agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Month: January 2011 (Page 1 of 2)

Siapkah Kita Menuju ke IPv6 ?

Alamat internet protokol versi 4 (IPv4) sebagai salah satu sumber daya internet dunia sudah memasuki masa kritis. Menurut data terakhir, alokasi IPv4 saat ini tersisa sebesar 6-7% dari persediaan IPv4 seluruh dunia yang mencapai 4 miliar. Jadi saat ini sisanya blok alamat IPv4 tinggal sekitar 280 juta. Belum banyak khalayak yang menyadari dampak negatifnya terhadap masa depan perkembangan internet di dalam negeri, sedangkan negara-negara lain sudah menyadari situasi ini sejak awal dekade dan telah memilih untuk beralih ke protokol IPv6.

Teknologi IPv6 adalah protokol untuk Next Generation Internet. IPv6 didesain sedemikian rupa untuk jauh melampaui kemampuan IPv4 yang umum digunakan sekarang ini. Fitur-fitur dari aplikasi Internet masa depan dimungkinkan lewat penerapan teknologi IPv6. Selain itu, IPv6 juga telah memiliki fitur keamanan yang lebih baik daripada IPv4. Struktur jaringan IPv6 pun lebih fleksibel daripada struktur yang ada saat ini, karena masing-masing titik dapat mengalokasikan alamatnya masing-masing.

Read More

Habisnya Alamat Internet (IPv4)

Alamat Internet akan habis dalam beberapa minggu, menurut salah satu penemu Internet hari Jumat (21 januari 2011) lalu.

Alamat Internet yang dimaksud adalah alamat protokol Internet (IP Address). Vint Cerf, yang turut mendesain alamat protokol Internet tersebut, mengatakan kalau Internet saat ini hanya dapat menampung 4,3 miliar alamat. Cerf menyebutkan kalau alamat ini akan terpakai seluruhnya dalam beberapa minggu ke depan.

Read More

Pesan Di Balik Lagu Ilir-Ilir

Lir-ilir, lir-ilir, tandure wis sumilir
Tak ijo royo-royo tak sengguh penganten anyar
Cah angon, cah angon, penekno blimbing kuwi
Lunyu-lunyu penekno kanggo mbasuh dodot iro

Dodot iro, dodot iro, kumitir bedah ing pinggir
Dondomono jlumatana, kanggo seba mengko sore
Mumpung jembar kalangane, mumpung padang rembulane
Yo surok’o, surak hiyo…

Lagu ilir-ilir memiliki posisi sendiri dalam sejarah masuknya Islam di Indonesia. Dibuat pertama kali oleh Sunan Kalijaga, banyak pesan mendalam yang ada di balik lirik lagu berbahasa Jawa ini. Tetap kontekstual hingga zaman sekarang.

Read More

Cara Mendelegasikan Pengguna Gmail Untuk Mengatur, Membaca dan Berkirim Email

Kadang-kadang bila anda berada diluar tanpa akses email dan berpikir untuk mendelegasikan hak akses email ke pihak ketiga yang layak untuk anda percaya agar mereka dapat terus memantau dan merespon setiap email yang masuk, ada kabar baik bagi anda. Sekarang anda akan dapat melakukannya dengan fitur yang baru dirilis untuk semua pengguna Gmail.

Meskipun ini bukan sesuatu yang benar-benar baru (yang sebelumnya hanya tersedia untuk account Google Apps), tetapi sekarang telah dirilis ke semua pengguna Gmail. Yang jelas ini merupakan suatu feature yang bermanfaat bagi seluruh pengguna Gmail untuk mengatur, melihat dan mengirim email atas nama orang lain.

Read More

DocVerse + Google = Google Cloud Connect for Microsoft Office

Beberapa waktu lalu, DocVerse baru saja mengumumkan bahwa mereka telah diakuisisi oleh Google pada bulan Maret 2010. Bagi yang belum tahu, DocVerse dulunya adalah suatu plugins yang memungkinkan pengguna bisa bekerja secara bersama-sama dan melakukan perubahan terhadap suatu dokumen. DocVerse secara otomatis juga melakukan tracking dan sinkronisasi terhadap semua perubahan yang terjadi pada dokumen tersebut.

Sedangkan Google sendiri sudah mempunyai Google Docs yang 100% berbasis web, yang menyediakan kolaborasi real-time di browser, tanpa software, mengelola atau upgrade.

Read More

Page 1 of 2

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer