“For the past 33 years, I have looked in the mirror every morning and asked myself: ‘If today were the last day of my life, would I want to do what I am about to do today?’ And whenever the answer has been ‘No’ for too many days in a row, I know I need to change something.”

STEVE JOBS

Kutipan kata-kata diatas di sampaikan oleh Steve Jobs ketika memberikan pidato di depan mahasiswa Universitas Stanford (12 Juni 2005) yang mana menegaskan bahwa manusia itu tidak akan hidup abadi. Manusia pasti akan mati, tinggal menunggu tempat dan waktu yang tepat.

Lalu, selama menunggu kematian yang waktunya sudah pasti, apakah kita mau memberikan yang terbaik untuk diri kita atau orang lain? itu semua kembali ke pribadi kita masing-masing. Intinya jangan sia-siakan waktu kita yang terbatas dengan hanya menjadi pribadi yang tidak mau berubah.

Dalam kehidupan ini, kadang kita harus membuat suatu keputusan yang sangat berat untuk memulai sesuatu proses pembaharuan. Kita harus berani dan mau membuang semua kebiasaan lama yang mengikat, meskipun kebiasaan lama itu adalah sesuatu yang menyenangkan dan membuat kita nyaman.

“Orang-Orang Yang Takut Perubahan Biasanya Adalah Mereka Yang Sangat Takut Menghadapi Risiko-Risiko Kehidupan Yang Tidak Mereka Kenal.”

DJAJENDRA

Janganlah takut dengan suatu perubahan, karena perubahan bukanlah musuh kita. Singkirkan perasaan itu dan fokuskan energi Anda ke dalam kreatifitas kehidupan untuk hal-hal yang lebih produktif. Banyak orang akhirnya mengalami kondisi “kemacetan” dalam hidupnya hanya karena mereka tidak mau berubah.

Pastikan kita mampu menghilangkan perasaan takut kepada hal-hal baru yang belum terbiasa. Saat hal-hal baru tersebut menjadi terbiasa, kita secara otomatis akan dapat menyesuaikan diri dengan semua perubahan yang terjadi.

~ END ~

Out of topic but still rellevant…

Perubahan tidak hanya terjadi di kehidupan, tetapi penampilan di blog inipun juga beberapa kali mengalami perubahan (ga lebay loh ini). Setelah hampir 4 tahun menggunakan themes hasil karya sendiri, akhirnya bulan desember 2015 ini memberanikan diri untuk berubah dengan menggunakan themes baru dari Anders Norén.

Perubahan ini tentunya tidak langsung berjalan dengan lancar. Banyak hal yang harus di “hilangkan” dan di “tambah”. Konsekuensi ini tentunya menjadi sesuatu yang wajar dari setiap perubahan yang saya lakukan. Mau tidak mau, saya harus menghadapinya dgn sedikit demi sedikit melakukan perubahan dari setiap konten yang ada.

Semoga perubahan ini membawa sesuatu yang lebih baik dan bermanfaat bagi semua.