agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Apa Itu Alexa ?

Alexa!?? duhh…kalau kita ngomongin situs satu ini pasti gak ada habisnya. Berbagai tips dan trik untuk meningkatkan rangking di alexa sudah diulas oleh banyak orang. Bahkan begitu pentingnya rangking di alexa, sampai-sampai ada tips/trik yang sama yang di copas (copy paste) di beberapa website, sampai saya sendiri bingung apa gak ada tips/trik lain untuk bisa naikin rangking kita di alexa ini.

Alexa…Buat Apaan sih??

Buat beberapa orang, pasti sudah paham untuk apa alexa ini, tapi ada juga beberapa temen-temen kita yang belum ngerti fungsi dan kegunaan alexa itu, khususnya untuk kelangsungan hidup website yang kita miliki. Jadi ijinkan saya mengulas sedikit tentang “apa itu alexa“.

Menurut wikipedia, alexa adalah anak perusahaan dari amazon.com, yang dulunya dikenal dengan toolbar dan website. Lambat laun, situs ini berubah menjadi situs yang mengumpulkan data tentang perilaku browsing yang selanjutnya akan dianalisa untuk menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan berbagai aspek pendukungnya.

Oleh karena itu, bagi kebanyakan orang, adalah kebanggaan kalau mempunyai rangking tinggi di alexa, meskipun menurut Kila Morton, perhitungan di alexa kurang akurat. Selain kebanggan pribadi, alexa juga dijadikan acuan oleh beberapa perusahaan atau badan organisasi untuk menilai seberapa bermutu website yang kita miliki. Misalnya adalah webometrics, yang merupakan situs yang membuat perangkingan perguruan tinggi dunia, yang salah satu perhitungannya berdasarkan rangking di alexa.

Alexa…Penting Gak Sih??

Kalau menurut saya, ini tergantung tiap individunya. Kalau memang dirasa dengan meningkatkan rangking di alexa bisa meningkatkan nilai jual website kita, yaa rasanya penting juga. Tapi kalau merasa tanpa alexa-pun website saya bisa exist, ya gak masalah. Hanya saja kita perlu memikirkan, dengan perkembangan internet seperti saat ini, jika kita tidak berusaha untuk lebih baik, tentunya lambat laun website kita akan tersisih, meskipun itu website/blog pribadi. Seperti misalnya blog saya yg masih dalam urutan 2 jutaan… 🙁

Anda mungkin ingin meningkatkan Alexa rank karena pengiklan, networkers iklan menggunakannya sebagai ukuran untuk menentukan popularitas website/blog anda. Jadi, jika anda adalah seseorang yang menghasilkan uang dari iklan, anda pasti ingin meningkatkan rangking alexa.

Menurut seobook dalam salah postingan “Apakah Alexa Relevan di Tahun 2010”, dijelaskan meskipun alexa bukanlah no 1 dalam bidang ini, tetapi mereka memberikan layanan yang lebih baik dengan fasilitas gratisnya. Apalagi pada bulan Maret 2009, Alexa.com mengalami desain ulang lengkap dengan metrik baru termasuk : Pageviews per User, Bounce Rate, dan Time on Site dan pada minggu-minggu berikutnya mereka menambahkan fitur baru termasuk Demografi, Clickstream dan Search Traffic stats. Tentunya dengan penambahan fasilitas ini, kita lebih diuntungkan karena kita bisa mengetahui demografi pengunjung dari website/blog kita.

Nah, dengan kata “Gratis” dan “Menguntungkan” ini, apa anda tidak tertarik ??? 🙂

Alexa…Bagaimana Meningkatkan-MU??

Saya yakin, sudah banyak dari kita membaca artikel bagaimana meningkatkan rangking/peringkat kita di alexa. Dari berbagai website/blog yang saya baca ( saya gak copas loh, cuman mereview ulang ^_^ ), saya tuliskan lagi beberapa cara menaikkan rangking kita di alexa, yaitu dengan cara melakukan instalasi toolbar alexa di browser kita, memasang widget alexa di website/blog kita, menulis artikel tentang alexa (spt yg saya lakukan skrng 🙂 ), atau bahkan menginstall script khusus. Masalahnya, dari sekian banyak tips/trik tersebut, apakah bisa menjamin bahwa rangking website/blog kita akan naik??

Dari beberapa kunjungan ke website/blog yang mempunyai nilai alexa tinggi, bisa disimpulkan untuk bisa meningkatkan rangking di alexa selain dengan cara diatas, anda seharusnya :

  1. Update konten. Yaa…update konten. Usahakan setiap hari anda rajin untuk mengupdate konten website/blog anda. Minimal 2 artikel per hari agar website/blog anda tidak monoton dan pengunjung anda tidak bosan dengan konten yang “itu-itu” saja.
  2. Bookmark Sosial, atau bahasa kerennya Social Bookmarking. Daftarkan situs anda pada situs social bookmarking dan update konten anda ke situs tsb.
  3. Blogwalking. Rajin-rajinlah mengunjungi website/blog orang lain. Selain kita bisa tambah temen, kita bisa ngasih komentar terhadap postingan tertentu dan yang pasti kita bisa nitip link 🙂
  4. Kreatif. Buatlah postingan/artikel yang selalu baru. Jangan copas mentah-mentah milik orang. Kalau terpaksa, buatlah modifikasi agar artikel tidak seperti milik orang lain.
  5. Belajar Menulis. Mungkin aneh ya…tapi memang menulis itu ada aturannya. Bukan main asal tulis, tapi ikuti juga aturannya. Karena dengan belajar menulis, tentunya postingan/artikel kita akan lebih enak dibaca.

Alexa…Ready..Go!

Dengan penjelasan dan beberapa tips diatas, saya tidak berharap anda akan men-dewa-kan alexa, tapi coba lihat ada ke-ter-peluangan disitu. Dengan fasilitas gratis yang ditawarkan, tugas kita hanya “harus aktif”. Istilah orang jawa “kok duwe barang, yo kudu gelem ngopeni” atau “kalau punyabarang/sesuatu, ya harus mau merawat”, apapun itu tidak terkecuali.

Semoga sharing saya ini bisa bermanfaat buat kita semua, dan saya tunggu komentar teman-teman semua.

Semoga bermanfaat.

Previous

Memindah Nama Dan Lokasi Default Stylesheet WordPress

Next

Tips Mengamankan dan Mempercepat Blog WordPress Anda

10 Comments

  1. Iwan

    Artikel yang menarik…thanks 🙂

  2. kalau yang niatnya membagi ilmu.. berapa pun alexanya tak masalah.

  3. Manstab Artikelnya…

  4. rg

    thanks mas infonya….mw ja2l juga klo blog saya yg baru seumur jagung ada di ranking brp y??hohoho ksh mskn bwt blog ane y mas http://www.like-english.co.cc

  5. gan ene mo nanya ni, knp ya Blogspot ma .com lebih cepetan .com terindek ke google? padahal kalo ane itung2 lebih banyakan blogspot yang ane Add url ke google.. , mohon sarannya gan…

  6. mantap gann,,, kumjumgi juga dund blog saya ya http://anggapranidhana.blogspot.com/ maaf kalo isinya kurang menarik ya baru beberapa hari mosting lagi… 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer