Apakah Kamu pernah mengalami masalah ketika akan menginstall Office 2010 di Windows 7? Muncul error Error 1907 dst seperti judul diatas. Padahal biasanya ketika install office 2007/0ffice 2010 juga tidak ada masalah. Ini kok tiba-tiba muncul error seperti ini?!

Nah, kali ini Saya akan sharing pengalaman Saya yang sudah 2 (dua) kali ini mengalami hal ini. Hanya saja, rentang waktunya cukup lama, sehingga ketika kali kedua ini Saya mengalami error ini lagi, sempat lupa bagaimana solusinya.

Error 1907. Could not register font. Verify that you have sufficient permissions to install font.

Error 1907. Could not register font. Verify that you have sufficient permissions to install font.

Menurut beberapa sumber online yang saya baca, baik itu di forum Microsoft atau blog personal, ada 2 (dua) cara yang ditawarkan :

Update Fonts

Dari installer Office 2010 Kamu, cari ketiga file berikut dan ekstrak menggunakan winzip, winrar, atau 7-zip.

  • OWOW64WW.cab
  • ProPsWW.cab
  • ProPsWW2.cab

Pada masing-masing folder hasil ekstrak, carilah semua file *.ttf dan lakukan copy ke windows font. Restart komputer, dan ulangi proses instalasi.

Perintah SFC

Cara kedua dengan menjalakan System File Checker melalui command prompt. Cara ini biasanya memang diperuntukkan untuk memperbaiki sistem file yang mengalami corrupt.

Ada yang mengatakan bahwa setelah menjalankan perintah, proses instalasi Office 2010 bisa berjalan sukses. Tetapi ketika Saya menjalankan perintah ini dari command prompt (Run As Administrator), muncul error :

Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them.

Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them.

Setelah Saya melakukan 2 (dua) cara diatas, proses instalasi tetap gagal. Setelah itu, Saya mencari jawaban lain untuk permasalahan ini dan menemukan cara lain yang sudah Saya coba dan berhasil. Semoga cocok juga di komputer Kamu.

Asian Fonts

Setelah mencari beberapa referensi jawaban di internet, akhirnya ada cara lain agar proses instalasi Office 2010 ini bisa sukses. Yaitu dengan menginstall asian fonts. Font tersebut adalah Meiryo.ttc dan Meiryob.ttc yang bisa Kamu download di sini. Letakkan/install kedua font tersebut di Windows Fonts, dan ulangi proses instalasi Office 2010.

Error 1907…The End

Setelah menjalankan cara yang ketiga tersebut, proses instalasi bisa berjalan dengan sukses tanpa kendala apapun.

Semoga pengalaman ini bisa membantu teman-teman yang mungkin masih belum menemukan solusi jika mengalami error instalasi Office 2010.