Meski sudah terlambat, tahukah Anda bahwa tanggal 8 Februari kemarin diperingati sebagai Internet Safer Day (Hari Internet yang Lebih Aman)? Sejak 2004, peringatan Internet Safer Day diinisiasi oleh Safer Internet Alliance (INSAFE) yang didirikan European Commission. Bermula dari benua biru, hari kampanye ini sekarang disosialisasikan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sebagai salah satu buktinya, Yahoo! mengumumkan peluncuran situs kampanye dan referensi cara-cara berinternet aman, Yahoo! Safely, di 26 negara dan 14 bahasa. Salah satunya adalah Indonesia dengan alamat http://id.safely.yahoo.com.

Rujukan ini ditujukan bagi orang tua, pendidik, dan anak muda dengan isi tentang topik-topik penting, seperti mengelola reputasi digital, mencegah terjadinya pelecehan di dunia maya (cyber-bullying), dan belajar mengurangi risiko pada peranti bergerak.

Di Indonesia, Yahoo! bekerja sama dengan lembaga ICT Watch (http://internetsehat.org). Mereka akan berkolaborasi sepanjang tahun dalam mengadakan beberapa aktivitas untuk mengedukasi publik mengenai pentingnya keamanan di dunia maya.

Sejumlah tips penting yang hari ini Yahoo! sampaikan antara lain :

  1. Pertimbangkan sebelum mengirim posting. Bagaimana Anda menampilkan diri sendiri secara online, seperti cara Anda bermain game, berbagi foto dan teks, desain avatar, dan apa yang Anda miliki dalam profil, semuanya menegaskan siapa jati diri Anda. Berinvestasilah pada citra online Anda.
  2. Bermainlah secara sportif. Game virtual bisa jadi menyenangkan, namun ingat untuk tetap menghargai pemain lain. Jika Anda tidak mau melakukan sesuatu di lapangan, jangan lakukan hal yang sama di online.
  3. Ambil tindakan dan laporkan pelecehan. Jika Anda hanya diam dan menonton, tertawa, atau tidak melakukan apapun ketika menyaksikan pelecehan terjadi, Anda menjadi bagian dari masalah tersebut. Ambil peluang untuk menciptakan perubahan positif.
  4. Bagilah senyum dengan telepon Anda. Apa yang Anda tulis dalam SMS adalah cermin diri Anda. Pikirkan baik-baik apa yang Anda katakan sehingga Anda percaya diri bahwa teks Anda mencerminkan diri Anda secara tepat.
  5. Tarik diri dan berhubunganlah dengan dunia nyata. Kita hidup di dunia digital tanpa henti, namun jangan lupa untuk sesekali menarik diri. Keluar dan berinteraksilah dengan teman-teman Anda di dunia nyata.

Mulai hari ini dan seterusnya, marilah berinternet secara lebih hati-hati dan bertanggung jawab.