agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Launching Website STIKOM Digital Library (http://digilib.stikom.edu)

Penantian lama akhirnya terealisasi juga…

Mungkin kalimat diatas cocok utk menggambarkan perihal satu ini. Awalnya, perpustakaan STIKOM ingin memiliki website yang bisa menampung koleksi-koleksi lokal seperti tugas akhir, laporan kerja praktek, modul & materi perkuliahan, jurnal penelitian dosen, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan hasil karya sivitas akademika STIKOM. Sempat melirik ke GreenStone, Koha, dan terakhir adalah GDL (Ganesha Digital Library). Untuk aplikasi GDL, sebenarnya sudah mewakili kebutuhan perpustakaan STIKOM, tetapi ada beberapa hal yang ternyata kurang sesuai dengan implementasi ke sistem internal STIKOM.

Beberapa waktu setelah itu, saya mengikuti seminar tentang perpustakaan dijital di Universitas Petra yang kalau tidak salah pembicaranya adalah Pak Putu Pendit. Dijelaskan berbagai hal tentang apa itu perpustakaan dijital dan bagaimana implementasinya. Nah, disana akhirnya ketemu dengan salah satu peserta dari perpustakaan ITS, yaitu Mas Hasan. Setelah berbincang-bincang, ngobrol sana-sini tentang perpustakaan dijital, akhirnya muncul ide untuk berbagai pakai software/aplikasi yang digunakan. Selang beberapa waktu, perpustakaan STIKOM melakukan studi banding ke perpustakaan ITS (jum’at, 22 feb 2008) sebagai tindak lanjut utk bisa menggunakan aplikasi yang telah dikembangkan.


Selanjutnya adalah proses pengembangan aplikasi yang telah didapatkan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan perpustakaan STIKOM. Target yang diharapkan adalah mahasiswa dan dosen aktif STIKOM bisa langsung mengakses website ini dengan menggunakan NIM/NIK dan PIN (hak full akses). Sedangkan untuk alumni, staff/karyawan bisa juga mengakses website ini, tetapi dengan hak hanya sebagai Guest.

Karena saya diserahi tanggung jawab sebagai koordinator IT di perpustakaan STIKOM, tentu saja pekerjaan tidak hanya ngurusi website, tapi juga maintenance komputer baik hardware/software, lalu dijitalisasi TA, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pengembangan IT. Beberapa tugas ini akhirnya membuat pengembangan aplikasi digital library menjadi lambat, meski sedikit demi sedikit tetap dikerjakan.

Akhirnya bertepatan dengan Dies Natalis STIKOM ke 26 pada tgl 30 april 2009, website STIKOM Digital Library dengan alamat http://digilib.stikom.edu dilaunching. Beberapa perubahan yang dilakukan adalah perubahan layout/desain, koneksi ke database internal utk akses tanpa pendaftaran dahulu, perubahan hak akses download file utk Guest dan Member, penambahan beberapa database utk record aktivitas user dan beberapa hal kecil lainnya. Dengan diluncurkannya website ini, secara tidak langsung akan membantu mahasiswa / dosen STIKOM yang pada saat tertentu jauh dari kampus dan membutuhkan referensi tentang (untuk saat ini) tugas akhir. Nantinya, koleksi selain TA juga akan diupload seperti jurnal penelitian, materi/modul baik praktikum atau perkuliahan, arsip dan berbagai konten lokal yang berhubungan dengan STIKOM Surabaya.

Diharapkan juga, website ini bermanfaat untuk sivitas selain STIKOM yang membutuhkan referensi tentang TA atau penelitian.

Semoga bermanfaat

Previous

Download file torrent dari Ubuntu (text based)

Next

Tutorial ACER Aspire One A150 (Bag. 1) – Backup PQSERVICE

4 Comments

  1. wawandeha

    mas agung saya tertarik dengan salahsatu tugas akhir yang di digilib, tapi sayang saya ga bisa akses pdf nya padahal pengin belajar. tolong dong bantuin saya agar bisa akses pdf di digilib stikomp. soalnya saya daftar di digilib univ laen boleh akses full lho jadinya banyak yang bisa di pelajari di digilib univ tersebut. moga2 stikom terbuka juga… makasih

    • Sebelumnya saya mohon maaf tentang hal ini. Memang ada kebijakan kalau Digilib STIKOM hanya bisa diakses oleh sivitas akademika STIKOM saja. Jadi saya disini tidak mempunyai kebijakan untuk merubah keputusan tersebut.

      Tapi bukan berarti mas wawan tidak bisa mengakses tugas akhir yg dimiliki oleh STIKOM. Mas Wawan tetap bisa mengakses tugas akhir tersebut, tapi dengan cara datang langsung ke Perpustakaan STIKOM dengan mendaftar menjadi Anggota Baca. Syarat & aturan bisa dibaca di http://library.stikom.edu/layanan/id_syaratkeanggotaan.php.

      Semoga bermanfaat.

  2. Andika Muttaqin

    Assalamualaikum…

    saya minta maaf Sebelumnya…

    saya butuh bantuan anda…

    saya ingin meminjam sejenak ID member untuk library.stikom.edu…

    Saya Lagi Butuh Referensi TA…
    Kebetulan Di library.stikom.edu… Ada

    Tapi saya Tidak Bisa mendownloadnya..
    Karena saya Bukan Member disitu…

    Saya Minta Tolong maz….

    • Wa’alaikumsalam wr wb…
      Maksud anda akses ke http://digilib.stikom.edu ? Sebelumnya saya juga mohon maaf mas Andika. Saya disini hanya sebagai pengembang saja, sedangkan kebijakan tidak terletak pada saya. Untuk sivitas STIKOM, digilib.stikom.edu hanya untuk Mahasiswa Aktif dan Dosen Aktif saja, sedangkan karyawan/staff yg bukan dosen tetap tdk bisa mengakses halaman ini.

      Mas Andika tetap bisa meminjam koleksi yang ada, tetapi dengan datang langsung ke STIKOM Surabaya. Hanya ini jawaban yang bisa saya berikan. Mohon maaf belum bisa membantu mas Andika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer