agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Pengalaman Mengurus Perpanjangan SIM di SIM Corner Tunjungan Plaza (TP) Surabaya

Pada tahun 2012, Saya pernah berbagi pengalaman tentang cara mengurus paspor secara online, dan kali ini, Saya akan kembali berbagi pengalaman Saya ketika kemarin melakukan perpanjangan SIM (Surat Ijin Mengemudi) di SIM Corner Tunjungan Plaza Surabaya.

Seperti biasa, Saya browsing dulu ke Mbah Google untuk mencari tahu seperti apa proses perpanjangan SIM di SIM Corner dan apa saja yang harus dipersiapkan. Karena yang jelas, ini kali pertama buat Saya ๐Ÿ™‚

Di Surabaya sendiri, ada 2 (dua) titik SIM Corner yang bisa dikunjungi. Yang pertama di Tunjungan Plaza (TP), dan satunya di Pakuwon Trade Center (PTC). Sedangkan untuk SIM Keliling, biasanya di Terminal Bratang, Taman Bungkul, Pro Clinic Darmo, dan Pasar Tambahrejo. Jadwal SIM Keliling ini belum pasti untuk setiap harinya, jadi kalau mau lebih pasti, buka aja halaman ditlantas poldajatim.

Ok, biar tidak panjang x lebar, langsung aja ke materi inti… (uwiikk, kaya kuliah aja..)

Persyaratan Pembuatan di SIM Corner

Dari beberapa blog yang Saya baca, menyebutkan tentang syarat-syarat yang harus dibawa ketika Kita melakukan perpanjangan SIM. Tetapi setelah mengalaminya langsung kemarin, Saya bisa bilang kalau penjelasan diblog-blog tersebut kurang detil. Jadi Saya akan memberikan informasi syarat-syarat apa yang harus dibawa ketika Kita melakukan perpanjangan SIM secara detil..til..til ๐Ÿ˜›

A. Surat Keterangan Sehat

Untuk syarat ini, hukumnya Wajib Ain. Ga pakai tawar-menawar. INGAT!! surat keterangan sehat ini wajib di lampirkan untuk tiap SIM yang akan diurus. Jadi, jika mengurus 2 SIM sekaligus, maka WAJIB mengurus 2 (dua) surat keterangan sehat…dan harus ASLI!!! tidak boleh di foto copy.

Usahakan juga mendapatkan surat keterangan sehat ini dari instansi yang kredibel, misalnya puskesmas atau rumah sakit. Lalu muncul pertanyaan apakah dokter pribadi atau dokter faskes I BPJS tidak bisa? Bisa saja, asalkan pada surat keterangan sehat tersebut diberi keterangan apa saja medical check up yang dilakukan,ย  karena petugas akan melakukan cek terhadap dokumen tersebut. Keterangan medical check up yang dimaksud adalah buta warna, tinggi badan, berat badan, tensi darah dan kejiwaan. Upss..yang terakhir abaikan ya ๐Ÿ™‚

Pengalaman Saya ketika menggunakan surat keterangan sehat dari dokter yang disediakan oleh perusahaan, tidak mencantumkan keterangan-keterangan diatas. Sedangkan dokter mengatakan ini sudah cukup. Ternyata ketika sampai sana, langsung di talak tolak oleh petugasnya karena tidak memenuhi syarat.

Nah, kalau seperti itu, bagaimana jika sampai sana Anda lupa membawa surat keterangan sehat? Tidak usah khawatir, karena ternyata disana juga tersedia dokter praktek yang sepertinya memang dikhususkan untuk keperluan pengurusan SIM ini.

Surat Keterangan Sehat versi Mall

Surat Keterangan Sehat versi Mall

Seperti keterangan diatas, per SIM yang dibuat dilampiri 1 surat keterangan sehat. Karena Saya akan melakukan perpanjangan SIM A & C, maka Saya membutuhkan 2 surat keterangan sehat. Biaya untuk pembuatan 1 surat keterangan sehat adalah Rp. 40.000,- x 2 SIM = Rp. 80.000,-. Jadi yang biasanya kalau ke puskemas biayanya skitar 17-20 ribu, ketika masuk mall, bisa naik hampir 100%. Jangan-jangan surat ini kena ongkos pajak juga… ๐Ÿ™‚

B. Fotokopi Dokumen

Untuk urusan ini, Saya juga sempat salah karena Saya hanya membawa 2 fotokopi untuk KTP, sedangkan SIM Saya tidak membawa fotokopi, karena Saya pikir SIM asli kan akan diambil oleh petugas. Akhirnya, terpaksa Saya harus ke gang sebelah Tunjungan Plaza, untuk mencari tempat fotokopi.

Letaknya sendiri berdekatan dengan puskesmas Kaliasin. Jadi kalau misalnya pembuatan surat kesehatan diatas terlalu mahal, bisa menuju puskemas kaliasin yang ada di gang sebelah TP.

Proses Pembuatan SIM di SIM Corner

Saya keluar kantor sekitar jam 9, dengan anggapan biasanya kan mall buka jam 10. Ketika sampai Tunjungan Plaza sekitar jam 9.30an, dan ketika lewat pintu parkir belakang, ada satpam yang berjaga karena mall belum buka. Alhamdulillah pikir Saya, karena berarti antrian belum ada, karena masuk aja belum boleh.

Ternyata oh ternyata..ketika sampai sana, antriannya sudah sekitar 15-20 orang. uWhattzz!! banyak banget yang sudah antri. Darimana orang-orang ini masuknya..lah wong Saya tadi saja tidak boleh masuk sama satpam. Jangan-jangan mereka ngasih uang pelicin beli tiket masuk. Atau mereka tahu pintu rahasia yang kaya di Alice and Wonderland…**hiyaaa..sudah mulai ngacoo nih tulisan…

Tetapi antrian sepanjang itu langsung berkurang karena masih banyak yang lupa membawa syarat seperti surat keterangan sehat dan fotokopi dokumen KTP dan SIM. Ada juga yang ternyata masa berakhirnya sudah melewati 1 hari, yang menurut peraturan harus buat SIM baru.

Setelah Saya mengurus surat keterangan sehat dan fotokopi SIM, Saya langsung antri. Tidak lama Saya menuju loket 1 untuk pengecekan kelengkapan dokumen. Setelah dicek tidak ada kesalahan administrasi, Saya diarahkan ke bagian asuransi. Disini saya membayar Rp. 30.000,- untuk per SIM. Totalnya adalah Rp.60.000,-.

Loket Pembayaran Asuransi

Loket Pembayaran Asuransi

Asuransi Kecelakaan Untuk SIM A, B, dan C

Asuransi Kecelakaan Untuk SIM A, B, dan C

Lalu pindah ke loket sebelahnya untuk membayar biaya perpanjangan SIM. Untuk SIM A Rp. 80.000,- dan SIM C Rp. 75.000,- dan totalnya adalah Rp. 155.000,-.

Loket Pembayaran SIM

Loket Pembayaran SIM

Setelah pembayaran dibayar kredit lunas, Saya diberi 2 formulir yang harus diisi. Formulirnya sama persis, hanya saja ada isian formulir ini untuk SIM A dan satunya untuk SIM C. Pengalaman Saya, lebih baik membawa bolpoint sendiri. Disana juga disediakan bolpoint, hanya saja harus bergantian dengan orang lain. Selain itu, tempat yang disediakan untuk menulis sangat kecil dan “uglak-uglik” kata orang jawa.

Untuk pengisian, sudah disediakan contoh yang tertempel di tembok. Lalu, formulirnya ada 2 halaman, jadi jangan lupa bagian belakangnya juga diisi. Setelah semuanya terisi, Saya menyerahkan formulir tersebut ke loket yang posisinya berhadapan dengan loket pembayaran. Selanjutnya Saya disuruh untuk menunggu panggilan foto. Saran Saya, gunakan baju berkerah dan berwarna agak terang. Jangan lupa lakukan facial wajah biar kelihatan ganteng/cantik ketika difoto…hehehe

Tidak beberapa lama kemudian, Saya dipanggil untuk foto dan tanda tangan digital. Setelah difoto, Saya disuruh untuk kroscek data dengan yang ada di layar monitor, apakah sudah benar atau tidak. Jika sudah, maka petugas akan melakukan foto final. Setelah selesai, Saya menunggu untuk penyerahan SIM. Tidak lama kemudian, SIM A dan SIM C Saya selesai dengan masa aktif 5 tahun kedepan. Sipp (y)

Jadi dari pengalaman Saya dari awal sampai akhir, bisa disimpulkan, sebenarnya proses pembuatan SIM di SIM Corner Tunjungan Plaza tergolong cepat. Jika misalnya Saya tidak berurusan dengan surat kesehatan dan fotokopi, mungkin tidak sampai 30 menit semua prosesnya bisa selesai.

Detil Pengeluaran :
Surat Keterangan Sehat via Dokter TP : 2 x Rp. 40.000,- = Rp. 80.000,-
Asuransi SIM A & SIM C : 2 x Rp. 30.000,- = Rp. 60.000,-
Biaya Perpanjangan SIM A & SIM C : Rp. 80.000.- + Rp. 75.000,- = Rp. 155.000,-
Total : Rp. 295.000,-

Kalau ada yang punya pengalaman lain ketika mengurus perpanjangan SIM, monggo share di kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Previous

Cek Status E-KTP Dispendukcapil Surabaya

Next

EPrints Free Theme for EPrints Branding

61 Comments

  1. Desy

    Kalo boleh tau utk dokter nya di sebelah mana ya? Udah disediakan di sim cornernya atau praktek diluar sim corner? Soalnya kmrn sempat mau ngurus sim di situ tp terkendala surat sehat krn setau saya sblm nya gak pake. Makasih infonya

    • Seperti pada postingan saya diatas, bisa ke puskesmas di gang sebelah TP, atau di dokter. Yang dokter ini, masih di dalam TP. Dari sim corner, Anda menuju arah sebaliknya. Lalu di pertigaan itu, Anda ke kanan..lurus saja arah ke TP 2. Nanti di pojokan sebelah kanan dokternya berada. semoga bermanfaat.

      • Desy

        Kalo puskesmas kayaknya sbt mgg gak buka dan gk sampe mlm ya mas. Soalnya saya bisa ngurus nya abis plg kantor. Mungkin akan di coba yg dokter dech. Makasih banyak sangat bermanfaat sekali..hehehe…

        • Klu utk dokter jam kerjanya, kmrn saya juga tidak memperhatikan mbak. Semoga saja shiftnya bisa sampai malam. Semoga lancar ngurusnya mbak.

  2. ste

    untuk potokopi KTP dan SIM lama perlu berapa biji? kalo ngurus 2 SIM apa semua harus di fotokopi?

    • Cukup 1x saja mas. Seperti di artikel saya diatas, karena saya ngurus 2 SIM, ya otomatis SIM 2-2nya harus di FC dan KTP juga 2x. Menurut saya…bawa lebih itu lebih baik mas ๐Ÿ™‚

  3. Desy

    Kalo puskesmas kayaknya sbt mgg gak buka dan gk sampe mlm ya mas. Soalnya saya bisa ngurus nya abis plg kantor. Mungkin akan di coba yg dokter dech. Makasih banyak sangat bermanfaat sekali..hehehe…

  4. saktian

    Di TP berapa dan dilantai berapa ya?

  5. Elin

    Bisa minta tolong diinfokan jam buka untuk SIM Corner di TP dari jam berapa sampai jam berapa ya?
    Thanks

    • Setahu saya Senin – Minggu mulai pukul 10.00-21.00 WIB. Tapi kalau malam ketika antriannya banyak, jam 20.00 sdh ditutup utk menyelesaikan antrian yg pas jam itu. Meski sebenarnya tutupnya jam 21.00. Jadi ya lbh baik sebelum jam 8 malam sdh masuk antrianlah.

  6. Ira

    Mas, sabtu buka ya yg di TP?

  7. soenanto

    mas, kalau sim nya mati 1 minggu apa bisa diperpanjang di corner ?

  8. sherly

    Emng wajib pake pakaian berkerah? Kl misalnya pake kaos biasa gt dilarang buat foto? Terima kasih.

    • Sebenarnya maksud saya untuk pakaian berkerah hanya lebih ke formalitas dan nilai kesopanan saja. Mngkn boleh-boleh saja pakai kaos, tapi untuk pembuatan identitas diri (SIM) dan nilai-nilai kepantasan, ya lebih baik jika kita sebagai pemohon SIM datang dengan pakaian rapi dan sopan. Semoga menjawab…IMHO

  9. Riani

    Maaf mas, kalo sim yg dr luar kota (jatim) apa bisa ya mengurus di TP jg?
    Terimakasih sebelumnya

    • CMIIW…setahu saya yang di sim corner TP hanya utk Surabaya saja. Kalau yang dari luar daerah…(maafkan jika salah), sepertinya di mobile corner spt yang di taman bungkul atau terminal bratang. Mungkin jika ingin mengurus, ketika datang, langsung tanyakan saja di mobile corner apakah bisa menerima dari luar kota. Takutnya, sudah terlanjur antri lama, ternyata pas bagian kita, ndak boleh disitu ๐Ÿ™ .

      • joko

        Mas perpanjangan sim boleh dilakukan berapa hari sebelum habis?

        • CMIIW
          Setahu saya 14 hari sebelum masa berlaku habis. 14 hari menurut saya waktu yang cukup untuk mempersiapkan semua persyaratan dan ngajuin cuti ๐Ÿ˜›

  10. Mia

    Mas kalo simnya udah lewat dri masa berlaku gmn ya? Bisa ngurus di sim corner gag?

  11. Yenny

    Bikin Asuransi kecelakaan untuk sim A atau C apakah wajib juga??makasii

    • CMIIW
      Saya tidak tahu secara pasti apakah ini wajib atau tidak, karena langsung diarahkan ke bagian asuransi. Mungkin nanti jika melakukan perpanjangan, bisa ditanyakan dan kalau tidak keberatan bisa komen lagi dibawah. Terima kasih

  12. Kartika

    Mas, kebetulan saya tinggal di luar kota. Untuk mempercepat proses, apakah boleh saya bawa surat keterangan sehat dari kota dimana saya berdomisili sekarang (pengurusan surat sehat 1 atau 2 hari sebelum tanggal ke SIM Corner). Terima kasih

    • CMIIW
      Sepertinya sih tidak apa-apa, tetapi surat sehatnya harus mencantumkan data seperti yg saya sebutkan diatas. Untuk pengurusan surat sehat bisa langsung kok…itu buktinya saya langsung jadi hari itu juga. Jadi misalkan sudah bawa surat sehat dari tempat domisili, ternyata ada yang kurang, yaa langsung bisa buat di dokter yang ada di SIM Corner TP.

  13. Masโ€ฆ Kan kalo hari sabtu ama minggu itu kan puskesmas tutupโ€ฆnah kalo yang di gang kaliasin puskesmasnya buka apa tutup kalo hari sabtu ama mingguโ€ฆ???
    Makasihโ€ฆ

  14. Kuncoro

    Mas.. kalau pengurusan SIM 1 bulan sebelum masa berlaku habis apa bisa? Soalnya waktu menjelang masa berlakunya habis saya tugas di luar kota..
    Makasih Mas.

  15. dinik suryandari

    mas.. kalo pindah alamat ttp bs perpanjang di sim corner kah ?

  16. Update terbaru gan…
    Ane baru kemarin perpanjang SIM, dan alhamdulillah, gak sampek 30menit malahan (tidak termasuk periksa dokter) karena tidak terlalu ramai (weekday pukul 19.30). Ane kebetulan udah siapkan fotocopy, jadi tinggal periksa dokter, trus langsung cus ke TKP. Di SIM Corner gak terlalu ramai gan, jadinya bisa langsung ambil formulir, bayar formulir dan asuransi, ngisi formulir gak sampek 5 menit, ngumpulin berkas dan abis gitu nunggu. Gak sampek 15menit udah dipanggil buat cap sidik jari, tanda tangan, dan foto. Lumayan jam 20.00 udah bisa jalan2 gan. ๐Ÿ˜€
    Terimakasih atas informasinya gan, ane malah lupa kalo ada di TP, padahal tiap hari pulang kerja lewat situ… ๐Ÿ˜€

  17. Bayu s dadi

    Makasih infonya broo

  18. Eka

    oiya mas, untuk biaya asuransi sebenarnya tidak perlu dikeluarkan, kmren tgl 18 Okt 2017 saya urus SIM C dan A, tapi saya tidak mau ikut asuransi cz banyak bapak” dan ibu” yg tidak ikut asuransi, jadi saya hemat 60.000 serta untuk surat dokter saya pake puskemas, alhamdulilah gratis (Pake BPJS) jadi hemat pula 80.000 hehehhe

  19. Pony

    Postingan mas Agung ini sangat bermanfaat u/ saya yg nanti sore mau mengurus perpanjangan SIM A & C di TP.
    Rencana saya sih mau pk atasan polo shirt berkerah, boleh kan ya? Asal kan berkerah..krn setau saya diwajibkan memakai atasan berkerah.
    Kemudian u/ surat keterangan sehat apa kudu detail ada hasil tensi gt? Sebab bbrp hari ini saya kecapekan, takutnya ketika ditensi malah hasilnya rendah wkwkwk
    Oke deh, nnt saya cb konsultasikan dengan dokter di klinik.
    Thank you ๐Ÿ™‚

    • Memang tdk ada acuan yg jelas utk pakaian ketika mengurus sim, tapi rasanya kalau polo berkerah bolehlah.

      Untuk tensi, sepertinya itu standar utk pengecekan kesehatan mas. Jadii ya mendingan ditensi sekalian drpd mbalik :p

  20. Kiko

    Perpanjangan sim bisa sebulan sebelum habis atau harus 14 hari sebelum habis ?

    • Pony

      bantu jawab yaa..

      perpanjangan SIM baiknya dilakukan sebelum masa berlaku habis, LEWAT 1 HARI aja harus bikin baru.

      Syaratnya:
      – Surat keterangan sehat dr dokter di puskesmas / klinik / RS max 1minggu setelah surat itu dibuat
      – Fotocopy SIM A / C 1lembar yg akan diperpanjang
      – Fotocopy KTP yg berlaku 1lembar
      – By. perpanjangan SIM A 80k, sedangkan sim C 75k
      – TIDAK WAJIB ikut asuransi yg ditawarkan, dengan catatan harus mengisi form alasannya kenapa.. kl saya pribadi saya ini, sudah ikut asuransi lain.

  21. Eli

    Mas mau tanya kalo surat ktrgan sehatnya sudah agak lama bagaimana ya? Sekitar 3 bulan yg lalu apa masih bisa digunakan u/ prpnjgan sim?

    • Kalau utk surat keterangan sehat yg sudah lama, saya kurang tahu boleh atau tidak. Dibawa aja mas, dicoba disana. Kalau ternyata ga boleh, lngsng urus disana kan juga ada.

    • Pony

      pengalaman saya, surat keterangan sehat max 1mnggu stlh dibuat hrs dipakai u/ perpanjangan SIM.
      Karena waktu libur lebaran kmrn saya sudah niat u/ mengurus perpanjangan SIM dan ternyata awal Juli buka dan antrian meluber, jadi saya pending nanti saja mendekati SIM mati.
      Nah waktu itu saya tanya petugasnya, apa bisa bawa surat keterangan sehat ini kembali? Dan dijawab tidak bisa, karena hasil diagnosa dr dokter yg memeriksa u/ menuliskan surat keterangan sehat tsb bs saja berubah gt.. cuma ini tadi saya tanya ke tmn saya, di surat keterangan sehat dr puskesmas cm menyatakan kl tmn saya sehat dan tidak buta warna, ga pake tensi2an.. saya rasa jg dr petugas SIM corner tidak sampai membuat aturan yg saklek

  22. Papae elena

    Apakah hr besar tutup

  23. Yusti

    Trima kasih mas. Infonya sangat membantu.

    Maaf mas, mau tanya apakah surat sehat harus ada keterangan tentang buta warna ya?
    Pengalaman saya dulu buat sim luar kota di taman bungkul surat keterangan sehat tdk menyatakan tentang buta warna, tdk jadi masalah saat mengurus.
    Skrang mau ngurus SIM yg dlam kota, ternyata pake keterangan itu.

    Kalau check up di dokter deket TP atau dalam TP, ada tes buta warnanya ya?

    Trima kasih sebelumnya.

    • CMIIW
      Utk keterangan bebas buta warna, saya sendiri tidak tahu apakah itu wajib atau tidak. tapi karena saya tesnya di TP, dan memang ada tes utk buta warna.

    • Pony

      Nggak perlu tes buta warna, krn saya dpt referensi surat keterangan sehat dr klinik itu tanpa tes buta warna.

  24. Robert

    Top bgt dan salut untuk bang agung yang satu ini. Informasinya sangat membantu saya, akurat, dan berfedah ? namun ad 2 hal yg bisa saya update, untuk loket penyerahan formulir, lokasinya benar berhadapan dengan loket pembayaran, namun agak ke samping, alias nempel di tembok samping (kalau yg benar2 berhadapan lurus dengan loket pembayaran, adlh tmpt foto, sidik jari, dan tanda tangan) dan untuk dokter yg ad di TP (tmpt perpanjangan sim), sejauh yg saya lihat td (5 des 2017), sepertinya sudah tidak disediakan lg dokter disana untuk cek kshatan agar mendapat surat ket sehat tsb, shingga bnyk org yg tidak membawa surat ket sehat dan sdh smpai sana, terpaksa berguguran alias putar balik dr antrian. Selain dari 2 hal ini, smua yang ditulis oleh bang agung seperti yg saya tulis di atas sangat akurat, ikuti saja langkah2 yang beliau tulis dan saya rasa proses perpanjangan sim akan berjalan mulus sampai selesai. Terima kasih banyak bang agung ?

    • Terima kasih Pak Robert. Hanya meluruskan kembali pak…dokter yg saya maksud disini memang bukan dokter yang berada di tempat perpanjangan sim, tetapi dokter yang berada di TP 2. Jadi haru sputar balik dulu, pertigaan mainan itu, belok kanan, lurus saja, lalu tempatnya di sblh pojok kanan, dekat pintu kaca. Apakah yang Pak Robert maksud dokter ini?

  25. Henny Ari

    Mas mau tanya…
    untuk surat keterangan sehat apakah ada masa berlakunya
    maksudnya misalnya saya udah terlanjur ngurus hari ini
    tapi sampe 3 hari ke serelahnya baru bisa datang ke sim cornernya
    mohon pencerahannya
    terima kasih

    • Kalau tdk salah, di komentar lain ada yang mengatakan 1 minggu. Coba dibaca lagi di komentar2 yang ada di postingan ini. Semoga lancar prosesnya.

  26. Lita

    Mas, klo yang di PTC posisinya dimana ya?

  27. Lita

    Klo surat keterangan sehat dari dokter bpjs boleh tidak?

Leave a Reply

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer