agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

IE9 Akan Di Rilis Microsoft 14 Maret 2011

Internet Explorer 9 akan di rilis pada tanggal 14 Maret 2011. Pengumuman ini secara resmi telah dikeluarkan oleh Microsoft pada situs Windows Team Blog pada tanggal 9 Maret 2011. Jadi bisa dikatakan bahwa rilis final IE 9 ini hampir satu setengah tahun setelah browser ini pertama kali didemokan pada launching Windows 7 di bulan Oktober 2009.

Internet Explorer 9 adalah browser Microsoft yang di desain ulang secara besar-besaran. Dari segi tampilan diambil konsep minimalis, yang memberikan ruang lebih bagi pengguna untuk browsing. Tampilan ini diperkuat dengan penggunaan satu baris tunggal untuk URL dan search, seperti gaya Google Chrome, dan menempatkan tab browser dalam baris tunggal tersebut.

Menurut Tony Bradley, PCWorld, ada 5 alasan kenapa kita perlu mencoba browser IE 9.

  1. Pinned Sites
    IE9 ini akan menggeser fokus dari browser web, dimana memperlakukan web sebagai perpanjangan tangan dari PC dan memperlakukan website lebih seperti aplikasi. Dan seperti aplikasi, website yang sering dikunjungi dapat di “pinned” pada taskbar Windows 7.
  2. Enhanced Tabs
    Dengan fungsi tab, Anda bisa membuka dan melihat beberapa halaman web pada satu waktu. Pada IE9, Anda bisa menarik keluar tab tersebut dan menjadikannya sebagai browser yang terpisah. Anda juga melakukan “drag and drop” tab tadi ke halaman utama dan ada kode warna yang bisa mengidentifikasi dengan mudah halaman yang berhubungan satu sama lain.
  3. Download Manager
    Fungsi ini termasuk baru di IE9. Dengan fungsi ini, Anda bisa menelusuri file apa saja yang sudah download, dan bisa membantu mengingatkan apabila file yang Anda bisa file mungkin  berbahaya. Di Firefox, fungsi ini sudah lama ada.
  4. Tracking Protection
    Intinya fungsi ini berguna untuk membatasi komunikasi data pelacakan dan untuk melindungi privadi Anda.
  5. Hardware Acceleration
    IE9 sudah didukung oleh akselerasi perangkat keras grafis yang berguna untuk meningkatkan kinerjanya dalam streaming video atau game online. Tapi syaratnya, PC Anda harus memiliki GPU (Graphics Processor Unit) yang terpisah, sehingga mampu memberikan akselerasi yang tinggi.

Syarat lain sebelum Anda mencoba browser ini adalah Internet Explorer 9 membutuhkan minimal Windows Vista (SP2 atau terbaru) atau Windows 7. Jadi untuk pengguna Windows XP, sepertinya hanya cukup sampai IE8 atau IE9 RC. Karena IE9 adalah produk Microsoft yang hanya diperuntukkan untuk sistem operasi Windows, maka pengguna Mac OS X dan Linux tidak bisa menggunakannya (kecuali Anda punya cara khusus untuk mengakalinya 😉 ).

Diantara berbagai kelebihan yang diberikan oleh browser ini, tentunya nanti pasti ada kekurangan yang harus kita maklumi. Karena tidak hanya IE (Internet Explorer) saja yang mempunyai kelebihan dan kekurangan, tetapi browser apapun juga pasti memilikinya. Semuanya kembali ke diri Anda kembali, cocok dengan browser yang mana.

Anda tertarik mencoba browser ini ? silahkan tunggu rilisnya pada 14 Maret 2011.

Baca juga : 12% Pengguna Di Dunia Masih Menggunakan IE6

Previous

12% Pengguna Di Dunia Masih Menggunakan Internet Explorer 6

Next

Memainkan Game Angry Bird Di Windows

3 Comments

  1. Wes nyoba mas??

  2. wah info yang bagus kang.. aku baru tau.. thanks atas infonya kang!! salam kenal!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer