agungprasetyo blog's

It's about technology and life experience

Month: December 2009

Menjalankan Android di Netbook Acer Aspire One A150

Sudah familiar dengan yang namanya Android ? menurut Wikipedia :

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

sumber  : Wikipedia

Tapi bagi beberapa vendor besar seperti misalnya Acer, Android juga merupakan pangsa pasar yang bagus untuk netbook seperti pada saat Acer merilis netbooknya berbasis Android di Computex 2009 Taiwan.

Read More

Al-Qur’an Terjemah Indonesia

Niat saya awalnya untuk mencari aplikasi untuk parkir berbasis open source di http://sourceforge.net/, tetapi saya malah menemukan salah satu karya anak bangsa yang membuat Al-Qur’an dalam terjemahan bahasa indonesia dengan alamat di http://e-quran.sourceforge.net/.

Karena tertarik, saya mencoba untuk membaca salah satu surat yang ada, dan terjemahannya lumayan bagus. Setelah itu, saya juga mencoba untuk mencari kata tertentu dalam kotak pencarian, dan hasil yang ditampilkan memang sesuai dan disertai dengan ayat-ayat pendukungnya.

Read More

Backup dan Simpan Status Aktivasi Windows XP (WPA.DBL) untuk Re-install Tanpa Mengaktifkan Lagi

Pernahkah anda melakukan melakukan instalasi ulang dan harus melakukan kembali aktivasi terhadap komputer anda? Bagi yang senang utak-atik komputer, langkah ini pasti pernah dilakukan. Tapi bagi anda yang tidak mau melakukan aktivasi Windows XP anda lagi, ada cara untuk mengakalinya.

Windows XP menyimpan informasi konfigurasi perangkat keras komputer pada saat aktivasi, seperti status aktivasi produk, info kadaluarsa dari instalasi XP, dan spesifikasi perangkat keras saat itu di file WPA.DBL yang terletak pada direktori %SystemRoot%\System32. Untuk mengamankan file WPA.DBL, Microsoft mengenkripsi file dengan algoritma RC4. Namun, file WPA.DBL tidak dilindungi, dan jika pengguna menghapus file tsb, pengguna harus mengaktifkan kembali Windows XP lagi. Pengguna tidak akan mampu mengembalikan WPA.DBL dengan menggunakan Sistem Restore karena tidak termasuk dalam mekanisme backup.

Read More

Melakukan Instalasi Windows XP / 2003 / Vista / 7 Dari USB Flash Disk

Bagi pengguna netbook Acer seperti saya atau netbook-netbook lainnya, melakukan instalasi suatu sistem operasi pasti akan sangat menyulitkan, karena tidak adanya media cd/dvdrom. Tapi sekarang ada solusi yang membuat proses instalasi suatu sistem operasi tidak harus melalui cd/dvdrom lagi, tapi melalui USB dan prosesnya pun tergolong sangat mudah. Tentunya hal ini akan lebih memudahkan pengguna netbook yang ingin  mengganti sistem operasinya ke versi yang lebih tinggi atau sebaliknya. Hanya saja, untuk netbook yang sudah preinstalled windows, secara otomatis lisensi OEM akan hilang jika diganti dengan windows lain. Kecuali, (bagi pengguna acer) anda melakukan recovery kembali dari partisi PQSERVICE (baca juga cara backup PQSERVICE). Pertama-tama, yang harus anda persiapkan adalah :

Read More

Powered by Lovecraft & Theme by Anders Norén

Policy Privacy | Disclaimer