agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Microsoft Launching Jejaring Sosial Mereka Sendiri Dengan Kode “Tulatip”

Keberhasilan Facebook dan Google+ (Plus) dalam “kancah” jejaring sosial rupanya membuat Microsoft mau tidak mau harus mengikuti untuk mengembangkan layanan ini. Microsoft baru-baru ini merencanakan untuk meluncurkan jejaring sosial mereka sendiri dengan nama SOCL.com. Proyek ini diberi nama sandi “Tulatip” untuk kalangan internal Microsoft. Perusahaan itu (Microsoft) dengan sengaja menampilkan halaman depan dari layanan jejaring sosial mereka yaitu “Tulatip” pada domain socl.com. Berikut ini adalah screenshot dari “Tulatip”.

Pada halaman depan dari “Tulatip” di jelaskan bahwa dengan Tulalip Anda dapat menemukan apa yang Anda butuhkan dan berbagi apa yang Anda ketahui dengan lebih mudah dari sebelumnya. Di bawah teks ada adalah kumpulan beberapa gambar wajah pengguna seperti pada Windows Phone 7.

Selain itu, pada sisi sebelah kanan ada tombol dari Facebook Connect dan Twitter yang merujuk ke fakta bahwa Microsoft tidak berencana untuk merancang mekanisme login sendiri untuk jejaring sosial ini, malah akan mengandalkan akun Facebook dan Twitter untuk tujuan login dan pendaftaran user.

Tapi tidak lama setelah itu, Microsoft menghilangkan halaman depan dari website tersebut dan diganti dengan teks yang menyatakan bahwa Tulalip hanya sebuah proyek desain internal dari Microsoft Research. Di bawah ini adalah teks yang muncul pada halaman SOCL.com.

Thanks for stopping by.

Socl.com is an internal design project from a team in Microsoft Research which was mistakenly published to the web.

We didn’t mean to, honest.

Keberhasilan besar dari Google+ (Plus) telah membuat Microsoft untuk berpikir ulang terhadap strategi mereka pada media sosial dan rencana untuk memulai sebuah proyek baru di sekitar sudut jejaring sosial yang akhirnya menghasilkan “Tulatip”.

Lalu, Kenapa Harus Tulatip ?

Hingga saat ini tidak jelas mengapa Microsoft memilih nama Tulalip untuk proyek tersebut. Menurut Wikipedia, Tulalip adalah sekelompok penduduk asli Amerika dari negara bagian Washington barat di Amerika Serikat yang sekarang diakui secara federal sebagai Suku Tulalip dari Reservasi Tulalip.

Sumber : Tom Cheredar

Previous

Google+ Hangout Vs Facebook Video Chat — Siapa Yang Lebih Unggul ?

Next

Themes Gratis WordPress : Edisi 2011 (Bag.1)

6 Comments

  1. dea

    kenapa kita gak bikin jejaring internal juga? bukan cuma kalangan dosen, tapi semua karyawan… ^^V

    • Ya, sepertinya itu ide yang bagus sekali. Tapi sekali lagi SDM utk membangunnya yang harus mumpuni. Kalau seperti saya, yaa tunggu dulu…saya kan cuma newbie

      • dea

        ok… saya tunggu soft launching nya…. 😀
         
        btw… tulatip jadi inget produk kecantikan, apa masih sodaraan ya? 😛

  2. Trembezy

    Ini Microsoft bener-bener mau bikin jejaring sosial kayak facebook atau Google+ ya? Kebanyaken jejaring sosial bikin bingung….
     
    Btw, artikelnya top! jadi tau info terbaru!

  3. kalau daku tetep ke G+ saja boss… kalau ke tulalit enggak deh

    • Hahahaha…waduh mas, koq jadi tulalit ?mas nareswara ini bisa aja guyonan’e.

      Terima kasih mas sudah mampir 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer