agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Membuat Macrium Reflect Rescue CD dengan media USB

Pada artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang bagaimana cara membackup salah satu partisi/drive di netbook kita. Berhubung saya menggunakan Acer Aspire One, maka contohnya adalah membackup partisi tersembunyi (PQSERVICE). Tapi jika anda menggunakan komputer desktop , notebook, atau netbook selain AA1, maka cara membackup-nya sama saja.

Jika partisi/drive anda sudah dibackup, maka suatu saat anda pasti membutuhkannya kembali. Nah, cara ini disebut Restore. Untuk melakukan restore dari file backup tadi, anda membutuhkan Rescue CD. Biasanya Rescue CD dibuat dari media CD, tetapi kali ini, kita akan mencoba membuat Macrium Reflect Rescue CD dari USB. Hal ini dilakukan karena netbook AA1 tidak mempunyai media CD/DVD ROM, tapi bisa booting dari USB drive.

Mempersiapkan USB

Pastikan USB anda sudah terformat dengan file system FAT16. File system yang bisa digunakan adalah FAT16, FAT32 atau NTFS. File system FAT16 lebih mudah dikenali sebagai FAT pada kebanyakan sistem operasi Windows.

Catatan: Kapasitas maksimum dari USB yang bisa diformat adalah 4GB. Masalahnya, kapasitas lebih besar dari 4GB tidak bisa diformat sebagai FAT16.

Buka Windows Explorer, klik kanan pada USB drive dan pilih Properties.

disk-properties

Jika file system bukan FAT, maka format USB anda dengan FAT16 (FAT). Tutup windows atas, lakukan klik kanan lagi pada USB drive dan pilih Format.

format

Pastikan pilihan File System adalah FAT. Untuk pilihan Quick Format, biakan saja. Klik Start.

Membuat image ISO dari Linux

Sebagai langkah awal, kita perlu membuat image dari bootable CD yang nantinya akan kita transfer ke USB.

  1. Buka aplikasi MR, klik panel Other Tasks, lalu klik Create a bootable Rescue CD.
    rcd1
  2. Selanjutnya akan muncul Rescue CD Wizard.
    rc2
    Pastikan anda memilih opsi Linux dan klik Next.
  3. Tampilan Wizard selanjutnya akan muncul, dimana berisi informasi pemilihan media.
    rcd21
    Klik pada Select your CD/DVD burner and click dan pilih Create ISO image file.
  4. Klik Finish dan pilih lokasi untuk file image ISO anda. Untuk contoh kali ini, saya menempatkan file image ISO saya pada drive C:\

Memindah file image ISO ke USB

Untuk membuat agar USB anda bisa bootable dengan konten dari file image ISO yang baru saja dibuat, maka dibutuhkan utility ‘UNetbootin’ dari situs http://unetbootin.sourceforge.net/. Pilih opsi download for Windows, dan simpan pada tempat yang mudah anda akses.

  1. Lakukan klik ganda pada file yang baru saja download, sehingga tampilan seperti dibawah ini :
    unetboot
  2. Pilih opsi Diskimage dan masukkan lokasi dimana anda menyimpan file image ISO yang sudah dibuat tadi.
  3. Pada Type, pilih USB Drive sebagai target tujuan dan tentukan drive dari USB anda.
  4. Klik OK untuk mengcopy file image ISO ke USB anda
    unetbootfinish

Selesai sudah proses kita membuat USB yang bisa bootable dengan konten Rescue CD dari Macrium Reflect. Jika anda menggunakan Netboook AA1, tekan F12, dan pilih booting dari USB. Maka proses akan meload sistem berbasis linux yang memuat proses Rescue CD.

Semoga bermanfaat!

Previous

Tune Windows XP pada Netbook – Mempercepat Shutdown

Next

Recovery DVD untuk Acer Aspire One Linux (Linpus) Sudah Tersedia

8 Comments

  1. nawawi

    Bro masukkin ke forum biar dapet cendoll.. hehehhee… niy linknya.. http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=419

  2. Nah itu masalahnya. Sudah hampir 1 bulan ini gak bisa reply atau posting ke kaskus. Sampai aku diblog ini “sambat” koq gak bisa nulis di kaskus. Padahal di thread kesayangan AA1 hanya pingin bantu.

    Masa dikira aku spam ya?? hehehe… ya udah… aku diemin aja..krn mo “wadul” ya ngomong ke siapa gak tau….

    Btw thanks sarannya…

  3. ari

    Maaf Mas, Kalo salah kamar dimaklumi ya….saya ada masalah dg laptop acer aspire one. kalo di recovery windows xp nya progi yg lain ikutan hilang to, la masalahe saya punya progi yg dpt lisensi dari jakarta. bisa gak kembali proginya?? masalahe pada saat masuk windows dah muncul sampai gambar acer aspire one lalu laptop diem aja ga ada respon……….bisanya ya dimatikan langsung…tks pencerahannya

    • @ari:maaf baru bisa balas. Yang jelas, kalau mas ari sudah melakukan recovery dari sistem Acer, tentunya program mas ari juga ikut hilang. Hal ini akan berbeda kalau mas ari melakukan backup/membuat image dari windows xp yg sudah jalan dan yg sudah ada program yg mas ari miliki.
      Untuk problem tdk bisa booting, apakah problem tsb sampai skrng masih terjadi mas? Coba mas ari lakukan recovery lagi, kemungkin proses tsb kurang berjalan dengan sempurna. Jika memang masih tdk bisa, berarti ada masalah dengan sistem recovery dari lepie mas ari.
      Mungkin bisa dicoba utk diinstall dulu dgn os lain, tapi jangan menghapus partisi PQSERVICE, sehingga mas ari bisa melakukan backup terlebih dahulu. Setelah itu, coba lakukan recovery kembali. Jika masih tdk bisa, mungkin langkah terakhir mas ari bisa langsung ke support acer utk menanyakan hal ini. Mohon maaf kalau jawaban saya kurang sesuai.

  4. Assalmu’alaikum

    gini mas, kulo mau nanya, di AA1 saya kan sudah ada PQSERVICE, lalu, kalau saya misalnya pingin nambah OS XP Home edition ORI dilaptop saya dengan OS Windows 7 Home edition, apakah bakalan hilang partisi PQSERVICE saya?? dan apakah partisi dari PQSERVICE tadi masih bisa dipanggil dengan ALT+F10 nantinya setelah saya instal windows 7 home edition???

    mohon pencerahannya mas..

    tolong dijawab ya mas, kalau bisa kirim email ya mas..

    ^_^

    salam timur dari surabaya..
    Nice Blog
    ^_^

    Wssalmu’alaikum

    • Jadi maksud mas timur dibuat dual booting ya?logikanya sih partisi PQSERVICE gak akan hilang, karena dual booting ini hanya menulisi file boot.ini. Jadi harusnya tidak ada hubungannya dengan MBR yang bisa memanggil ALT+F10.

      Tapi terus terang, saya belum pernah mencoba. Jadi saya tidak bisa bilang kalau ini akan berjalan 100% sukses. Kalau partisi PQSERVICE masih ada, mendingan segera dibackup mas, lalu Windowsnya juga di jadikan image. Baru monggo kalau mencoba install Windows 7, kan sudah ter-backup semuanya. Menurut saya ini cara yang paling aman.

      Semoga sukses.

  5. OJIK

    Trimakasiiih mas… tutorialnya membantu banget..

    Dari netbook saya yg awalnya rusak, trus gak bisa di alt+F10 sampe beres dan recovery skrng sudah beres. udah Aman man man man… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer