Site icon agungprasetyo blog's

EPrints Free Theme for EPrints Branding

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi semuanya… Semoga pembaca blog saya ini selalu diberikan kesehatan yang prima, kesuksesan, dan selalu dalam lindungan Alloh S.W.T..Aamiin

Kali ini, saya ingin berbagi tentang proses pembuatan theme yang saya buat untuk EPrints. Bagi yang belum tahu, EPrints adalah software repositori yang biasanya digunakan untuk mengelola hasil-hasil karya ilmiah agar dapat terdokumentasikan dengan baik.

Selain itu, saya akan memberikan theme ini secara gratis bagi para pengguna EPrints yang ingin memiliki tampilan berbeda dengan theme yang diberikan secara standar, sehingga secara tidak langsung, bisa meningkatkan branding terhadap repositori institusi.

Untuk beberapa lembaga yang sudah mengimplementasikan EPrints, tentunya secara default tampilan yang didapatkan adalah seperti dibawah ini.

Theme standar EPrints

Selain itu, theme diberikan juga belum responsive sehingga kurang menarik jika EPrints dibuka di gadget yang berukuran kecil.

Sekitar tahun 2014, saya berinisiatif untuk membuat tampilan theme EPrints untuk institusi saya agar sedikit berbeda. Tapi ternyata, proses merubah theme EPrints tidak semudah yang dibayangkan. Karena bahasa pemrogramannya yang berbasis Perl dan saya benar-benar tidak memahami bahasa ini sama sekali. Meski agak lama, akhirnya selesai juga theme buat EPrints, meskipun yang ini masih belum responsive.

Desain EPrints Theme

EPrints Free Theme

Kali ini, saya membuat theme ini dengan model 2 kolom, dimana sidebar disebelah kiri dan konten disebelah kanan. Jika standarnya menu berada diatas memanjang secara horizontal, maka theme ini saya buat vertikal.

Tampilan Menu User

Perubahan lain yang saya buat adalah memindah urutan menu user setelah login. Jika theme default, urutan menu adalah Manage Deposits, Logged in as, Manage Records, maka di theme ini saya buat Logged in as, Manage Deposits, Manage Records.

EPrints Free Theme : How to Download

Untuk download theme ini, anda bisa unduh langsung dari EPrints Bazaar. Bagi yang masih bingung, ikuti cara berikut.

  1. Login ke halaman EPrints Anda
  2. Klik menu Admin > System Tools > EPrints Bazaar
  3. Lalu tekan Ctrl + F, dan cari kata APW. Harusnya ketemu dengan judul APW theme for EPrints Branding (free) – version 0.0.1
  4. Klik tombol Install pada sebelah kanan
  5. Ada konfirmasi file terinstall
  6. Jika masih belum muncul, coba klik Admin > Config. Tools > Reload Configuration

Update (19.11.2017)

Setelah ada beberapa teman yang sudah mencoba dan themenya belum muncul, sepertinya dikarenakan EPrints yang akan diinstall theme baru sudah memiliki template di directory /eprints3/archives_name/cfg/templates dan beberapa file .css yang berada /eprints3/archive_name/cfg/static/style/auto/zzz_local.css. Jika seperti ini, otomatis theme dari manapun akan tertutupi dengan file ini. Silahkan coba rename folder tersebut atau pindahkan dulu ke komputer lokal, dan coba lagi untuk install theme ini. Karena Saya sudah coba hampir 10x percobaan, jika theme EPrints-nya masih standar, seharusnya langsung muncul.

Update (09.06.2019)

Beberapa waktu lalu, Saya kurang tahu kenapa, EPrints bazaar menampilkan theme ini sebanyak 3 (tiga) macam. Selain itu, ketika melakukan klik pada tombol Install, theme tidak langsung terinstall. Mungkin ada perubahan konfigurasi di EPrints Bazaar, sehingga proses instalasi theme tidak bisa otomatis.

Nah, banyak sekali pertanyaan ke Saya baik via email, whatsapp, hingga di YouTube bagaimana cara mengaktifkan theme yang sudah terpasang. Untuk prosesnya, silahkan ikuti panduan berikut ini.

  1. Login ke halaman EPrints Anda
  2. Klik menu Admin > Config Tools > View Configuration. Kemudian klik pada cfg.d > branding.pl
  3. Lalu klik edit config file, hilangkan tanda # dan rubah dari $c->{theme} = ‘green’; menjadi $c->{theme} = ‘apw_themes’; dan setelah itu klik tombol Save Changes.
  4. Kemudian klik Admin > Config. Tools > Reload Configuration.
  5. Hapus juga cache/cookies dari browser untuk menampilkan theme terbaru.

Jika belum muncul juga, silahkan komen dibawah..kita cari solusinya bareng-bareng 🙂

Semoga bermanfaat

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Exit mobile version