agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Instalasi EPrints 3.3.16 di Ubuntu Server 18.04 LTS

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Seiring dengan munculnya versi EPrints dan Ubuntu yang terbaru, yaitu EPrints 3.3.16 dan Ubuntu 18.04 (Bionic Beaver) maka Saya akan memberikan panduan secara garis besar agar EPrints 3.3.16 bisa terpasang di Ubuntu Server 18.04 LTS.

Untuk Ubuntu 18.04 LTS bisa didownload di http://releases.ubuntu.com/18.04/ atau kalau ingin download yang versi Server bisa langsung di link ini. Untuk Ubuntu 18.04 ini, hanya tersedia untuk tipe prosesor yang 64 bit.

Setelah Ubuntu 18.04 LTS terinstall dengan benar, maka masukkan baris berikut pada file /etc/apt/sources.list menggunakan user root. Jangan lakukan apt-get update atau apt-get upgrade terlebih dahulu.

Kemudian, masih menggunakan user root, jalankan 3 (tiga) perintah berikut :

Secara otomatis, EPrints akan terinstall di direktori /usr/share/eprints3/. Sampai sini, proses instalasi EPrints selesai, tapi belum sampai membuat archive. Tapi eitsss…ada yang kurang pada instalasi EPrints kali ini. Ada yang tahu apa??? Ga tahu??? Iyap!! benar kata Pak Odi…proses instalasi MySQL tidak ditanyai password untuk user root. Seratus buat Pak Odi 🙂

Nah, jika pada Ubuntu 12.04 LTS atau Ubuntu 14.04 LTS atau Ubuntu 16.04 LTS bisa langsung melakukan proses pembuatan archive, itu karena akses ke database MySQL sudah tahu password rootnya. Sedangkan pada Ubuntu 18.04 LTS ini tidak ada proses tersebut. Maka yang harus dilakukan adalah memberikan password untuk root MySQL agar ketika proses pembuatan archive, bisa berjalan dengan lancar.

Dari user root, login ke MySQL dengan mengetikkan perintah “mysql”. Kemudian dari dalam console MySQL, ketikkan perintah berikut :

Kemudian, Anda bisa melakukan penambahan archive dengan mengetikkan perintah epadmin create menggunakan user eprints.

Eprints Error Creating Database

EPrints Error Creating Database

Tapi bagaimana jika Anda sudah terlanjur menjalankan perintah epadmin create tanpa mensetting password root di MySQL? Maka Anda tinggal melakukan proses di MySQL atas. Tetapi masalahnya konfigurasi utk database Anda sudah terbuat, dan tersimpan di /usr/share/eprints3/archives/{nama_archive}/cfg/cfg.d/databases.pl. Untuk itu, Anda harus mencatat nama archive, database user, dan database password yang sebelumnya sudah tersimpan di file database.pl. Selanjutnya, untuk meneruskan proses yang sempat terhenti di konfigurasi database, maka Anda bisa merujuk ke panduan epadmin EPrints3, karena prosesnya masih ada pembuatan database, user, static web, subject, dan generate apacheconf.

Sumber : https://wiki.eprints.org/w/Installing_EPrints_on_Debian/Ubuntu

Semoga bermanfaat.

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Previous

Menikmati Suasana Desa Nelayan di Babakan, Pangandaran

Next

Pengalaman Mengurus Akta Kelahiran Secara Online di Surabaya

2 Comments

  1. Andri

    Sy coba sprti cra diatas gagal.. Release file not found.. Dgn ubuntu 18.04
    Pkek file deb jg ga2l.. Mhon infony versi ubuntu brp dn eprints brp yg bsa berjlan..

    • Dalam artikel yg saya tulis itu yaa menggunakan Ubuntu 18.04 dan eprints 3.3.16. Kalau mau ya bisa pakai versi lain yaitu ubuntu 14.04 dgn eprints 3.3.15 atau ubuntu 12.04 dengan eprints 3.3.12.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer