agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Google+ (Plus) Terbuka Untuk Umum

Google+ (Google Plus) adalah layanan jejaring sosial dari Google yang saat ini sedang bersaing secara “head-to-head” dengan Facebook, situs jejaring sosial yang sudah sangat populer. Google+ diluncurkan pada tanggal 28 Juni 2011 sebagai fase percobaan dengan konsep “invite only“. Awalnya, pengguna yang sudah bergabung diizinkan untuk mengundang teman-teman mereka, meskipun akhirnya kemampuan untuk mengundang teman ini segera ditangguhkan karena sudah menjadi permintaan yang tidak masuk akal.

Tapi bagaimana bisa sebuah layanan jejaring sosial akan sukses jika orang yang ingin menggunakannya tidak memiliki cara untuk mendaftar pada layanan ini, dan tidak dapat mengundang teman-teman mereka ke jaringan yang sama? Bahkan, Google ‘sebelumnya’ telah gagal dalam mensosialisasikan jejaring sosial mereka, diantaranya Google Buzz dan Orket.

Melihat banyaknya respon terhadap layanan mereka, Google merasa perlu untuk melakukan perubahan terhadap konsep “invite only” yang sudah mereka terapkan, seperti yang Google+ lakukan sekarang adalahΒ  membuka layanan ini untuk umum. Ini berarti Anda hanya perlu membuka halaman http://plus.google.com/ untuk bergabung dan mengaktifkan Google+ dengan akun Google. Tidak perlu lagi undangan untuk bisa bergabung dengan Google+. Anda hanya memerlukan akun Google (atau akun Gmail) untuk bergabung, atau Anda dapat dengan mudah membuat account Google di https://www.google.com/accounts/, meskipun pada halaman tersebut tidak ada link untuk mendaftar ke layanan Google+.

Pada saat Anda melakukan registrasi ke Google+, tentunya Anda harus memasukkan data-data diri Anda sebagai info dari profil Google+, yang mana pengguna yang sudah bergabung juga masih mempunyai hak untuk mengundang teman-teman mereka untuk terhubung ke layanan Google+.

Perhatikan juga bahwa tidak selalu Anda bisa melihat tanda pendaftaran dari Google+ ini (di mana terkadang tampilannya bisa berubah ke bentuk “Keep Me Posted“). Ini mungkin salah satu cara Google untuk menawarkan pendaftaran secara random untuk menghindari masuknya pendaftaran dalam jumlah besar secara tiba-tiba. Jadi selamat mencoba dan terus mencoba.

Tips: Anda mungkin perlu logout dari account Google Anda terlebih dahulu sebelum mengunjungi plus.google.com untuk melihat tampilan dari pendaftaran Google+.

Google+ memiliki beberapa fitur unik yang membedakannya dari jejaring sosial lainnya (yang mungkin bisa melebihi atau mengalahkan Facebook). Beberapa fitur dari Google+ antara lain :

  • Circles yang berguna untuk mengorganisir daftar teman Anda ke dalam kelompok-kelompok tertentu untuk berbagi informasi (yang mana Facebook juga mengeluarkan tandingan dari Circle ini dengan nama Circle Hack).
  • Huddle yang sejatinya adalah group chat, dimana seperti Anda menggunakan fitur conference pada Yahoo! Messenger.
  • Hangouts yang hampir mirip dengan Huddle tapi yang ini menggunakan fitur video.
  • Instan Upload untuk menyimpan foto atau video dari album pribadi Anda untuk tujuan berbagi. Koleksi foto atau video ini akan tetap berada di Google+ dalam kondisi private sampai Anda memutuskan akan di ‘share’ dengan siapa.
  • Sparks dimana adalah kumpulan koleksi artikel, foto, video, atau konten lain yang dikelompokkan berdasarkan kesukaan Anda.
  • Streaming yang mirip dengan News Feed dari Facebook atau Wall untuk melihat update dari teman.

Sudah tidak sabar bergabung dengan Google+ ? Inilah saatnya. Dan jangan lupa, “circle”in saya juga di sini. *hehehe, ini idiom baru buatan sendiri πŸ™‚

Previous

Wajah Baru WordPress 3.2 (code name: Gershwin)

Next

Google+ Hangout Vs Facebook Video Chat — Siapa Yang Lebih Unggul ?

9 Comments

  1. harisorlando

    orlandoharis219@googlemail.com

    invite ane gan

  2. dhita

    bisa minta tlg invite?
    dhita.irma@gmail.com
    thx πŸ™‚Β 

    • Sudah saya invite. Silahkan cek email Anda. Jika masih belum sampai, memang terkadang butuh waktu.

      Terima kasih sudah mampir di blog ini πŸ™‚

  3. adiant

    invite saya dong gan di adiantaja@gmail.com aku tunggu ya gan makasih

  4. adiant

    makasih gan

  5. Abah

    Saya tunggu undangannya ke G+, Terima kasih sebelumnya

  6. Sekarang bisa langsung daftar loh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer