Sebagai salah satu cara untuk memproteksi dokumen PDF adalah dengan pemberian fitur watermark pada dokumen bersangkutan. Beberapa institusi pendidikan sudah mewajibkan para mahasiswanya untuk memberi proteksi pada dokumen mereka (skripsi/thesis) dengan watermark, bahkan proteksi hingga ke password dan metadatanya.

Software yang akan saya gunakan kali ini adalah Adobe Acrobat X atau XI, karena dua versi ini mempunyai menu dan proses yang sama. Kita tidak bisa menggunakan Adobe Reader dalam pemberian watermark , karena memang aplikasi ini hanya diperuntukkan untuk membaca dokumen PDF, bukannya membuat atau memodifikasi file PDF.

Untuk watermark sendiri, bisa berupa teks atau file. Untuk teks, kita bisa memasukkan teks yang kita inginkan, disertai dengan modifikasi jenis font, ukuran, warna, pemberian garis bawah (underline), serta layout rata kiri/tengah/kanan. Sedangkan untuk file, bisa berupa file pdf, bmp, jpeg dan beberapa format lainnya.

Fitur Watermark

Ada beberapa cara untuk melakukan watermark pada dokumen pdf. Kita bisa melakukan proses watermark dengan dokumen yang sedang aktif (dibuka), atau dokumen yang sedang tidak aktif.

Watermark Pada Dokumen Yang Terbuka (Aktif)

  1. Klik Tools > Pages > Watermark > Add Watermark….

    Gambar 1. Pemilihan Watermark dari menu Pages

    Gambar 1. Pemilihan Watermark dari menu Pages

  2. Pilih jenis watermark:
    • Untuk membuat watermark teks, pilih Text, dan ketik teks di dalam kotak. Sesuaikan setting yang sesuai dengan format yang diperlukan.

      Gambar 2. Pemilihan teks watermark

      Gambar 2. Pemilihan teks watermark

    • Jika menggunakan gambar sebagai watermark, pilih File. Kemudian klik Browse dan pilih file gambar.

      Gambar 3. Pemilihan gambar sebagai watermark

      Gambar 3. Pemilihan gambar sebagai watermark

  3. Untuk mengubah ukuran gambar pada watermark, lakukan langkah berikut:
    • Untuk mengubah ukuran watermark yang dalam kaitannya dengan ukuran asli file gambar, masukkan persentase pada opsi Absolute Scale (pada kotak Source).
    • Untuk mengubah ukuran watermark yang dalam kaitannya dengan dimensi halaman PDF, masukkan persentase pada opsi Scale relative to target page (pada kotak Appearance).
  4. Untuk opsi Rotations, kita bisa memutar baik teks atau gambar sesuai dengan keinginan kita. Pilihan yang disediakan adalah -45°, none, 45° dan Customs.

    Gambar 4. Opsi Rotations

    Gambar 4. Opsi Rotations

  5. Sedangkan opsi Opacity digunakan untuk setting transparansi dari pilihan watermark yang kita pilih.
  6. Opsi Location digunakan untuk penempatan watermark apakah ditempatkan Appear behind page (tampil dibelakang halaman) atau Appear on top page (tampil diatas halaman).
  7. Jika semua setting sudah sesuai, klik OK.

Fitur Watermark Pada Dokumen Yang Tertutup (Tidak Aktif)

  1. Klik Tools > Pages > Watermark > Add Watermark…
  2. Setelah itu muncul window Watermark (Add), klik Add Files…
  3. Lalu pilih mana yang akan diberi watermark, lalu klik Open. Untuk pemilihan file, bisa lebih dari satu.

    Gambar 1. Kotak dialog untuk memilih pdf yang akan diwatermark

    Gambar 1. Kotak dialog untuk memilih pdf yang akan diwatermark

  4. Kemudian ikuti langkah 2 sampai 6 pada prosedur untuk menambahkan watermark dengan dokumen yang terbuka. Bila semua telah sesuai, klik OK.

Penutup…

Proses pemberian watermark pada dokumen pdf sudah selesai. Pada tutorial selanjutnya saya akan membuat artikel untuk proteksi dokumen pdf dengan fitur Encrypt dan penggunaan Action Wizard untuk mengotomatisasi tugas secara berulang pada dokumen dengan jumlah yang banyak secara sekaligus.

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar fitur ini, silahkan mengisi komentar dibawah. Insya Alloh selama saya tahu, saya dengan senang hati akan menjawab pertanyaan Anda.