agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Ada Apa Dengan Repositori Ubuntu Intrepid Ibex ???

Sebenarnya ini berawal dari pengalaman pribadi yang beberapa bulan lalu utak-atik server ubuntu dan kebetulan versinya 8.10 atau dikenal dengan Intrepid Ibex. Setiap kali saya melakukan perintah “apt-get install” aplikasi tertentu, system selalu memberikan pesan error bahwa aplikasi tidak ditemukan. Saya berpikir pasti ada masalah di repository server yang konfigurasinya berada di /etc/apt/sources.list. Apa lagi itu repository? Mengutip dari linuxguide, Repository adalah tempat atau lokasi penyimpanan untuk arsip-arsip software (update/release), dimana software-software yang di arsip dapat didownload dan bisa langsung digunakan dengan menginstall oleh user(pengguna OS).

Setelah itu, saya coba mengganti isi dari file sources.list dengan beberapa file konfigurasi lainnya, seperti milik Ubuntu Indonesia, Kambing UI dan UGM. Tetapi semuanya masih menampilkan pesan error yang membuat saya bingung, apakah ini karena koneksi internet saya yang bermasalah atau memang semua server repository sedang mengalami gangguan.

Akhirnya…at last…finally… 🙂 hari ini pas membaca tulisan dari rekan Budiwijaya/logB, dan ketika saya membutuhkan suatu aplikasi tambahan,otomatis saya melakukan perintah apt-get install yang pastinya tidak akan berhasil karena error repository. Setelah meng-“ubek-ubek” mbah google, saya menemukan thread tentang status Intrepid Ibex yang ternyata sudah “mati” atau tidak termasuk dalam release yang tersedia di Ubuntu. Pada salah satu situs ubuntu, ternyata pada daftar release yang ditampilkan tidak tampak versi ubuntu 8.10/Intrepid Ibex.

Setelah saya ubek-ubek situs ubuntu, release 8.10/Intrepid Ibex sudah dimasukkan ke dalam old-release. Dari sini akhirnya saya bisa mengambil kesimpulan bahwa server repository yang berada pada file sources.list tentunya harus berubah.

Akhirnya saya mencoba mengganti konfigurasi yang ada pada file sources.list dan ternyata berhasil. Semua perintah apt-get bisa berjalan dengan normal dan tidak menunjukkan pesan error lagi.

Bagi rekan-rekan yang mempunyai permasalahan seperti saya, silahkan gunakan konfigurasi untuk file sources.list pada Intrepid Ibex anda.

Setelah itu, jalankan :

sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade
sudo apt-get dist-upgrade
sudo apt-get clean all

Semoga tulisan ini bisa membantu anda yang mempunyai masalah yang sama dengan saya.

Semoga bermanfaat

Previous

Tindakan Pencegahan Titanic

Next

DocVerse + Google = Google Cloud Connect for Microsoft Office

5 Comments

  1. Sebaiknya tidak menggunakan ubuntu yg termasuk old-releases di productions. Karena telah masuk di old-release, maka tidak ada security update.

    Saran untuk penggunaan production, pakailah yg tipe LTS. Di kantor pake 6.06 sampe sekarang masih ada security updatenya.

    Support untuk LTS server sampai 5 tahun. Meminimalkan perlunya berganti OS, 5 tahun cukup lama untuk mengupgrade OS.

    –Budiwijaya

  2. Terima kasih pak sangat membantu karena tidak semua Hosting VPS menggunakan Linux terbaru.

  3. andry

    Terimakasih, sangat membantu sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer