agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Update Visual Editor di CMS Lokomedia Dengan TinyMCE 4.3.8 & KCFinder 3.12 Versi Terbaru

TinyMCE dan KCFinder adalah dua aplikasi yang disematkan di CMS (Content Management System) Lokomedia untuk memudahkan proses tambah, edit dan upload suatu artikel. CMS Lokomedia ini tergolong mudah untuk diimplementasikan karena memang sudah didesain tinggal pakai atau jika ingin berkreasi, kita bisa memodifikasi CMS dan mengintegrasikan dengan website yang akan kita buat.

Sejak mengimplementasikan CMS ini di website saya beberapa tahun lalu, hingga saat ini belum ada update terbaru dari pihak lokomedia untuk TinyMCE dan KCFindernya. Akhirnya saya menemukan artikel milik cauza dan belajar-yugo yang membahas tentang update dari dua aplikasi ini, meskipun belum terbaru.

Berdasarkan dua link diatas, akhirnya saya mencoba untuk melakukan update TinyMCE dan KCFinder dengan versi paling baru (saat ini) yaitu TinyMCE 4.3.8 dan KCFinder 3.12 di website saya. Ternyata, ada beberapa proses yang tidak sama dan dimulailah proses utak-atik skrip agar dua aplikasi tersebut bisa berjalan bergandengan tangan dengan lancar.

Screenshot TinyMCE - Demo

Screenshot TinyMCE – Demo

TinyMCE & KCFinder

Kita bisa download versi terbaru dari TinyMCE di sini dan KCFinder di sini. Setelah berhasil download, ekstrak kedua file tersebut dan rename kedua folder dengan nama tinymce dan kcfinder. Sebelum melakukan upload ke hosting, lakukan rename pada folder kcfinder yang berada di hosting kita dengan nama misalnya kcfinder-old.

Lalu lakukan login ke cpanel atau ftp ke lokasi hosting dan letakkan folder tinymce  dibawah  folder tinymcpuk/jscripts/. Sedangkan untuk folder kcfinder, karena folder kcfinder yang berada di hosting sudah di-rename menjadi kcfinder-old, letakkan saja pada lokasi yang sama dengan folder kcfinder-old.

Pada folder adminweb/tinymcpuk/jscripts/tinymce, buat satu file dengan nama tiny_lokomedia.js dan masukkan skrip berikut :

Langkah selanjutnya, buka file config.php yang berada di dalam folder kcfinder/conf. Lakukan perubahan untuk dua baris ini :

Proses terakhir, buka file media.php yang berada pada folder adminweb dan lakukan perubahan pada lokasi tinymce :

Sampai sini, semua proses sudah selesai. Jika ada pertanyaan atau mungkin saran, silahkan komen dibawah.

Semoga bermanfaat.

Previous

Menulis Itu [tidak] Mudah : Budayakan Literasi

Next

Dropbox Hentikan Dukungan Untuk Windows XP

6 Comments

  1. Joe

    Bos di cms lokomedia saya tinymce nya bukan tinymcpuk gimana caranya bos yang ada di media.php itu mohon pencerahan bos sedangkan kcfindernya itu tidak ada bukunya terbitan 2014

    • Maaf baru jawab. tinymcs dan kcfinder-nya download dulu di link yang sudah saya sertakan didalam artikel.

  2. masih kurang paham mas..bisa gak di shared..codenya?

  3. awan

    gan boleh minta source code TinyMCE & KCFinder lokomedia yg udh mas buat ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer