agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Pengalaman Berinternet di Kota Tahu – Kediri

Tanggal 9 april 2009 kemarin yang bertepatan dengan Pemilu Legislatif, aku manfaatkan untuk berlibur di kediri. Pas tgl 10-nya juga tgl merah, sedangkan sabtu dan minggu libur kerja…jadinya cocok… libur panjang nih..hehehe

Dari Sidoarjo berangkat sekitar jam 07.30 WIB karena nunggu istri ikutan coblosan. Ternyata di sepanjang perjalanan, lalu lintasnya gak terlalu padat. Mungkin karena banyak orang yang sudah pulang “mudik” sebelum tgl 9 april. Sampai di kediri agak siang, karena memang jalur yg ditempuh tidak jalur luar kota, tapi lewat pagu pamenang.

Sore harinya, karena sudah gak sabar utk ngetes internet di beberapa titik free hotspot, akhirnya aku langsung meluncur ke SLG (Simpang Lima Gumul). Kawasan ini sekarang sudah menjadi ikon baru kota kediri, jadi kalau pas malam minggu, waahh..ramainya minta ampun.

Beberapa hari sebelumnya, aku sudah berusaha browsing utk mencari lokasi-lokasi free hotspot yg bisa aku jamah coba. Sudah menemukan beberapa tinggal ngetes aja. Percobaan pertama di SLG tapi aku mengambil lokasi yg agak jauh, cuman dapat 2 bar dari 5. Setelah aku coba utk connect, akhirnya nyambung, tapii… tidak bisa buat akses internet. Ya udah, pikirku mungkin krn aku terlalu jauh dari pusat SLG. Percobaan selesai.


Pulang dari SLG, aku langsung meluncur ke alun-alun sekalian minum STMJ di depan hotel Bismo bareng saudaraku. Ternyata disana juga ada hotspot, tapi utk connect saja susahnya minta ampun. Ok… pikirku mungkin krn habis ada pemilu jadinya semua bandwidth dilarikan utk ngurusi itu, ya gak tau bener atau gak.. hehe. Habis minum STMJ yg seger plus 1 telor ayam kampung…kita langsung pulang… capek sih…

Besoknya, percobaan dilanjutkan kembali. Kali ini bareng anak istri. Aku ke SLG lagi tapi langsung menuju ke bangunan utamanya. DIsana ternyata ketemu dengan beberapa orang yg mencoba “peruntungan” akses hotspot. Aku bertanya ke salah satu orang yg berusaha mencoba akses, dan dia bilang kalau jaringannya ada, tapi gak bisa utk akses internet. Jadi percobaan pertama hari sebelumnya bukan karena terlalu jauh, tapi emang aksesnya yang bermasalah. Sempat juga aku tanyakan ke petugas SLG, katanya memang beberapa hari ini akses hotspot di SLG lagi bermasalah, dan sudah dilaporkan ke pihak Telkom Kediri. Tapi hingga hari itu, belum ada perbaikan. Kata petugasnya “Mungkin senin sudah bisa mas….”. Lah.. senin kan sudah pulang pak…. πŸ™

Selanjutnya, aku langsung menuju ke Pasar Raya SriRatu. Aku sempat baca disini juga ada akses hotspot. Aku menuju ke lantai paling atas, lantai permainan anak. Karena ramai, kusuruh istriku utk ngajak si kecil bermain, sedangkan aku ngetes wifi. Koneksinya lumayan gede, 3 bar dari 5. Koneksi terhubung dan aku lihat ada received data… “wah…akhirnya bisa internetan” pikirku. Ternyata… pas loading website, halaman awal langsung menuju website telkom yg intinya harus bayar dulu (prepaid) bla..bla..bla…

“yaa..sama juga boong nih…”. Ternyata harapan berinternetan gratis pupus sudah…Tapi tidak mau putus asa… habis dari SriRatu, perjalanan pulang tidak lupa mampir ke POO utk beli krupuk upil, Gethuk Gedang dan Kripik Welut. Setelah itu langsung meluncur ke Taman Sekartaji. Disana juga terdapatΒ akses hotspot, tapi utk connectnya lumayan cepet. Tapi hasilnya nihil… tetap gak bisa utk akses internet.

Karena sudah capek hampir seharian di jalan dan sikecil juga sudah mulai rewel (krn sudah ngantuk), akhirnya pulang ke rumah.

Nah, itu laporan percobaan akses internet di kediri. Mungkin juga pas hari itu memang akses internet di kota kediri lagi bermasalah, jadinya gak ada yg bisa konek. Tapi siapa tahu hari ini…???
Keponakan pernah bilang kalau akses hotspot di SLG juga lumayan lancar, jadi sepertinya hari itu memang bukan hari keberuntunganku.. hehehe…

Jika sudah ada yg pernah coba hotspot di kediri dan berhasil.. sharing juga donk…

Previous

Cara Membuat Sub Domain Dengan Virtual Host (vhost) di Ubuntu 8.10

Next

Download file torrent dari Ubuntu (text based)

18 Comments

  1. parah banget yo hotspot neng kotaku… πŸ˜€

    makanya aku tetep mengandalkan koneksi triji…..

    belum tertarik njajal hotspot, padahal dah punya wifi usb dongle, tp blom pernah dipake…. πŸ˜€

    • wah… Kediri juga termasuk kota saya juga loh.. hehehe
      Kalau di mall-mall mungkin parah mas, tapi kalau di SLG mungkin gak. Kemarin pas aku nyoba itu setelah aku tanyakan ke petugasnya, dia bilang kalau memang beberapa hari itu koneksi wifi di SLG lagi error. Sudah dilaporkan ke Telkom Kediri, tapi waktu itu belum ada respon. Kurang tahu lagi kalau skrng, mungkin sudah bisa.
      Kalau 3G, ya pasti OKE mas… hehehe. Di Kediri, 3G-nya pake apa mas? Rumah ibu aku di Gampengrejo kantor polisi. Apa mungkin didaerah situ dapet koneksi 3G. Antara Flash, IM2 dan yg lainnya bagus mana mas?

  2. telkom mah slalu begitu kang….. (kata orang2 sich) πŸ˜€

    triji yg ada di kediri indosat ama telkomsel,

    xl kayaknya ada tapi sinyal triji nya lemah sekali di daerahku,

    shg gak bs nangkep, mungkin harus pasang antena luar dulu ya…. πŸ˜€

    im2 lom pernah nyoba tuh….

    ditunggu laporannya kang….. πŸ˜€

  3. sekedar menambahkan kang,

    isunya sekolah2 jg punya hotspot sendiri, seperti SMKN 1 / STM dan SMEA di jl veteran.

    kantor depdikbud di deket pom bensin semampir juga katanya ada hotspotnya, tp gak tau free apa enggak… πŸ˜€

  4. Wah, kalau 3G di kediri indosat dan telkomsel, brarti flash bisa donk. tapi bulanannya itu ya. Apa gak coba yg pake Smart D120p? kapan hari sempat ngetes, lumayan cepet koq aksesnya. Masalahnya hp-nya pinjeman..hehehe

    Wifi di sekolah? iya. Beberapa hari yg lalu sempat baca blog siapa gitu klu di kediri di SMA yg deketnya taman sekartaji itu ada free wifinya..tapi ya belum dicoba seh.

  5. smart yg bukan evdo katanya cukup lemot…. πŸ˜€

    sma deket taman sekartaji itu sman 1, mungkin memang ada hotspot nya, soalnya dia kan punya kelas sekolah standart internasional, yg bawa2 leptop gitu… πŸ˜€

  6. eko

    ada lho hot spot. Coba aja di Warung Lesehan SUSUN. jl Imam Bonjol 252 Kdr. Itu lho setelah kuburan / pom bensin Ngadisimo trs ketimur dikit sebelumdealer motor Bajaj. Warunnya nyaman, lesehan ada penykat di tiap meja, jadi klo lagi hot spotan bs lbh privacy. Trus nggak ada resiko di todong preman klo malam hari. Makan dan minuman jg lengkap, a ada aneka jus, capucino sampe kopi cethe tulung agung Waris. Mo nonton bola liga Inggris jg ada fasilitas parabola. hrga menu Kaki Lima, kenyamanan tempat bintang lima.

    .

  7. joko

    ak jg pernah kesitu. Sebelah selatan jalan setelah Sablon Rajawali. Ak k situ waktu sewa studio musik yg juga fasilitan di lesehan SUSUN. Menurutku paling cocok buat mojok, seperti d Taman Sekartaji tapi jauh lbh bersih dan aman.

  8. @eko:wah, makasih banget ya. akhirnya ada t4 lesehan yg cocok utk makan dan main ngenet pake hotspot. Jadi ga rugi kalau pulang ke kediri bawa laptop. padahal sabtu kemarin abis dari kediri, tapi masih bingung juga harus main hotspot dimana. harga makanan & minumannya terjangkau kocek kan? takutnya krn ada wifi-nya jadi agak mahal ntar, hehehehe….

    @joko:makasih juga inponya. ini mesti anak bank band nih, hehehe. sepertinya kalau taman sekartaji itu suasananya terlalu suram banget. jadi ngerasa kurang nyaman. apalagi kalau pas bawa keluarga. Kalau lesehan SUSUN kondisinya gak terlalu suram kan?

    • candrakediri

      iya kok. saya juga pernah kesana. asik kok tempatnya, gak suram. malahan lebih enak dari sekartaji dan lebih aman. menunya juga terjangkau. saya pernah lihat sekilas menu disana dimulai dengan harga Rp2500an. disana juga ada tempat buat ngumpul rame2 selain tempat berpenyekat. biasanya sih dipake anak2 klub ngenet atau organisasi gitu. untuk lebih jelasnya sih coba add aja facebooknya ‘Warung Lesehan Susun’. semoga membantu…

      • Wah..terima kasih lagi atas rekomendasinya pak. Jadi pingin segera nyoba warung lesehan ini. Mungkin pas liburan tahun baru bisa kesana..sekali lagi thx.

  9. sddaassdd

    di sma2 banyak yg free koq….
    biasa ke sman 2, mayan cepet…
    biasa dapet 100 kbpsan donlotnya…
    tapi cuma jam 6 pagi mpe 6 malem, ~_~

  10. Kenapa tidak scan dirumah saja?
    kan di daerah situ dah banyak?kalau anda berada di kota,
    antaralain : bambang-hotspot ada 3 lokasi yang kesemuanya free alias gratis.
    Ini aku berbagi daripada aku pake sendiri.dan hanya itu yang bisa ku perbuat.

  11. @bambang : wah…. bambang_hotspot ini di daerah mana pak? mungkin pak pulang bisa mampir. thx infonya

  12. bambang

    Allah nggak usah ngandalin hotspot…… kadang penyakitnya ya kambuhan kayak gitu n dah lagu lama bro………

    • hehehe..gitu ya. Memang kadang publik area di Indonesia itu beda dengan publik area di LN. Customer satisfaction itu prioritas, sedangkan disini hal itu bisa jadi nomer ke-1000 sekian kali ya…

      Gak tau kapan hal ini bisa berubah … kalaupun berubah, semoga saja bisa dari sampai top down.

  13. ditra

    di Neosalon GRATIS WIFI … pas nganterin temen nyalon,Β  bisa sambil internetan free, kenceng banget !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer