agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Melakukan Instalasi Windows XP / 2003 / Vista / 7 Dari USB Flash Disk

Bagi pengguna netbook Acer seperti saya atau netbook-netbook lainnya, melakukan instalasi suatu sistem operasi pasti akan sangat menyulitkan, karena tidak adanya media cd/dvdrom. Tapi sekarang ada solusi yang membuat proses instalasi suatu sistem operasi tidak harus melalui cd/dvdrom lagi, tapi melalui USB dan prosesnya pun tergolong sangat mudah. Tentunya hal ini akan lebih memudahkan pengguna netbook yang ingin  mengganti sistem operasinya ke versi yang lebih tinggi atau sebaliknya. Hanya saja, untuk netbook yang sudah preinstalled windows, secara otomatis lisensi OEM akan hilang jika diganti dengan windows lain. Kecuali, (bagi pengguna acer) anda melakukan recovery kembali dari partisi PQSERVICE (baca juga cara backup PQSERVICE). Pertama-tama, yang harus anda persiapkan adalah :

  1. Download WinFlash. Menurut pembuatnya “This software may contain bugs (spelling too)“. Untuk percobaan kali ini, saya menggunakan versi 0.5.0013 beta.
  2. Komputer dengan CD/DVDROM
  3. CD/DVD Installer Windows XP / 2003 / Vista / 7. Untuk percobaan, saya menggunakan Windows 7 Professional x86.
  4. USB Flash Disk (kapasitas tergantung dari sistem operasi yang diinstall). Untuk percobaan, saya memakai UFD ukuran 4GB.

Langkah Pertama

Lakukan ekstrak dari file yang sudah anda download, lalu jalankan file WinToFlash.

gbr1

Langkah Kedua

Langsung klik saja tombol Windows setup transfer wizard.

gbr3

Klik Next.

Langkah Ketiga

Langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi pengcopyan. Untuk Windows files path, anda bisa arahkan ke CD/DVD atau folder yang berisi installer dari Windows.

Sedangkan USB Drive, arahkan ke drive dari USB anda. Selanjutnya, klik Next.

gbr4

Tampilan selanjutnya berisi tentang Windows License Agreement. Klik I Accepted the terms of the license agreement, dan klik Continue.

gbr5

Selanjutnya proses transfer file dari CD/DVD installer akan berjalan. Lama tidaknya proses ini tergantung dari OS apa yang anda pilih.

gbr6

Jika proses sudah selesai, klik Next dan tampilan selanjutnya adalah informasi tentang proses yang sudah dilakukan. Klik Exit untuk keluar.

gbr8

Selanjutnya, silahkan testing USB yang sudah berisi file installer dari OS yang sudah anda pilih. Untuk pengguna netbook Acer, pada saat booting, tekan F12 untuk memilih media startupnya.

Jika sudah ada yang berhasil, sharing ya teman-teman…

 

Semoga artikel ini bermanfaat.

Previous

Tips & Trik WordPress : Membuat Author Bisa Upload File .flv

Next

Backup dan Simpan Status Aktivasi Windows XP (WPA.DBL) untuk Re-install Tanpa Mengaktifkan Lagi

8 Comments

  1. Aku dah coba langkah – langkah diatas. Tapi saya belum berhasil. Ketika saya coba di BIOS flashdisknya bootnya ke detect tapi loadingnya lama sekali…??
    Mohon dibantu dan saya tunggu jawabannya di email saya.

    • Kemungkinan proses instalasi ke USB-nya ada yang kurang pak. Mungkin anda bisa coba lagi. Tapi kalau memang tetap tidak bisa, mungkin mas rizky bisa mencoba menggunakan USB lain.

      semoga bermanfaat

  2. abe

    kurang lengkap bro…

  3. genki

    wah, simpel banget. saya googling2 ketemunya yang ribet2.. thank’s for sharing!

  4. ayahfasa

    udh dicoba, tapi ketika booting muncul coment: hal.dll not found, gmn ya?

  5. makasih mas infonya. joss terus

Leave a Reply

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer