agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Menikmati Suasana Desa Nelayan di Babakan, Pangandaran

Menikmati suasana pedesaan kini menjadi salah satu jenis wisata populer, karena cocok untuk mengurangi penat akibat kepadatan kota. Jika ingin berwisata ke pedesaan sekaligus memberi kontribusi pada penduduk lokal, desa wisata adalah solusinya. Pangandaran memiliki Babakan, desa nelayan yang tidak hanya menawarkan suasana damai dan menyenangkan, tetapi juga kegiatan wisata modern yang cocok untuk semua umur.

Pamgandaran

(sumber : mediapangandaran.com)

Panorama Kehidupan Desa di Babakan

Desa Babakan berlokasi di dekat Pantai Bulaksetra (Basisir Cileutik) dan Pantai Timur Pangandaran. Desa ini merupakan gerbang masuk ke Pangandaran, sehingga mudah diakses oleh wisatawan. Babakan terdiri dari lima dusun, yaitu Karanggedang, Bojongsari, Kamurang, Bojongkarekes, dan Kalapatiga. Kelima dusun ini berlokasi di dekat pantai, dan sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan.

Panorama Desa Babakan menghadirkan suasana asri yang mampu menghilangkan kepenatan. Anda bisa melihat penduduk desa melakukan kegiatan harian, mulai dari membuat gula merah, menjemur ikan dan udang, membuat kerajinan tangan, hingga bertani. Jika Anda merindukan suasana damai di tengah rutinitas perkotaan yang semakin menekan, hanyut dalam atmosfer pedesaan seperti ini sangat membantu.

Desa Babakan juga dekat dengan berbagai tempat wisata, seperti pantai, pusat konservasi hutan bakau, serta pusat oleh-oleh. Pantai Bulaksetra adalah tempat wisata lokal populer, serta menawarkan berbagai fasilitas untuk wisata pantai.

Rekomendasi Kegiatan untuk Wisatawan

Karena Babakan adalah desa wisata, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk melewatkan liburan. Berikut beberapa kegiatan populer di Babakan:

  • Naik sepeda dan berperahu di Bulaksetra
    Daratan Bulaksetra berlokasi di sebelah timur Desa Babakan, dan berlokasi tidak jauh dari tempat konservasi bakau. Anda bisa menyewa sepeda atau naik perahu untuk mengelilingi perairan di sekitar tempat ini.
  • Jalan-jalan keliling desa
    Desa Babakan memiliki jalan beraspal yang dikelilingi peopohonan dan kebun. Rumah penduduk di sekitarnya memiliki ciri khas berupa perahu yang tertambat di bagian belakang (jika lokasinya di dekat air). Berjalan-jalan di pagi atau sore hari sambil melihat aktivitas penduduk sangat cocok untuk mengisi album Instagram Anda.
  • Belajar tentang industri lokal
    Warga Desa Babakan tidak hanya mencari nafkah dengan melaut, tetapi juga dari produksi gula merah, ebi, ikan asin, dan berbagai kerajinan khas Jawa Barat. Ketika berkeliling desa, Anda bisa bertanya pada penduduk tentang proses pembuatan produk tersebut. Cocok untuk membuat jurnal video liburan yang unik.
  • Berkemah dan memancing
    Desa Babakan berlokasi di dekat Muara Cileutik, tidak jauh dari dermaga dan tempat nelayan setempat menambatkan perahu. Anda bisa membawa perlengkapan berkemah dan menginap di lahan terbuka dekat muara. Perairan di tempat ini juga cocok untuk memancing atau menangkap kepiting kecil (yuyu).

Bosan dengan tujuan wisata di perkotaan? Menjauhlah sebentar dari keramaian dan nikmati keasrian desa nelayan di Babakan.

Solusi Menginap di Pangandaran

Tertarik berkunjung ke Pangandaran? Airy Rooms menyediakan berbagai hotel murah di Pangandaran, dengan fasilitas lengkap dan harga terbaik. Anda bisa menemukan akomodasi dengan mudah karena jaringan Airy Rooms memiliki properti terbanyak di Indonesia. Nikmati segarnya AC, pancuran air hangat, dan air mineral gratis di dalam tiap kamar, dan bersantailah dengan TV layar datar, Wi-Fi, serta kasur bersih setelah lelah berwisata.

Airy Pangandaran

Lupakan kesulitan saat mencari hotel di pedesaan. Anda bisa memesan lewat aplikasi Android, Apple, atau situs Airy Rooms. Bayar kamar dengan kartu kredit atau transfer bank, dan Anda pun siap untuk menjelajah Desa Babakan di Pangandaran!

Previous

Mengakses Shared Folder Host di VMware

1 Comment

  1. Terima kasih banyak atas informasinya. Mudah-mudahan bisa main ke sana 🙂

Leave a Reply

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer