agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Menjalankan Android di Netbook Acer Aspire One A150

Sudah familiar dengan yang namanya Android ? menurut Wikipedia :

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

sumber  : Wikipedia

Tapi bagi beberapa vendor besar seperti misalnya Acer, Android juga merupakan pangsa pasar yang bagus untuk netbook seperti pada saat Acer merilis netbooknya berbasis Android di Computex 2009 Taiwan.

Berbekal rasa penasaran dan ingin mencoba “rasa” Android di Netbook kesayangan, akhirnya browsing² di Google dan menemukan 2 situs yang menawarkan Android untuk digunakan di arsitektur x86. Situs pertama adalah android-x86 dan situs kedua adalah live-android. Persamaan antara keduanya adalah bisa dijalankan pada arsitektur x86 (termasuk PC), bisa menggunakan CD atau UFD sebagai media boot dan netbook yang mereka support kebanyakan dari ASUS Eee PC. Sedangkan perbedaan antara keduanya adalah untuk yang android-x86 sudah bisa diinstall di PC sedangkan yang live-android masih terbatas pada media live CD dan live USB.

Android-x86

android-x86Untuk android-x86, saya masih mencoba testing dengan menggunakan file iso yang saya extract ke UFD menggunakan UNetbootin. Saya masih belum mencoba untuk melakukan instalasi ke harddisk, karena memang netbook lagi berisi data-data penting.

Pertama-tama download installer android-x86. Saya memilih yang Android-x86 1.6 live & installation iso image karena selain netbook tdk ada CD-ROM, saya ingin mencoba live CD tsb di UFD saya.

Informasi : File iso ini selain untuk live CD, juga bisa untuk melakukan instalasi pada harddisk.

Lakukan extract ke UFD menggunakan UNetbootin (untuk prosesnya, silahkan merujuk ke situsnya).  Setelah selesai, re-boot netbook anda dan klik F12 untuk booting dari UFD.

Berikut adalah screenshoot dari netbook saya :

androidx86-acer01 androidx86-acer02 androidx86-acer03 androidx86-acer04 androidx86-acer05 androidx86-acer06 androidx86-acer07

Untuk anda yang ingin mencoba melakukan instalasi di harddisk, silahkan merujuk ke panduan instalasi.

Beberapa kekurangan yang saya rasakan pada versi ini, seperti tdk support klik dari touchpad, tidak adanya fasilitas untuk shutdown (jadi saya lakukan Ctrl + Alt + Del), aplikasi yang masih  sedikit dan tdk bisa diaksesnya HD kita (semuanya mengarah ke SD Card).

Live-Android

live-androidUntuk live-android ini, saya sudah melakukan download installer di situsnya. Saya memilih LiveAndroid v0.2 USB karena sesuai dengan kebutuhan saya. Proses download dan penggabungan file berhasil dilakukan, tapi ketika dilakukan proses booting dengan USB, proses berhenti dengan tampilan logo live-android. Saya tunggu beberapa saat, tapi tetap tidak ada aktivitas harddisk. Jadi percobaan saya menggunakan live-android ini tidak berhasil.

Saya kurang tahu kenapa, apakah live-android dikhususkan hanya untuk Eee PC ? karena ketika proses meload sistem, saya lihat ada beberapa modul yang diberi nama dengan eeepc.

Kesimpulan :

Sepertinya untuk saat ini, baik android-x86 dan live-android masih belum menyediakan support untuk netbook selain Eee PC. Selain itu, masih banyak bug dan kekurangan pada versi ini, tapi wajarlah karena memang masih dalam versi beta. Tapi dengan dimunculkannya versi untuk arsitektur x86 ini, kemungkinan besar versi-versi selanjutnya akan mendukung untuk semua netbook.

Mungkin kalau ingin android bisa berjalan secara maksimal di netbook Acer, tinggal tunggu saja launchingnya. Pastinya Acer akan memberikan file-file yang bisa didownload dan digunakan di netbook Acer kita.

Semoga bermanfaat.

Previous

Al-Qur’an Terjemah Indonesia

Next

Memindah Nama Dan Lokasi Default Stylesheet WordPress

39 Comments

  1. Vistra

    Wah…sudah mencoba android di Acer ya? Tutorial yang bagus pak. Tapi aku lebih seneng dengan Acer D250 yang bisa dual booting antara Android dan Windows 7.

    🙂

    • Iya..meski masih tahap beta, Android sudah layak untuk dicoba koq. Kalau yang Acer D250 yang sudah dual booting antara Android dan Windows 7, sepertinya memang merupakan pilihan yang menarik. Kira-kira sampai berapa ya harganya?? Semoga aja terjangkau ama kantong-kantong kita…hehehe 🙂 amiin.

  2. wah, ternyata android juga bisa buat netbook ya? Tapi kok gak bisa akses harddisk? Touchpad gak berfungsi jg? Repot juga donk klo begitu 😀

    Klo langsung diinstall ke harddisk kira2 masih begitu gak mas?

    • Ada koq yang dinstall di HD, tapi saya masih belum berani karena selain masih tahap beta, males juga kalau harus install ulang lagi. Paling enak ya pake VirtualBox, selain cepat, juga aman buat OS kita.

      Download aja yang versi ISO, install VirtualBox, jalankan…beress.. 🙂

  3. pipiaa

    yup..semoga android bisa menjadi cikal bakal OS yang lebih cepat, stabil dan efisien sehingga konsumen bisa mendapat banyak pilihan OS berkualitas..

  4. Nice info mas.. saya juga punya acer A150 tapi lebih nyaman pake ubuntu 10.04 n install ubuntu for netbook (remix)..

  5. bagus juga acer bikin kolaborasi android di netbook tapi kalau notebook bisa juga kali ya sama win 7.

    • Sepertinya sih bisa aja koq. Tapi kan selama ini netbook identik utk keperluan user yg hanya membutuhkan akses internet dan kerja yg tidak terlalu tinggi, beda dengan notebook yg memang sudah dirancang utk berbagai keperluan.

  6. igoy

    mas ,saya udh install android di netbook acer saya,tp kenapa ya ngelag gtu,trus not responding aja .saya download android nya di android sdk. bagaimana biar kerja android nya cepat di laptop saya? thx*

    • apakah mas igoy tidak download dari tempat yang saya sarankan diatas ??? Waktu saya mencoba sih lancar-lancar aja sih mas. Tapi bisa juga krn instalasi atau hal lain. Lagian android yg di pc kan memang belum versi yg stabil (gak tau lagi versi yg skrng sudah stabil atau belum), jadinya bug-bug spt itu pasti ada.

  7. igoy

    iya mas saya download nya bukan yg disarankan diatas.
    saya coba saran mas yg diatas.
    thx mas prazetyo..

  8. danang

    mudah2an aja bukan hanya booming sesaat, mengingat sistem operasi ini berbasiskan linux dimana kompatibilitas masih kurang bagi beberapa pengguna..

    trims…

    • Insya Alloh tidak mas. Karena memang Android ini kan free..menjadikan OS ini sbg alternatif OS yang berbayar. Kalau OS-nya gratis, kan otomatis harga produknya jadi lebih murah 🙂

  9. jafar

    mas prasetyo.
    salam kenal…
    saya baru beli acer d255,trus didalam nya sudah ada ‘download for android (TM) (D:),saya bingung cara pakai nya…
    tplong saran nya terimakasih.

    • wah, yang beginian belum pernah nyobain mas jafar..sori yaa
      Mungkin bisa dicari help-nya mas… atau lebih enak tanya ke technicall supportnya acer aja langsung.

  10. agus

    gan, cra android dacer dD255, gmna ya??? ada yg tw ?.?

  11. hifni

    maaf mas,kalo android bawaab acer netbook misalkan update twitter/facebook muncul via android phone gitu gak?
    makasih

    • wah, mohon maaf mas. dulu pas nyobain android di acer, belum sempat konek ke internet, karena androidnya masih banyak bug. jadi sori bgt saya tdk tahu. 🙂

  12. Cabemera

    Aku dah nyoba yang LiveCD Android & Android x.86, udah berjalan dengan baik tahap instalasinya. aku menggunakan software Oracle VM Virtual box utk liveCDnya. Jadi gak perlu install di PC.
    Tapi permasalahannya dia gak mau konek internet, terus masukkan data lagunya gak mau (ket: SDcard is busy), untuk cobain gamenya juga saya gak nemu tombol2 standarnya kalo kita pake keyboard.

    mohon pencerahannya mas.

    bambank.handoko@yahoo.com

    • iya mas. saya dulu juga sempat mengalami beberapa masalah. mungkin krn masih beta jadinya masih ada bug yg belum dibetulin. tapi gak tau lagi utk versi skrng, apa mungkin sudah ada perbaikan atau belum. Sampai saat ini saya belum mencoba lagi livecd android dan android x86.

  13. Gonzu

    Mas, saya pake Netbook ADVAN VANBOOK A1N70T
    Intel 945GME…udh sukses nyalain ANDROID TP….wifi saya ga mau konek…super lambat dibanding XP (gaq suka Windows7 heheh)..udh gitu ga tau cara nyeting GRUBnya biar bisa dual Boot ke Windows..tutorialnya sih ada…tp kykny khusus utk yg udh pada paham ama LINUX…sumpeh ga ngerti nyetingnya musti gmn…eh satu lagi…ANDROID yg saya unduh nih kykny emg buat SmartPhone aja x y?

  14. wibi

    saya sudah mencoba membuat bootable liveandroid versi 0.3, sudah berhasil menjalankan booting, namun setelah muncul loga terus diam aja, coba cari user manual android belum ketemu. mohon pencerahannya. TQ

    • Wah, memang masih belum sempurna pak android yg x86. mungkin bisa dicoba format ulang aja FD-nya. Kalau setelah logo diam saja, logikanya sih ada masalah dgn file startup-nya pak.

  15. eka

    kalau pake 3 booting bs ga mas??
    android, win7, ubuntu 2.8
    dnetbook acer aspire one D255

  16. fajar

    sayaa masiiih kurang mengerti cara make android di acer aspire one
    adaa ga yang labiih mdaah d mngerti nya paak

    • Waduh,…perasaan saya ini sudah paling mudah mas. Kurang tahu lagi kalau mungkin ada rekan lain yang bisa menjelaskan lebih mudah lagi…. 🙂

  17. dinar

    mas, mau tanya..
    ak masih belum ngerti caranya sms.an lwat andorid di netbook. Gimana ya caranya ?

    • setahuku loh ya … android yang di pc kan tidak ada fasilitas utk sms-an. android for pc yaa sistem operasi yang asli..bukan android for mobile. beda loh mas.

  18. aries rendra

    Salut mas…saya coba android froyo di p3 933 lebat USBFD berhasil jalan dengan sempurna.Tampilan sudah lumayan, Cuma gak bisa ngapa2in:modem CDMA tidak terdeteksi,otomatis tidak bisa buat telp, SMS ataupun akses internet.
    Harapannya sih ke depan bisa mendeteksi modem sehingga fungsinya sudah layaknya HP android yg lain. Jaya android!!

  19. ramdan

    mas netbook acer saya jadi android pas saya klik shortcurt android, kalo ngebalikin dari android ke windows7 lagi kaya gmn ya???

  20. alwi

    saya pake acer aspire one d255e. Tapi kok g bisa konek inet y?? Modem pake hp sony eric*** via bluetooth. Ada yang tau g ?? Tolong y!!!

  21. mau nanya tntang pengaplikasian software”lain di android donk, cntoh’a klo nginstal adobe dan pemakaian gmn, apa bs di android? dan cara menggunakan internet dengan menggunakan modem, kok ga bisa ke baca dan nginstall ya mas?
    tolong bantuannya ^^

  22. Mee

    ini baru namanya OS… untung sudah download ISO for netbook.. tinggal di coba yak.. 🙂

  23. saya mencoba running andro x86 sparta di dell mini, sayang sesaat loading kemudian muncul no service dan layarnya kemudian mati.
    Ada solusi ??

  24. ALBERT NUR

    kalo bleh kasih saran sih,mending back pu partisi acer d255 partisinya bernama

    PQSERVICE ana NO NAME..

    baru di resque pake macrium…

    ane coba di AOA 150 ane berhasil sih… 

  25. khalish

    mas saya bingung kalau seting modem smartfren di android gimana ya mas
     

  26. yono

    kok pada demam Android sehh…
    wong android tu OS Linux yang khusus buat perangkat mobile…..
    kalo mau beres instal Linux di PC mendingan instal Ubuntu, SuSe,
    Fedora, Mandriva atau yang lain, tuh dah jelas jalan dan oke punya…
    Gak kalah sama  OS Wi*****ds..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer