agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Android N

Android N Itu Bernama Nougat

Melanjutkan tradisi penamaan versi Android yang selalu berhubungan dengan sesuatu yang manis dan makanan, akhirnya secara resmi Android N diberi nama Android Nougat.

Selama ini, orang mengenal Android versi 7.0 ini dengan nama Android N. Karena masih belum mempunyai nama yang resmi, maka Google-pun mengumumkan bahwa publik bisa mengirimkan saran/ide untuk nama Android mereka yang terbaru ini. Kalau saya baca dari beberapa blog, banyak sekali nama yang diberikan untuk Android N ini. Beberapa contoh nama yang saya lihat adalah Napoleon, Nut Brittle, Nachos, Nori, Nougat, Noodles dan Neopolitan Ice Cream.

Setelah beberapa waktu publik melakukan polling untuk Android versi 7.0 ini, Nougat menjadi salah satu nama yang paling populer, diikuti oleh Nerds dan Nutella.

Android N (Nougat)

Lalu, apa sih Nougat itu? kalau saya kutip dari wikipedia :

Nougat adalah sebuah permen yang terbuat dari gula atau madu, kacang panggang (badam, kenari, pistachio atau hazelnut, namun bukan kacang tanah) dan beberapa buah kering. Nougat dapat berbentuk lunak atau keras tergantung bahan yang dipakai, nougat juga dipakai sebagai isi batang permen atau cokelat.

Ada dua macam nougat: putih dan cokelat. Nougat putih dibuat dari putih telur yang dikocok sampai halus, sedangkan nougat cokelat (Perancis: Nougatine) terbuat dari gula yang menjadi karamel dan memiliki tekstur keras, kadang garing.

Nougat berasal dari bahasa Prancis, orang Italia menyebutnya Torrone, sedangkan orang Spanyol menyebutnya Turron.

Sepertinya, saya belum pernah makan makanan Nougat ini. Yaa mungkin karena saya belum pernah ke luar negeri 😛 . Tapi kalau melihat dari bentuknya, dan melihat dari beberapa referensi makalan di Indonesia, Nougat ini “mungkin” bisa disamakan dengan enting-enting gepuk. Nah, kalau ini saya pernah makan. Rasanya maniss dan enakkk banget… (woiii..puasa woii…)

Nougat Enting-enting Gepuk

Enting-Enting Gepuk. – sumber: Widha Karina – kompasiana

Nah, setelah kita tahu nama resmi dari Android N, sekarang pertanyaannya, fitur apa saja yang dibawa oleh Android Nougat ini?

Android N developer preview sendiri memang sudah dirilis pada 9 Maret 2016, sehingga beberapa developer sudah mencoba fitur-fitur terbaru yang ditawarkan oleh Android versi 7.0 ini. Beberapa fitur yang ada di Android Nougat ini adalah adanya dukungan terhadap VR (Virtual Reality) DayDream yang bisa digunakan dengan smartphone yang sudah “DayDream-Certified”.

Selain itu, adanya dukungan Quick Switch layaknya fungsi Alt+Tab di PC sehingga dapat beralih antar aplikasi lebih cepat. Lalu penambahan fitur di bagian notifikasi, tema untuk keyboard dimana fungsinya kita bisa memilih warna, menambah atau menghapus batas antara tombol, bahkan bisa memasang photo sebagai background, kereen…

Android Nougat juga memiliki compiler JIT baru, yang menurut Google akan meningkatkan daya tahan baterai, membuat aplikasi menjadi lebih kecil ketika sudah diinstall, dan menjadikan smartphone 75% lebih cepat.

Jadi, tunggu saja rilis stabil dari Android Nougat untuk smartphone kita. Biasanya via OTA. Kalau smartphone-nya sudah dalam kondisi di-root, ya tinggal nunggu aja custom rom Android Nougat di XDA Developer (y)

Semoga bermanfaat.

Previous

Dropbox Hentikan Dukungan Untuk Windows XP

Next

Memasang Audio Modding (Harman Kardon – Boom Sound – JBL) di HTC One M8

1 Comment

  1. Haha Makasih Infonya, Baru tau ane Nama android ini Heheh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer