agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Browser Yang Cepat & Tepat Untuk Acer Aspire One

Pengujian kali ini saya lakukan karena tertarik dengan salah satu posting dari macles mengenai penggunaan browser Chrome di Linux. Tapi disini, saya tidak akan membahas tentang Linux karena OS yg saya pakai sudah include Windows XP SP3 orisinal bawaan dari netbooknya. Pengujian ini semuanya dilakukan di platform Acer Aspire One A150 dengan prosessor Intel Atom N270.

Oke…disini saya akan melakukan pengujian terhadap 4 browser yang saat ini  sedang naik daun, yaitu Internet Explorer 7 (bawaan OS), Opera 10.00, Mozilla Firefox 3.5.3, dan Google Chrome 2.0. Uji coba macles menggunakan 3 tempat berbeda yaitu V8 Benchmark SuiteSunSpider JavaScript, dan Futuremark Peacekeeper. Menurut macles, website benchmark yang paling netral adalah Futuremark Peacekeeper, karena V8 Benchmark Suite adalah milik Google sedangkan SunSpider JavaScript, pembuatnya adalah tim developer dari WebKit yang mana Mozilla menggunakan situs ini sebagai banchmark untuk Firefox.

Menurut pertimbangan saya, lebih baik menggunakan Futuremark Peacekeeper karena pengembangnya sudah mengeluarkan berbagai macam software khusus untuk benchmark, yang tentunya sudah menjadi acuan banyak vendor besar. Untuk prosesnya, saya harus menginstall 3 browser baru pada netbook saya dan untuk Chrome, saya harus menunggu agak lama, karena proses instalasinya harus lewat internet langsung.

Hasil Benchmark

bench-opera10-10mbps bench-IE7-10mbps1 bench-firefox3.5.3-10mbps bench-chrome2.0-10mbps

Kesimpulan :

Dari serangkaian tes pada 4 browser diatas, didapatkan hasil bahwa browser Google Chrome adalah browser tercepat pada netbook saya dengan nilai 337. Peringkat selanjutnya adalah browser Opera dengan nilai 297, browser FIrefox dengan nilai 180 dan terakhir adalah Internet Explorer dengan nilai 77. Bandwidth dan spesifikasi dari komputer juga memegang peranan penting dalam hasil diatas. Jadi hasil yang saya dapatkan bisa berbeda dengan hasil pada komputer anda.

/////////////////////////////////////////////////////////////////

Wah, ternyata  Mozilla Firefox bukanlah browser tercepat saat ini. Padahal saya tergolong pengguna fanatik dari Firefox. Tapi melihat hasil ini, pandangan saya terhadap browser Firefox jadi agak berubah. Meskipun begitu, bukan berarti saya akan langsung menjadi pengguna Google Chrome meski browser ini menjadi yang tercepat untuk pengujian ini. Masih banyak hal yang menjadi pertimbangan untuk merubah kebiasaan dari browser satu ke browser lainnya dan dari tiap hasil tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap browser. Sepertinya saya masih lebih cocok dengan browser Opera meski browser ini masih kalah dengan Chrome, tapi tidak mungkin jika Chrome kedepan lebih baik lagi, saya akan berpindah ke “lain hati” hehehehe…

Buat anda….silahkan testing browser yang anda punyai dan hasil akhir bukan hanya dari besarnya nilai yang didapat atau tampilan dari browser tersebut. Tapi coba lihat dari kebutuhan anda. Karena saya yakin, masing-masing browser membawa keunikan sendiri dan hanya anda yang bisa  memtuskan…

Semoga bermanfaat!

Previous

Si Penjual Bakso…

Next

Securing Apache – Malah Memunculkan Trouble Aneh Di WordPress

4 Comments

  1. wahh, sama mas, saya jg pke aspire one & browser gak bsa pindah dari mozilla,haha…

    • Iya mas bolang. Mozilla Firefox masih jadi andalan saya utk browsing situs, karena hampir semua website bisa ditampilkan dengan baik di browser ini.
      Tapi saya yakin, setiap browser akan terus memperbaiki diri, jadi kita sebagai user tinggal duduk manis dan melihat siapa yang akan jadi pemenang selanjutnya… 🙂

  2. Mas Agung, saya numpang copas artikel ini di blog saya yah…
    Nanti link blog mas Agung juga saya sertakan…
    Trims 😀

    • Oh iya, monggo silahkan. Memang artikel yang ada disini untuk umum koq. BOleh kopi paste dsb, tapi minta tolong utk tetep dicantumkan sumbernya.

      Btw, terima kasih sudah menampilkan posting saya di blog-nya mas bolang. Saya sudah lihat webnya..sipp mas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer