Bagi sebagian orang tidak masalah jika tak memiliki pulsa, asal internet atau paket data masih ada. Toh, kuota yang dimiliki sudah cukup besar dan bisa dilakukan untuk apa saja. Chatting, telepon, video call, berbagi gambar, video, hingga file pun kini mudah dilakukan hanya dengan memiliki akun di jejaring sosial.

Hampir semua jejaring sosial yang populer menawarkan fitur serupa. Perbedaannya hanya pada konsep, nama, desain, atau penambahan teknologi terbaru untuk tampak unik dan khas. Di antaranya ada Line, WhatsApp, BBM, Facebook, dan masih banyak lagi. Atau mungkin aplikasi-aplikasi yang kamu butuhkan sebagai penunjang kegiatan kamu.

Dengan fitur lengkap tersebut, bisa dipahami jika banyak pengguna Android bisa hidup tanpa pulsa, tapi tidak sanggup jika tidak ada kuota internet. Apakah kamu salah satu yang memiliki pemikiran serupa?

Jika ya, kamu perlu tahu bahwa saldo pulsa itu sangat penting, sama halnya dengan paket data. Kamu perlu memiliki keduanya di smartphone pribadi dan jangan diremehkan. Kenapa? Ini Alasannya :

Saldo Pulsa

Sumber gambar: HuffingtonPost.it

Ketika Jejaring Sosial sedang Bermasalah

Adakalanya jejaring sosial mengalami masalah yang diakibatkan oleh jaringan internet, masalah operator, hingga kondisi smartphone yang error. Di saat seperti ini kamu hanya memiliki paket internet dan tidak ada saldo sama sekali. Lalu, tiba-tiba kamu butuh cepat untuk menghubungi teman, rekan, klien, atau keluarga.

Panik, bingung, hingga kesal bisa saja dirasakan, ketika hal ini terjadi. Tapi semua itu tidak akan terlalu bermasalah jika kamu punya pulsa. Dengan kata lain, kamu punya alternatif untuk tetap bisa berkomunikasi dan tidak terlalu mengandalkan jejaring sosial. Alternatif yang biasanya sangat berguna di saat genting dan membuatmu tetap nyaman.

Tidak Semua Orang Menggunakan Jejaring Sosial

Mungkin terdengar ‘jadul’, tapi faktanya tidak semua orang menggunakan dan akrab dengan jejaring sosial. Jadi, tidak semua teman, rekan, klien, atau keluarga yang bisa diajak komunikasi lewat jejaring sosial. Kamu butuh SMS atau telepon manual yang mengandalkan pulsa untuk menghubungi orang tertentu.

Kondisi lainnya bisa karena perbedaan penggunaan jejaring sosial. Contohnya kamu menggunakan WhatsApp, sedangkan temanmu memakai Line. Komunikasi tidak bisa dilakukan, jika berbeda jejaring sosial. Solusinya tentu mengandalkan cara manual yang memotong pulsa. Jika kehabisan tinggal mengisi ulang di sini untuk pulsa Simpati Loop.

Gengsi di Saat Genting

Punya smartphone baru dan canggih, tapi tidak punya pulsa itu bisa jadi gengsi tersendiri. Apalagi di depan gebetan atau orang penting lainnya. Misalnya kamu sedang bertemu gebetan, klien, atau orang penting lainnya. Lalu, di saat itu mereka sedang kesulitan berkomunikasi karena kuota dan saldo pulsa habis. Ingin hati menawarkan bantuan, tapi smartphone sendiri juga tidak memiliki pulsa.

Nah, agar tetap aman dan nyaman di kondisi tak terduga ini pastikan kamu memiliki pulsa. Jika kehabisan jangan panik, karena kamu bisa membeli via online. Gerai online seperti Traveloka menawarkan kemudahan isi ulang saldo dengan cepat dan harga hemat untuk berbagai operator. Tak terkecuali Simpati Loop yang merupakan perdana baru dari Telkomsel.

Memperlancar Akses hingga Transaksi Online

Ada sejumlah akses atau transaksi online yang biasanya membutuhkan pulsa. Misalnya, mengakses m-Banking tertentu, membeli aplikasi, dan sebagainya. Untuk memperlancar aktivitas-aktivitas tersebut, kamu perlu memastikan ada saldo di smartphone.

Aktivitas-aktivitas online, yang tetap membutuhkan dukungan manual untuk konfirmasi dan validasi. Tujuannya demi keamanan, keakuratan, dan kenyamanan pengguna sendiri. Apalagi bila aktivitas tersebut berkaitan dengan uang.

Lupa Perpanjang Paket Internet

Ketika paket internet habis dan lupa melakukan perpanjangan, biasanya pulsa akan tersedot untuk tetap bisa online dan terkoneksi. Kondisi yang sebenarnya membuat kita merugi, tapi bisa jadi nyawa cadangan di saat tidak tepat.

Misalnya kamu sedang meeting dan kehabisan kuota. Sisa pulsa yang dimiliki bisa jadi kesempatan singkat untuk mengisi ulang paket data secara online. Cara cepat yang mudah dan simpel di lakukan kapan saja, di mana saja, dan dalam kondisi apa saja.

Untuk itu, ada baiknya kamu membagi bujet bulanan untuk mengisi pulsa dan paket data masing-masing. Keduanya sama penting dan sama-sama dibutuhkan untuk menunjang komunikasi di era masa kini.