UPDATE (7 April 2016) : Instalasi Oracle Basic Instant Client di Windows 7 – 64bit

<!– #### start:update #### –>

Update ini saya berikan karena OS yang saya gunakan adalah Windows 7 64bit. Secara prinsip prosesnya hampir sama, hanya saja installer yang saya gunakan adalah versi 12C. Ternyata, meski OS yang saya pakai adalah 64bit, belum tentu installer yg berbasis 64bit cocok untuk diinstall. Setelah mencoba berulang-ulang dan hampir membuat saya terjun bebas stress, akhirnya saya menemukan bahwa kita bisa menggunakan installer yang diperuntukkan untuk sistem 32bit.

Saya menggunakan versi terbaru yaitu instantclient-basic-nt-12.1.0.2.0.zip. Proses lainnya hampir sama. Jika ada kesulitan dengan oci8.dll, bisa didownload di sini, dan karena versi PHP saya menggunakan 5.4, saya download file versi 5.4 Thread Safe (TS) x86. Jika sudah, ekstrak file .dll ke direktori D:\xampp\php\ext.

Untuk lebih jelasnya silahkan bandingkan screenshot dibawah ini dengan screenshot yang lama. Ada perbedaan di versi oci dan instantclientnya.

2016-04-07_165959<!– #### stop:update #### –>

Mengkoneksikan PHP ke database Oracle di Windows memang memerlukan berapa proses, karena secara default XAMPP for Windows tidak secara otomatis mengaktifkan koneksi ini. Hal ini juga berlaku di distro Linux semisal Ubuntu yang apabila kita ingin mengkoneksikan aplikasi web ke database Oracle, prosesnya harus dilakukan secara manual dan bisa dibilang memakan waktu.

Kali ini, saya ingin berbagi pengalaman koneksi Oracle dengan PHP menggunakan XAMPP for Windows. Sebagai simulasi, anggap saja saya sudah mempunyai server database Oracle dengan deskripsi seperti dibawah ini.

Read More