agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Wajah Baru WordPress 3.2 (code name: Gershwin)

Bertepatan dengan ulang tahun kemerdekaan Amerika Serikat (4/7) kemarin, WordPress mengeluarkan rilis terbarunya yaitu versi 3.2 dengan code name Gershwin. Rilis kali ini didedikasikan untuk mengenang komposer dan pianis terkenal George Gershwin. Diumumkan oleh Matt Mullenweg yang memimpin proyek ini, WordPress 3.2 ‘Gershwin’ memberikan desain dashboard yang benar-benar baru dan berbeda.

Fokus utama pada rilis kali ini adalah membuat WordPress lebih cepat dan lebih ringan. Hal pertama yang akan Anda lihat saat Anda login ke rilis 3.2 adalah desain dashboard yang terasa berbeda dengan penguatan di tipografi, desain, dan kode pendukungnya. Tema standar juga sudah berganti menjadi Twenty Eleven. Diperkuat dengan teknologi HTML5, tema ini cocok dengan target awal dari proyek ini yaitu mengenalkan tema baru tiap tahunnya agar tampilan tidak membosankan.

Mode baru untuk menuliskan posting yang diberi nama ‘Zen‘ juga disematkan pada rilis kali ini, dengan konsep fading pada setiap tombol dan elemen interface yang memungkinkan pengguna untuk berkonsentrasi secara penuh pada penulisan. Coba Anda klik pada mode Toogle Full Screen untuk merasakan sensasi baru dalam menulis dengan tampilan yang berbeda.

Semua widget, menu, tombol, dan elemen antarmuka diberi nuansa fade yang memungkinkan Anda untuk menulis dan mengedit tulisan anda dalam lingkungan yang benar-benar bersih dan kondusif untuk menulis, tetapi ketika mouse Anda arahkan ke bagian paling atas layar maka akan muncul menu dimana Anda bisa keluar dari mode full screen.

Setelah saya mencoba WordPress 3.2 ini, tidak bisa disangkal kalau rilis kali ini adalah rilis terbaik yang pernah saya pakai, dan membawa beberapa perbaikan yang sangat dibutuhkan. Dijelaskan juga bahwa setelah Anda melakukan update ke rilis 3.2, Anda akan melihat di update pertama Anda bahwa WordPress hanya akan memperbarui file yang telah diubah pada setiap rilis terbaru, bukan setiap file dalam instalasi WordPress Anda, yang membuat update secara signifikan akan lebih cepat pada semua platform hosting.

Meskipun begitu, tidak semua perubahan dapat berjalan pada versi WordPress Anda. Ada sesuatu hal dapat menyebabkan beberapa masalah bagi mereka yang melakukan upgrade dari rilis yang lebih tua. Selain itu, dukungan untuk PHP4 dan versi MySQL sebelum versi 5.0 kini telah dihapus sama sekali, sedangkan antarmuka Admin tidak lagi bisa beroperasi di Internet Explorer 6.0.

Ayo…segera update versi WordPress Anda ke rilis terbaru, dan rasakan perbedaannya 🙂

Untuk melihat perubahan apa saja yang sudah dilakukan pada WordPress 3.2 ini, silahkan ke sini.

Previous

Aplikasi Tandingan Google+ (plus) dari Facebook – “Circle Hack”

Next

Google+ (Plus) Terbuka Untuk Umum

3 Comments

  1. wah daku masih setia dengan 3.1 nih ….

  2. Memang betul mas, saya saja sampai kaget..
    Salam kenal ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer