agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

4 Alasan Kenapa Google+ (Plus) Akan Melebihi Atau Mengalahkan Facebook

Anda penyuka jejaring sosial ? Apakah Anda sudah punya akun di Facebook dan Twitter ? Jika iya, berarti Anda perlu mencoba layanan jejaring sosial terbaru yang ditawarkan oleh Google, yaitu Google+. Kalau beberapa waktu lalu Google mengeluarkan layanan Google +1 (plus one) untuk menyaingi “Like” dari Facebook atau “Follow” dari Twitter, dengan munculnya Google+ ini, Google secara terang-terangan akan menyaingi Facebook dan Twitter dari sisi layanan jejaringan sosialnya.

Sementara Facebook, dengan 700 juta pengguna, dibuat untuk menghubungkan dengan orang sebanyak yang Anda bisa dapatkan melalui daftar permintaan teman, sedangkan Google + bertujuan untuk mendefinisikan kembali cara orang terhubung secara online dengan membiarkan pengguna membuat berbagai kelompok yang lebih kecil , yang disebut dengan “Circles” yang mana memungkinkan orang untuk berbagi informasi dan konten dengan hanya teman atau kolega mereka pilih.

Berikut adalah 4 alasan kenapa Google+ akan bisa menyaingi atau mengalahkan Facebook

Tidak Menggunakan Metode “Satu Pesan Untuk Semua”

Facebook memperlakukan semua “teman” dengan derajat yang sama. Dengan kata lain, Anda bisa memiliki hubungan dengan seseorang yang sudah lama Anda tidak temui dan Anda approve sebagai teman, sama seperti halnya Anda memiliki hubungan dengan pasangan Anda atau teman sebaya Anda.

Tidak demikian halnya dengan Google+. Dengan Google+, Anda bisa membuat “Circles” atau kelompok-kelompok yang terpisah untuk kenalan online Anda, dan kemudian posting pesan terpisah untuk setiap kelompok. Misalkan Anda ingin mengadakan acara makan-makan dengan 4 sahabat dekat Anda, maka tinggal membuat posting untuk ke-4 sahabat Anda. Teman Anda dalam kelompok lain tidak akan melihat posting tersebut.

Fitur Sparks

Salah satu fitur Google+ adalah Sparks, yang menggabungkan kekuatan pencarian Google dengan jejaring sosial. Dengan kekuatan dari mesin pencari Google, Sparks mengelompokkan artikel blog, berita, dan video sesuai dengan interest Anda. Bila Anda ingin berbagi semua itu dengan orang lain, tinggal klik Share, dan Anda dapat berbagi dengan ‘lingkaran’ Anda.

Terintegrasi Dengan Semua Layanan Google

Jika Anda menggunakan beberapa layanan Google, maka semuanya itu bisa terhubung dengan Google+ Anda. Percakapan Anda yang bisa muncul di Gmail, sharing foto dari Picasa yang bisa dilakukan dari Google+, terhubung dengan Google Talk dan pastinya inovasi-inovasi Google selanjutnya akan terhubung di Google+.

Cocok Untuk Pengguna Mobile

Tidak seperti Facebook, Google+ dari awalnya dibangun dengan mengusung konsep mobile. Sehingga dapat bekerja jauh lebih baik dengan smartphone Anda. Anda dapat mengirim SMS ke kelompok Anda melalui fitur “Huddle“. Meng-upload foto dan melakukan geotagging pada foto Anda. Atau Anda juga bisa mendapatkan pesan setiap ada aktivitas baru di Google+ Anda.

– Kesimpulan –

Dari beberapa kelebihan ini, menunjukkan Google+ benar-benar siap bersaing dengan facebook dalam layanan jejaring sosial. Dan jika Anda sudah mulai bosan dengan Facebook atau Twitter, sepertinya mencoba Google+ adalah pilihan terbaik untuk merasakan sensasi layanan terbaru dari Google ini.

Previous

5 Alasan Menggunakan Browser Firefox 5

Next

Aplikasi Tandingan Google+ (plus) dari Facebook – “Circle Hack”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer