agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Aplikasi Tandingan Google+ (plus) dari Facebook – “Circle Hack”

Setelah kemarin saya menulis tentang Google+ dengan berbagai fitur baru yang “bakalan” bisa menandingi Facebook dalam layanan jejaring sosial, ternyata beberapa insinyur Facebook telah membuat aplikasi baru, yang disebut “Circle Hack” yang memungkinkan pengguna Facebook untuk mengatur daftar teman-teman mereka dengan cara yang sama seperti pada fitur “Circles” dari Google+.

Dengan fungsi dari Circle Hack yang sama seperti Circles — meskipun secara tampilan agak berbeda — siapapun yang sudah mengenal Google+ pasti bisa mengoperasikan aplikasi ini.

Karena Google+ secara teknis masih tertutup untuk publik, saya akan memberikan kepada Anda bagaimana cara kerja dari Circle Hack ini: masuk ke situs Circle Hack, klik “login” pada tombol biru, di mana Anda harus login ke Facebook (jika Anda belum melakukan login sebelumnya). Anda kemudian akan diminta untuk mengizinkan aplikasi untuk mengakses informasi di Facebook.

Dari sana, Anda akan dibawa ke halaman sederhana, yang terbagi atas bagian atas dan bagian bawah. Pada bagian atas, akan ditampilkan masing-masing daftar teman Anda. Sedangkan di bagian bawah adalah tempat dari Circle Hack ini berada. Jika Anda sudah pernah membuat Friend List, maka akan muncul daftar teman yang sudah pernah Anda buat. Jika memang belum pernah membuat, maka tampilannya akan kosong dan hanya ada lingkaran kosong yang berada pada pojok kiri bawah. Untuk memasukkan teman pada Circle Hack ini, cukup klik setiap teman yang ingin Anda tambahkan ke grup. Kotak kontak mereka akan menyala biru. Setelah Anda memilih semua orang yang Anda ingin masukkan, cukup lakukan klik, tahan dan seret pada lingkaran yang Anda inginkan.

Jika Anda sudah memasukkan teman Anda pada lingkaran kosong di pojok kiri bawah, maka berikan nama dengan klik Create list. Untuk menambahkan teman lagi, cukup ulangi langkah-langkah diatas.

Setelah saya mencoba aplikasi Circle Hack ini, saya menemukan beberapa kelemahan. Pertama adalah pada setiap lingkaran, daftar teman yang ditampilkan hanya berjumlah 12. Sedangkan jika kita ingin menghapus atau memindahkan teman kita ke lingkaran yang lain, maka kita harus menghapus terlebih dahulu beberapa teman sampai kita menemukan teman yang ingin hapus atau pindah.

Kelemahan kedua adalah dari aplikasi ini kita hanya bisa menambah atau mengurangi teman dan tidak bisa menghapus daftar teman yang sudah kita buat. Misalkan saya membuat lingkaran baru dengan nama “Teman Baru”, maka daftar ini hanya bisa saya hapus dari Facebook.

Kesimpulannya, Circle Hack ini menyederhanakan proses pembuatan daftar teman atau Friend List dari Facebook, yang jika Anda lakukan dari Facebook harus melakukan beberapa proses untuk membuat sebuah daftar teman. Meskipun kurang sempurna, apa yang sudah Facebook – atau setidaknya beberapa insinyur ini lakukan untuk menyaingi Google+ adalah hal serius, dan mereka (Facebook) harusnya segera menyadari hal ini.

Previous

4 Alasan Kenapa Google+ (Plus) Akan Melebihi Atau Mengalahkan Facebook

Next

Wajah Baru WordPress 3.2 (code name: Gershwin)

2 Comments

  1. boss…. aku di invite ke G+ dong …. thank you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer