agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Membuat Single Installer Untuk Instalasi Beberapa Aplikasi Secara Bersamaan dan Otomatis

Bagi Anda yang bergelut dibidang komputer, pasti tidak asing dengan yang namanya instalasi program/aplikasi. Mungkin jika hanya melakukan instalasi satu atau dua aplikasi, mungkin tidak terlalu sulit. Tapi  bagaimana jika Anda ingin melakukan instalasi tidak hanya 1 atau 2 aplikasi, tapi banyak aplikasi ke komputer Anda. Biasanya, Anda akan perlu melakukan hal ini ketika Windows Anda baru saja ter-format atau Anda baru saja membeli komputer/laptop baru.

Kali ini saya ingin berbagi kepada Anda semua bagaimana caranya hanya dengan “single installer” kita bisa melakukan instalasi banyak aplikasi tanpa harus mempunyai satu per satu master dari aplikasi tersebut. Syaratnya hanya satu, komputer Anda harus terkoneksi ke internet terlebih dahulu.

Ninite

Ninite adalah salah satu web service yang bagus yang memungkinkan Anda untuk membuat single installer yang bisa disesuaikan untuk aplikasi beberapa freeware. Dengan membuat hanya single  installer, Anda dapat menginstal puluhan aplikasi favorit Anda hanya dalam satu langkah.

Untuk membuat installer, pertama Anda harus memilih aplikasi yang ingin Anda sertakan dalam installer Anda dari situs Ninite. Anda dapat memilih dari 89 pilihan perangkat lunak dari kategori seperti Web Browser, Messaging, Media, Imaging dan banyak lagi. Semua aplikasi yang disediakan disini adalah versi terbaru.

Setelah selesai dengan pilihan Anda, tekan tombol “Get Installer” tombol untuk men-download installer. Setelah download, jalankan installer. Installer akan menampilkan semua aplikasi yang dipilih pada jendela utama. Dari sini, Anda dapat duduk santai dan rileks dan biarkan Ninite menangani proses instalasi secara otomatis.

Semua aplikasi akan otomatis di-download dan diinstal ke direktori default pada sistem Anda. Ninite menginstal aplikasi dengan pengaturan default dan menon-aktifkan instalasi toolbar. Keren bukan?!

Ninite dapat berjalan pada sistem operasi Windows XP, Windows Vista dan Windows 7.

Allmyapps

Allmyapps adalah layanan berbasis web service yang memungkinkan Anda untuk membuat installer gratis yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Allmyapps mirip dengan Ninite. Yang membedakannya adalah bahwa Allmyapps menawarkan aplikasi freeware lebih banyak daripada yang ada di Ninite.

Ada lebih dari seratus aplikasi freeware populer yang bisa dipilih dalam Allmyapps dan enaknya semua aplikasi tersebut terdaftar dalam kategori. Browse kategori dan pilih aplikasi yang ingin diinstal di komputer Anda. Semua aplikasi favorit Anda akan ditambahkan ke daftar master aplikasi. Perhatikan aplikasi Internet Explorer 8, Avant Browser, Pidgin, TweetDeck, Yahoo Messenger!, dan Twitter sudah masuk ke daftar installer saya.

Bila daftar sudah siap, cukup klik tombol “Install” untuk memiliki semua aplikasi favorit Anda. Tapi sebelum itu, Anda harus mendaftar menjadi member, lalu men-download dan menginstal Allmyapps Secure Installer pada PC Anda. Semua software dalam daftar aplikasi Anda akan dimuat di jendela Secure Allmyapps Installer utama. Klik I accept the Allmyapps Terms Of Service dan kemudian klik tombol Install untuk mulai menginstal aplikasi untuk PC Anda.

Error diatas muncul mungkin karena koneksi internet saya yang berada di belakang proxy. Jadi kalau koneksi Anda langsung konek internet, tanpa melalui proxy, sepertinya proses instalasi akan baik-baik saja.

Jadi, jika Anda perlu menginstal puluhan aplikasi setelah Windows ter-format ulang atau baru saja membeli komputer/laptop baru, Allmyapps adalah salah satu pilihan terbaik. Hal ini membuat instalasi perangkat lunak menjadi mudah!

FreeApps

Pada halaman awal FreeApps, Anda dapat melihat daftar aplikasi yang ditawarkan, diletakkan di bawah kategori seperti browser, anti virus & firewall, anti-spyware, sistem utilitas, perangkat lunak perkantoran dan banyak lagi. Semua dari mereka adalah freeware dan telah diuji bebas dari virus dan spyware.

Langkah sederhana yang perlu Anda lakukan adalah memilih aplikasi favorit Anda dan aplikasi yang di-rekomendasikan dari daftar aplikasi yang ditawarkan. Perhatikan : bahwa beberapa aplikasi termasuk instalasi toolbar (sayang sekali fungsi ini tidak di-disable). Jadi hati-hati untuk aplikasi dengan tanda “*“.

Jika Anda sudah memilih aplikasi favorit Anda, maka daftar tersebut akan ditambahkan ke daftar master aplikasi. Setelah itu, klik tombol “Get Installer” untuk men-download aplikasi installer (Freeapps-setup.exe) ke komputer Anda.

Setelah download, jalankan installer. Installer adalah sebuah program kecil yang akan mendownload dan menginstal aplikasi yang dipilih. Untuk memulai proses, Anda harus terlebih dahulu menentukan direktori instalasi untuk aplikasi. Aplikasi yang dipilih kemudian akan ditampilkan pada layar. Setiap program di-download dari internet dan diinstal dalam program yang dipilih.

Jika aplikasi yang Anda pilih ternyata sudah ada pada PC Anda, maka FreeApps akan memberikan status kalau aplikasi tersebut akan di-skipped. Silahkan mencoba FreeApps.

Smart Installer Pack

Konsep yang ditawarkan oleh Smart Installer Pack hampir sama seperti Ninite, Allmyapps, atau FreeApps. Tetap membutuhkan koneksi internet untuk proses instalasinya. Perbedaannya kalau di Smart Installer Pack, aplikasi sudah dibundel dengan satu set aplikasi yang berjumlah 52 aplikasi (saat ini) yang populer dan umum digunakan seperti Google Chrome, Firefox, Winamp, WinRAR, Adobe Reader, Adobe Flash Player, OpenOffice.org, CCleaner dan banyak lagi.

Syaratnya Anda harus download terlebih dahulu installernya, jalankan, baru Anda memilih aplikasi yang Anda inginkan. Oleh karena itu, ukuran installernya mencapai 22MB karena adanya gambar dan pilihan aplikasi.

 

Penutup

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana cara melakukan instalasi banyak aplikasi hanya dengan  satu installer. Dijamin akan lebih cepat dan mudah karena semuanya sudah berjalan secara otomatis. Tetap jangan lupa, Anda membutuhkan koneksi internet untuk melakukan proses ini. Seberapa cepat proses instalasi tentunya juga dipengaruhi oleh koneksi internet Anda.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Previous

Tombol Baru Untuk “Follow” Dari Twitter

Next

Indosat Mobile, Jawaban Bagi Pengguna Dengan Mobilitas Tinggi

2 Comments

  1. roby

    bagaimana dengan membuat single instaler tanpa koneksi internet dengan asumsi aku sudah mempunyai semua master aplikasinya……???? apa mungkin jika di gabungkan sekaligus dengan windwsnya. terima kasih

  2. sukri

    ini offline install ny kan gan
     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer