aja dari menu recovery managementnya.

  36. pusing gara2 alt+f10 gak bisa, install linux mint aja…
    ntar kan ada bootloader yang namanya GRUB, nah di grub bakal ada pilihan mau make apa, di t4ku ada 4 pilihan :
    1. Linux Mint
    2. Linux Mint safe mode
    3. Windows Vista
    4. Windows XP

    nah perasaan tidak pernah install win vista, tp kok ada??? ternyata PQSERVICE-nya di kenali ma grub menjadi WINDOWS VISTA. Nah pilih aja tu, ntar masuk ACER RECOVERY sendiri kok… abis itu lanjut….
    ni baru proses, semoga selesai…

  37. yovvie chan

    Mas, saya punya masalah sama Acer aspire one 532. pada saat recovery manajemen error 1005, gimana solusi selanjutnya sebab saya dah ga bisa lagi pake tu nbooknya. kalau diformat gimana dg OS orinya.. truss gimana donk,… bantuin donk mas.kira kira saya lakukan apa nich,… thanks mas..

    • wah, jangan di format. Lebih baik, install dulu os bajakan, lalu backup dulu partisi PQSERVICENYA dan terserah mau ditaruh cd, usb, atau hd. backupnya pake macrium reflect aja. nanti restorenya juga pake software yg sama. baca aja artikel diatas, kan bisa dipraktekkan. good luck

  38. Achmad Mahroza

    Mas, saya punya kendala pada netbook aspire one AO 532h saya, saat dibeli, OS nya Windows 7 Ultimate sudah built in didalamnya, kemudian saya install ulang dengan windows XP, ternyata Windows 7 nya ilang, saya lupa me-recovery Windows 7 nya…
    Bagaimana cara mengembalikan windows 7 nya mas, sementara saya tidak memiliki recovery DVD nya tetapi partisi PQSERVICE belum dihapus….

    Dan kasus kedua, saya pengen menginstal windows XP di netbook Aspire One AO 532h saya, yang pada saat dibeli sudah ada Windows 7 bawaan, tetapi saya ingin windows 7 nya tidak ilang, bagaimana caranya Mas….?
    Mohon bantuannya ya Mas….

  39. dimas maulana

    mw nnya..
    saya menginstal ulank windows XP Acer 532h,terus mau instal driver yang saya download drivernya disitus acer,tp saya bingng sama pilihan driver2nya..
    spesifikasi driver yang sesuai make yang mana y?
    trima kasih

    • Kan di websitenya Acer sudah tersedia semua drivernya, tinggal pilih yang Windows XP, Vista, atau Windows 7. Memang ada beberapa driver yang misalkan driver Wifi ada dua macem utk notebook dgn tipe yg sama. Untuk kasus spt ini, install hardwarenya dari devide manager saja, krn langsung detect driver yg cocok dgn h/w.

  40. ndasgodhog

    pak…klo PQSERVICE dr acer udah hilang,apakah bisa menginstall XP dari CD???

    karena saya sudah mencoba menggunakan CD XP maupun Win 7 tetap saja tidak bisa diinstall ulang…

    kalaupun bisa dengan XP pasti ada peringatan file yang missing…

    tolong bantuannya…

    • Meski pqservice belum hilangpun, mas anto bisa melakukan install ulang koq.

      Harusnya bisa mas, install ulang di acer. Kalau melihat dari peringatan tsb, sepertinya ada masalah di cd installernya mas, atau juga bisa dari cdrom-nya. coba aja ganti cd installernya dan cdromnya dgn yang lain (kan bisa minjem), siapa tahu masalanya bisa teratasi.

      gooc luck

      • ndasgodhog

        setelah saya coba dengan mengganti CD dan mengganti CD-ROMnya, malah ganti pesan error…

        sekarang udah bisa install XP sampe tahap “completing installation” tp ga sampe abis prosesnya malah keluar blue screen “physical dump memory”…

        kok malah aneh gini ya pak????

        • ndasgodhog

          dan yang bikin tambah aneh lagi adalah saat saya mencoba menginstall linux Ubutu 10.4 ternyata bisa dan bisa digunakan secara lancar…

          @_@

          mohon bantuannya pak…

        • Kalau spt ini, berarti ada hardware yg tdk kompatibel/cocok dengan windows pak. Jadi akhirnya BSOD (blue screen of dead). apa mungkin hd anda tergolong SATA/RAID?? spt di compaq yg kalau instal windows xp harus membutuhkan driver khusus utk load ahci.

          Coba cek juga, kali aja ada bad sector pada HD anda.

  41. adity

    mas tanya AO 532H layar mati tetapi power sama kipas masih menyala solusinya giman ? Mkasih

  42. john radjo nuswantoro

    mz bro, infonya muantep tenan…thx.
    tlg penjelasannya di perjelas & di perluas lg mz bro…
    ak msh bingung, mengenai partisi acer 532, sebenarnya bs nggk di partisi lbh dr 1 tp ttp menggunakan pqservice…partisi sy cm C doang…pgnnya ada D & E, thx….sukses aja buat maz bro

    • Kalau utk partisi, terserah anda. berapapun bisa. Hanya saja, acer pernah error pas mau partisi HD menggunakan s/w Partition Magic. S/w yng saya gunakan selain itu adalah easeus partition manager, yang free edition. partisi dgn s/w ini bisa berjalan dgn sukses.

      Partisi pqservice tidak akan terpengaruh koq mas, kecuali memang pas install ulang itu yg bikin bingung, karena biasanya MBR utk memanggil partisi pqservice jadi ilang, sedangkan partisi pqservicenya sendiri sih tidak apa-apa selama kita tdk melakukan penghapusan thd partisi tsb.

      • john radjo nuswantoro

        ok mz bro..
        brti sy langsung ke easeus aja ya mz? msk ke copy at rezise manager? sy kpgn partisi C, D, E…apa dr easeus bs langsung buat booting mas? at bgm, sy ragu n tkt pqservice nya ilang…
        s/w yg mas anjurkan dah saya siapkan semua, thx.

        • john radjo nuswantoro

          maaf, mksd sy apa hasil copy dr easeus bs utk booting?
          (ex. jk sy copy ke HD eksternal)
          apa hsl dr easeus sdh ada MBR nya jg bos?
          sy ada easeus seri 6, nggk tau trial at free…yg jls tdk muncul 30days remaining….thx bro..

        • maksudnya hasil copy easeus itu bagaimana ya?? easeus itu adalah s/w utk partisi manager, bukan utk mengcopy partisi pqservice atau mbr.

  43. eka

    mas,numpang nanya,,ni saya mau install ulang acer aspire aod 250 kok gagal mulu yah??
    saya teken alt + f10 pas ada tulisan acernya tapi dia malah langsung masuk windows,,
    dulu saya juga pernah instal ulang,,tapi lupa tombol shortcutnya apa buat masuk ke pqservicenya..
    thx before 😀

    • shrtcut key utk masuk ke revovery ya ALT+F10. PQSERVICE itu hanya partisi yg berisi mentahan dari windows asli dan semua driver-drivernya tapi kita melakukan instalasi secara manual. Kalau tidak bisa masuk ke eRecovery Management, berarti ada masalah dengan MBR anda.

  44. Mr_Gen

    Trim’s Mas Artikelnya dah membantu, sebelumnya ane mah ngedelete partisi pqservice kalo mo install os baru habisan ga masuk2 os barunya …

  45. hadi

    Salam, Mas. Mohon bantuannya, kasus saya parah banget. AO532H yg sudah ada licensi WinXp Home didalamnya belum pernah saya backup, dan gara-gara kena virus, semua partisi termasuk PQservice-nya/EISA terlanjur saya format karena tidak bisa di Alt+F10. Jadi sekarang tinggal 1 drive C: saja.

    Saya install ulang windows dengan DVDRW External & CD Bootable WinXp Home (ORI) lainnya dan berhasil. Saya pake Licensi lainnya karena sewaktu install WinXp ditanya serial numbernya, saya inputkan licensi bawaan Acer yang tertempel di laptop itu ditolak.

    Gimana ya caranya ngebalikin partisi PQService / windows xp Home asli bawaan ACER yang sebelumnya saya format itu?

    trimakasih sebelumnya

    • Jawabannya cuman satu mas… tidak bisa. Pertama, karena partisi tsb sudah mas hadi format, otomatis sudah hilang. Kedua, partisi yg sudah anda format sudah anda “tumpuk’i” dengan instalasi yg baru. Kalau misalkan belum, biasanya di recoveri dengan disk recovery yg mengembalikan file-file yg hilang dgn menggunakan s/w semacam Tiramisu dll. Kalaupun bisa direcover, pasti ada file-file yg tidak bisa utuh kembali spt semula.

  46. wisnu

    salam kenal mas,,saya punya netbook acer aspireone AO532H, sbelumnya saya ga tahu kalo recovery nya harus memakai alt f10, terus saya format drive c: karena ingin menginstal dengan windows xp profesional, yang saya tanyakan bagaimana cara membuka recovery PQ service mas??karena setelah menginstal windows xp tersebut saya tidak bisa memakai alt f10 untuk recovery drive EISA utilities atau PQ service…terima kasih mas, d tunggu share nya…:D

    • Sepertinya sudah saya jelaskan di bagian atas bagaimana cara mengakses partisi PQSERVICE. Coba dibaca lagi pelan-pelan … 🙂

  47. john

    menyimpang jauh maz bro… ak rep takon…
    dah berulang x ak bermain cnt…ehh mksdku install XP, booting via cdrom tp gagal n gagal maning…
    P3, HD32gb, RAM 256, dvdrw LG–> BIOS dah diset bootnya ke CDROM..IDE0..FLOPPY….jwbnya adalaaahh : searching for master boot record from cdrom not found
    pdhl beli baru n buat nginstal kompi lain ok ok sj…
    tlg mas bro, sp tahu anda lah pemilik solusi kasus saya…hiks 🙁
    lelah hati ini sharing kemana mana blm dpt solusi..
    boot via floopy blm tsk coba bos…tapi kyknya bisa si…apa klu boot via floppy nti ada perintah untuk boot via cd rom? itu aja dulu maz bro, thx b4

    • Wah, kasusnya aneh nih. Padahal harusnya kalau sudah di set di BIOS utk booting awal CDROM kan harusnya mau. Btw, ini laptop atau PC yah??? Kalau saya melihat kasus anda di beberapa website, ada indikasi MBR pada HD mengalami kerusakan. Coba booting dari floppy yang berisi file fixmbr.exe lalu jalankan FIXMBR device name, misal : FIXMBR C:.

      Semoga sukses.

      • john

        ok mas…info ini PC jadul mas
        apa bs MBR di isi ke HD lg? HD nya dah sy format pki netbook…tp blm ada pengaruh pas coba booting, ttp not found…
        trus cara buat MBR di floppy bgm caranya? thx

  48. SHUMA

    alow mas ,, ! quw punya masalah nie ma acer asp one aO531h, kmaren hardisknya error kaga mau terbaca ma windows, jd terpaksa harus make rescue cd dri ubuntu buat perbaikin, tapi masalahnya semua partisinya jadi 1 dan ke format,! termasuk Pqservice,,

    maksudquw pengen buat lagi partisi tersebut n q kaga punya mas backupnya,,!! huft setresssss,,

    gmana dungk mas cara balikin partisi tersebut spya bisa lagi berfungsi kaya awal .. 🙁
    tulungin dungk mas solusinya,,
    pliss,, dah setress berat nih mas mikirnya,,!!
    thx..

    • Partisi tsb kalau sudah terhapus ya otomatis tidak bisa dikembalikan lagi. Memang kalau pake rescue yg daril inux, kita harus bener-bener extra hati-hati, karena penamaan partisi yg kadang membingungkan, jadinya kalau gak sengaja, malah partisi penting yg kita hapus.

      Kalau sudah spt ini, ya harus diterima. Kecuali mau beli lagi OS yang license OEM, tapi ya kekurangannya, kita harus install sendiri semua driver dari laptop kita. Sedangkan kalau dari PQSERVICE, semua instalasi akan berjalan otomatis, baik proses instalasi OS atau driver-driver bawaannya.

  49. NoZz

    mo nanyak ni mas,lapti sya aspire 4740,saat menekan +f10,g msuk k recovery,yang muncul malah windows boot option,,,apa yang salah ya mas,,,?
    di aspire sya g ada aplikasi erecovery,,gmn cranya install ulang win 7 sya/kmbali ke default factory setting,saat pembelian g dpat CD installer win7
    sdangkan saat sya k acer service point,mreka g membantu coz katanya lapti sya Bm_an,,,,thx 4 help

    • Tekannya pake Alt+F10. Dulu waktu beli sudah ada OS-nya belum? lalu cek juga di bawah laptop, ada gak serial number utk windows-nya. kalau tidak ada, ya berarti pas beli laptop itu yg kosongan, tanpa OS. Lalu mungkin dari pihak toko langsung membantu install, sehingga pihak acer tdak bisa membantu.

  50. ikut nimbrung yaaa…

  51. masss…..saya punya aspire one dan ada cd recovery nya tp saya menggunakannya koq ndak bisa,,saya mintak informasinya mas…

    • Biasanya tetap harus menekan keyboard tertentu pak. Seperti misalnya di HP kalau tidak salah harus menekan F7 / F11 (saya agak lupa sih), nanti dia akan minta cd recoverynya.

  52. rio

    numpang nanya y mas….
    Punya acer 4741g yg ad windows 7 home premium dihddny……
    Kmrn hddny dg tdk sengaja terformat smua,termasuk pq serviceny…
    Jd windows 7 home premiumq jg ikutan hilang….
    Cara ngembalikan windows 7 home premiumq yg bawaan dr pabrik dl itu gmn y mas…..
    Tlg jwbany dijlskan secara rinci

  53. Hpc

    Bisa ga repair (mperbaiki windows tanpa install ulang) melalui PQSERVICE,
    Trus gmana caranya?
    Supaya ga usah install driver+aplikasi lg,
    Mohon bantuannya,

    • Ada dua fungsi PQSERVICE, yaitu menginstall driver-driver dari netbook kita dan mengembalikan kondisi netbook kita ke factory default, jadi spt pas baru beli.

      Kalau memperbaiki dalam artian hanya repair, fasilitas itu sudah ada di windows xp. cuman masalahnya biasanya kita bisa melakukan repair jika kita melakukan instalasi secara manual melalui CD/DVD. sedangkan installer windows xp di acer berada di pqservice. mungkin anda bisa melakukan repair melalui cd windows xp lain yang bisa anda boot melalui CD/DVD ROM.

      • Hammamy

        Asal partisi hidden “PQSERVICE” nya belum dihapus masih ada jalan untuk me-restore Windows nya di partisi C: seperti pas pertama kali baru beli. Kalo komputer gak bisa masuk Windows nya karena sudah terlanjur mak errot eh… maksudnya ‘error’ setahu aku sih gampang banget. Dulu aku pernah ngalami kasus ada netbook Acer AOD teman saya yang sudah kena virus parah dan dah gak bisa masuk windows karena file-file systemnya corrput semua. Lalu aku boot netbook nya pake Hiren’s BootCD versi 10.6 atau yang lebih baru. Pada boot menu pilih saja menu teratas “Boot from Harddisk”. Nanti kan ada pilihan boot dari partisi PQService nya. Nah dari situ tinggal jalankan saja restore Windows nya ke partisi C: nya yang windows nya dah rusak berat. Tapi sebelumnya kita backup dulu dokumen2 yang ada di My Documents ke partisi D: atau E: karena partisi C: nya otomatis akan diformat/dipartisi ulang oleh PQService Installer nya.

        Semoga trik ini bisa dijalankan dengan sukses oleh pengguna lain yang mengalami kasus serupa.

        For more info, please feel free to contact:

        Hamami
        hammamy.wsb@gmail.com

        • wah…terima kasih sudah diberi ilmu baru. sepertinya saya juga perlu pake hiren’s BootCD nih.. hehee. thx mas.

  54. boni siswanto

    saya mau nanya, saya punya acer 4741 window 7. + 2 minggu ini loading lambat tp lama2 tidak bisa jalan/hang, trus terpaksa dimatiin dr power baru mati. sekarang tdk bisa loading lg ke window tombol power hidup. pernah mucul repair otomatis saya ikuti tp masih saja tdk bisa. skrg laptop tdk bisa dipakai, padahal baru 1 bln. bagaimana memperbaikinya?

    • Saya beberapa hari ini juga kadang mengalami harus mematikan netbook saya harus dari tombol power. Ada kemungkinan terkena virus, jadi yaa kita harus cari cara utk mengetahui apakah laptop kita kena virus atau ada kerusakan sistem.
      Kalau untuk saya, biasanya saya akan lakukan eRecovery ulang, lebih aman dan bebas proses install driver berulang-ulang. Tapi ya tergantung dari pqservice anda, apakah berjalan dengan normal atau tidak. Coba saja dulu dengan membackup lalu menjalankan MBR spt yang ada pada 2 artikel saya yang berhubungan dengan PQSERVICE.

      Semoga berhasil

  55. Asslm. Bang, saya punya masalah nih dengan Laptop ACER A532H,,,, partisi PQSERVICE masih ada tapi saya sudah hapus partisi ACER,,, cara mengembalikan D2D Recovery-nya gmn yah bang,,,,, tolong bantuannya dong,,,, pliss,,,,,

    • Mungkin mas Ansari bisa membaca artikel diatas, kan ada xperimen utk mengembalikan partisi pqservicenya.

      • Yang jadi masalahnya mas, file MBRwrWin.exe dan RTMBR.bin tidak ada di PQSERVICE-nya,,,,, jd gimana mas solusinya? Kemudian dlu saya lupa backup MBR-nya,,,,

        • Wah..kalau tidak ada ya brarti mas Ansari tidak bisa melakukan penulisan ke MBR agar bisa me-load partisi pqservice. Kalau sudah spt ini, sepertinya harus dibawa ke serive centernya aja mas. Karena dua file itu di pqservice saya ada, dan bisa dijalankan dengan sukses.

        • file MBRwrWin.exe dan RTMBR.bin itu letaknya dmn mas?

          • Letaknya didalam pqservice. Untuk membaca isi dari file pqservice sudah saya jelaskan diatas.

  56. jatmika eka chandra

    mas agung kalo umpama saya pengen pqservice non aktif agar acer e recovery tidak aktif apa cukup dengan mendisable D2D recovery di BIOS? karena saya ingin menginstall os lain tanpa menghapus PQservice. dulu saya pernah mencoba dengan mendisable D2D recovery namun acer recovery management tetap meminta recovery saat OS baru terinstall.
    makasih mas…

  57. ani

    Asslm…
    Mas.. saya ada masalah nihc… Aplikasi Acer 4740G hilang semua, termasuk erecovery managemetnya, gimana cara menemukannya kembali? tolong?
    sebelumnya lap-top acer aspira 4740G diinstal trus aplikasi acer yg aslinya hilang

    • apa tidak ada CD recoverynya? Bisa dijelaskan runtutan dari awal ?

      • ani

        CDnya nga ada, waktu beli emang nga dikasih CDnya…
        Masalahnya berawal dari suatu hari nga bisa OL pake LAN, kebetulan ada mekanik yg datang n minta tolong dibaikin.. eh nga taunya diinstal smuanya, trus ani cari Aplikasi yg dari Acer (asli bawaan acer) udah nga ada semua, termasuk window7nya, kamera n semuanya, gitu lo Mas critannya, n mohon bantuannya…

        • Kalau seperti itu, ada kemungkinan partisi PQSERVICE juga ikut terhapus. Tapi lebih baik mbak/ibu ani lihat dulu di Start > Control Panel > Administrative Tools > Computer Management > Storage > Disk Management. Cek apakah masih ada partisi EISA PQSERVICE. Kalau masih ada, yaa coba ikuti langkah-langkah diatas.

          Semoga bermanfaat.

  58. ani

    Asslm….
    Setelah langkah2 yg mas kasih ke ani dilakukan, ternyata EISA PQSERVICEnya udah nga ada. Berarti apakah masih ada harapan?…

    • kalau sudah tidak ada, yaa berarti hilang mbak. terpaksa kalau ada apa-apa yang tidak bisa menggunakan recovery lagi, tapi harus install ulang dari bajakan.

      • ani

        Oow… klu dibawa lagi ke tempat kita beli dlu bisa  nga ya?…
        Makasih atas masukannya selama ini mas…

        • Dicoba saja mbak ani. Mungkin dari pihak Acer ada solusi. Kalau memang misalkan harus membeli lisensi baru, yaa keputusan ditangan mbak ani. Tapi kan minimal ada solusi yang ditawarkan, diperbaiki atau ganti baru.

  59. uchiha madara

    maap mas mau nanya klo cara bikin partisi tersembunyi kaya gitu gmna caranya?
    biar ga perlu install ulang os lagi,tapi untuk pc mas
    mohon pencerahannya senpai

    • kalau utk membuat partisi model PQSERVICE, saya tidak tahu. tapi kalau utk membuat backup dari komputer kita agar bisa diload lagi jika tiba-tiba terjadi sesuatu, saya tahu. Anda bisa membuatnya dengan software macrium reflect. tapi saya sarankan, install windows, driver-drivernya, aplikasi penting spt office lalu anda baru backup dengan MR. Nah, hasilnya kan jadi image tuh, kalau misalkan pc error atau apa, anda bisa recover dengan menggunakan CD recovery dari macrium reflect

      • UChiha Madara

        loadnya dari cd ya mas?
        klo load dari partisi ga bisa?

  60. Ikutan b elajar di sini mas , trims

  61. hendra

    mas, saya dulu instal dan upgrade AAOP531h xp home edition pakai xp sp3 tp kemarin windowsnya eror, ketika saya cb restore dengan alt+F10 ternyata tidak bisa pada hal partisi *pqservice msh ada. tolong bagaimana cara mengembalikan windows ori yang ada.

    • Di artikel atas sepertinya sudah saya jelaskan secara detil langkah-langkahnya. Di mulai dari bagian Install Macrium Reflect sampai selesai.

  62. Albert

    malem om,ane pake Aspire One A 150.KLu pencet Alt+F10 kok kya ad yg corrupt??? dan di disk managementnys nga ad yg tampil.tapi laptopnya masih bisa dipakai.gimana cara balikin PQServicenya???

    • Sudah pernah nyoba recovery dari dalam windowsnya???kan ada juga itu di menu programnya. Kalau dari windows tidak ada, ya harus manual recovery pake Alt+F10. Sedangkan kalau fungsi tsb korup, ada kemungkinan file MBR yang berisi fungsi tsb rusak. coba saja experimen 2 diatas dari mulai install macrium reflect sampai selesai.
      Semoga bermanfaat

  63. tom

    mas saya ma tanya, saya pke acer aspire one, saya sudah coba pke boot USB, agar bisa di Alt+10, dan benar bisa, dan keluar acer erecovery management, tapi masalahnya di tahap 5 restore partition, terhambat dan muncul Notice “there is insufficient space on the disk for the temporary files required for this operation”. dan setelah ditekan OK, malah ngerestart sendiri.

    Mohon bantuannya mas…terimakasih

    • Sekarang pertanyaanya, target instalasi diarahkan kemana? secara default sih harusnya ke drive C. tapi koq bootnya dari USB? bukannya harusnya boot dari default booting biasa? dari error tsb jelas space HD kurang untuk penempatan temporary file dari instalasi. saya ga pernah mengalami error spt ini.

      • chrysetom@yahoo.com

        cara mengarahkan target instalasi bagaimana mas?
        klo notice di tahap 3, akan menghapus data on C
        tapi di tahap 4 restore destination, yang muncul drive D
        dan di next ada bacaan “this action will erase all existing data on partition : D
        trus eror deh pas di OK
         
        Tambahan info
        asal Win XP home edition pindah ke win 7 dan sekarang mau pindah ke win home edition lg.
        cd recovery ada
        pqservice sudah dibackup
        data D terbaca logical
        alt+f10 bisa digunakan
        boot pada HD

        • harusnya restore destinationnya drive C. Apa gak bisa diarahkan ke drive C ?BIasanya kalau saya me-restore, akan otomatis mencari Drive C.

  64. om numpang nnya ni tiny XP Sp 2 ada kekurangan nya apa” aja om ? trus kalau udah diinstal tiny Xp nya  bsa diinstal lagi ndak win XP,Win 9x atau yg lainnya ? mkasih kalau ngejawab

    • kekurangannya apa ya???malah tinyxp lebih cepet daripada windows xp yng asli. mungkin kekurangannya bajakan kali ya. Mau install ulang ke windows xp??bisa dong.

Comments are closed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer