• Recovery PC Menggunakan Macrium Reflect Rescue CD
    29 May
    Post prazetyo   Top Blogs  Print This Post
    http://agungprasetyo.net/tutorial/recovery-pc-menggunakan-macrium-reflect-rescue-cd

    Untuk para pengguna Acer Aspire One, pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan backup pada partisi PQSERVICE menggunakan software Macrium Reflect.

    Kali ini, saya akan menjelaskan cara untuk melakukan recovery dari file backup yang sudah dibuat. Sebenarnya langkah ini tidak terbatas hanya utk backup dari PQSERVICE saja, tapi seluruh backup yang dilakukan dengan software Macrium Reflect bisa direstore dengan langkah ini.

    Meski basis dari Rescue CD ini adalah linux, tapi tidak usah takut, karena tampilannya sudah diganti seperti Windows dan udah mengenali mouse secara otomatis.

    Langsung saja, proses recovery dimulai :

    1. Masukkan Rescue CD yang sudah dibuat dan setting bios anda untuk boot dari CD.Tunggu beberapa saat hingga tampilannya seperti berikut. Selanjutnya klik Next.
      1.jpg
    2. Tampilan selanjutnya akan menunjukkan drive (partisi) anda.
      Catatan: Tampilan drive mungkin tidak sama pada komputer anda.
      3.jpg
      Pilih direktori tempat anda menyimpan file backup yang akan direstore.
    3. Tampilan berikutnya menampilkan informasi detil partisi dari file yang dibackup. Pada contoh kali ini, saya hanya mempunyai 1 partisi, tapi dikomputer anda bisa berubah-ubah sesuai partisi yang sudah anda backup.
      Pilih (C:) dan klik Next.
      4
    4. Berikutnya adalah tampilan lokal harddisk anda. Anda bisa melakukan restore pada partisi mana saja, bahkan anda bisa merestore pada partisi kosong pada harddisk yang lain.
      5
      Pada experimen kali ini, kita akan merestore partisi yg dibackup pada semua partisi di disk 1. Yang perlu kita lakukan adalah melakukan centang contreng pada kotak di disk 1. Jangan lupa tekan tombol Ctrl pada saat memilih lebih dari 1 partisi.
      5a
      Tekan Next untuk melanjutkan
    5. Selanjutnya, pilih Active dan klik Next.
      6
    6. Karena kita memilih partisi yang akan direstore lebih besar daripada file yg dibackup, maka ada kesempatan untuk memperbesar partisi tujuan.
      7
      Lakukan drag kekanan sesuai kebutuhan, lalu klik Next.
    7. Halaman selanjutnya adalah Verify Image. Klik No Thank You. Klik Next.
      8
    8. Tampilan berikutnya adalah opsi untuk restore MBR (Master Boot Record). Tetap pilihan default ‘Replace with the Master Boot Record from the backup’ dan klik Next.
      9
    9. Opsi berikutnya adalah verifikasi file sistem. Langkah ini tidak perlu, pilih opsi No, klik Next.
      10.jpg
    10. Langkah berikutnya adalah langkah terakhir. Klik Finish untuk memulai Restore.
      11.jpg
      Proses restore akan berjalan. Jika sudah selesai, anda bisa klik Back dan merestore partisi lainnya atau klik Cancel untuk melakukan restart komputer.
      13.jpg
      Klik Cancel lalu klik OK untuk reboot.
      14.jpg

    Proses restore sudah selesai. Selanjutnya tinggal melihat hasil dari restore anda.

    Untuk restore partisi PQSERVICE, otomatis partisi ini tidak terlihat, karena kondisi awalnya memang sudah tersembunyi. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat buat semua.

    Jika ada saran/kritik, silahkan posting disini.

Conversation

47 Comments {+}
  1. herfien /

    saya baru beli AOD250 tapi terlanjur saya isi berbagai macam program, jika saya ingin mempartisi hd saya menjadi beberapa partisi, apa yang harus saya lakukan. terus terang saya agak bingung membaca tutorialnya, kalau bisa tahap demi tahap , thanks

    • Untuk tutorial spt itu saya belum membuatnya. Tapi yang jelas, pak herfien install dulu aplikasi power quest partition magic. Kalau sudah selesai, disana ada menu Wizards yang bisa bpk ikuti caranya. Ada cara utk membuat partisi dari awal, atau membagi partisi yang sudah ada menjadi beberapa bagian, dsb. Semuanya ada di Wizards pak.
      Selain itu, laptop AOA150 saya brusan saya install ulang, pindah ke windows xp pro, sehingga aplikasinya juga ikut terhapus. Jadi saya tdk bisa capture cara-caranya disini. Coba pak herfien coba dulu, klu windows saya sudah running well, Insya Alloh akan saya bagikan caranya disini.

      Terima kasih

      • ngapian repot mas acer kan punya recoveri sendiri
        tingal tekeen alt+f10 pada saat booting tar bisa balik lagi deh ke pada saat windows bawaan pabriknya
        infonya basi mas n gak oke,,,, sampah abis deh,,, hhhhe,,,
        info dodol di pasang

        • Sepertinya anda tidak mempunyai bahasa yang lebih bagus untuk dikatakan, padahal di website anda, kontennya banyak berbicara soal sosial. Seharusnya anda baca dulu artikel saya di http://agungprasetyo.net/2009/05/06/tutorial-acer-aspire-one-a150-bag-1-backup-pqservice/ dan http://agungprasetyo.net/2009/05/29/tutorial-acer-aspire-one-a150-bag-2-experimen/ baru baca artikel yang anda komentari. Padahal di artikel pertama tsb dijelaskan secara gamblang erecovery management Acer spt yg mas dhye katakan.

          Btw, terima kasih sudah berkunjung, dan menunjukkan kepribadian buruk anda ke publik.

        • Bernard Bear /

          Udeh, Pras jangan ragu bagi-bagi elmu.
          Sebasi apapun elmu, tapi bagi yang belon tahu mah tetep aja aktual.
          INGET, Coy… Shodaqoh elmu itu Pahalanya Jariyah.
          Walau udeh mate (maot atau wapat) pahala tetep ngalir selama dipergunakan demi kabekan. Penyebar elmu “keciptaran” pahalanya. Walaupun Udeh kagak ada lagi di dunia.
          Pokoknya Tancap Gas terus bagi-bagi elmu.
          Allah SWT gak akan pelit pahala bagi yang mengamalkan Ajaran-Nya.

          Salam hormat buat semua,
          Bernard Bear
          Si Dhoif yg slalu ingin tahu

          • amiin… semoga barokah. Insya Alloh kalau saya tahu ilmu baru, pasti saya bagi-bagikan… :)

        • @Res : klo kondisi partisi masih normal, banyak pemakai lepty Acer juga tahu recovery itu….. masalahnya, gmn kalo partisi PQSERVICE nya udah hilang gak berbekas kena partition magic ??? gitu…….
          Ente punya solusi ????

  2. Oceandhi Nugraha /

    Salam hormat buat Mas Prazetyo….
    Saya juga lagi kerepotan browsing mencari berbagai cara untuk mempartisi Acer AOD 250 miik saya ini. OS Original Windows XP SP3. masih satu partisi. Tolongin saya ya Mas,.. bagaimana cara termudah, sederhana untuk mempartisi harddisknya (menambah satu partisi)???

    kalo bisa send to my mail aja ya mas, ke oceandhi5@yahoo.com .. he he he Thanks before.

    • Salam juga mas Nugraha. Coba mas Nugraha pake software Easeus partition manager. Saya kemarin mencoba partisi HD di Acer Aspire One A150 pake Easeus yang Home Edition (free). Proses lancar tanpa ada masalah. Kalau AOD 250, saya belum pernah coba, tapi rasanya sih gak masalah mas. Trial aja mas…kan AOD-nya masih ada recovery-nya… hehehe.

      Good Luck!

  3. Maaf mas, mo curhat dikit. Heee…
    Temen saya punya netbook compaq. dia udah martisi haridisknya. jadi windows aslinya dah hilang. kira2 bisa gak ya pake windows asli xp home punya acer? karena windows aslinya sebelum terhapus tuh xp home juga…

    • Ya logikanya bisa saja sih mas. Tapi lisensi OEM yang menempel di laptop Compaq itu sudah hilang, karena sudah diganti Windows lain. Kalaupun diganti dengan Windows XP Home punya Acer, tetap saja “menurut” Microsoft lisensi Compaq sudah tidak berlaku. Jadi tetap istilahnya tetap “bajakan” meski Windows XP Home dari laptop Acer itu orisinil.

      Tapi kalau mas Ayok mau install Windows XP dari Acer, ya tetap bisa dilakukan koq mas.

      Semoga bermanfaat

  4. salam kenal mas…
    saya mau minta sarn ne mas…
    saya punya aspire one pro P 351 h adamasalah dengan windows xp home edition nya sering BSOD dan restar setelah masuk windows ada tapil tulisan kurang lebih bunyinya “sistem recovery from serius eror”.
    sudah saya bawa ke acer kmudian hardis nya diganti itu menurut cs nya….
    tapi kok masalah nya masih BSOD juga ya mas…
    solusinya gmna ya mas biar aspireone saya bagus lagi ya…

    • Maksudnya mas andi sudah ganti HD ??? Kalau masih ganti HD masih spt itu, berarti masih ada hardware yang tidak kompatibel dengan OS anda mas. Akhirnya bikin BSOD terus. Dulunya pas baru beli apa juga langsung spt ini atau tdk apa-apa ?

      • iya mas hdd nya dah di ganti sma pihak acer, makanya partisi yg tersembunyi dah hilang..
        setelah pemakaian 1 bulan mas mulai bsod terus…
        sekarang malah sudah saya instal sp2 tapi masalahnya juga gk ilang tetep juga bsod.
        ada solusi lain mas..?
        apa prosesornya yng lemah ya…???

        • Harusnya mas andi minta juga partisi PQSERVICE tsb. karena di partisi tsb ada lisensi dan driver dari netbook kita. Kan seharusnya sudah jadi “paket” penjualan. Sepertinya kasus mas andi ini termasuk langka dan parah (maaf loh mas…). Kalau prosesor lemah sih gak ada, cuman ada h/w yang gak kompatibel itu mungkin. dalam artian gak kompatibel, ada h/w yang rusak/crash dengan sistem operasi. Kalau prosesor setahu saya mas, kalau gak bisa ya berarti mati.

          Coba cek juga mas…apa mungkin netbook sangat panas (krn kipasnya bermasalah), sehingga prosesor melewati batas amannya. Saran saya, sepertinya mas andi bisa klaim ke pihak acer masalah ini. Tentunya dengan after sales yang lebih bagus lagi.

          Semoga bermanfaat.

  5. ok deh mas saya cba klaim ke acer lagi..
    ntar klu ada kabar terbaru lagi saya kabari lagi
    terima kasih atas sarannya

  6. mas saya beli ao 532h dengan system operasi windows 7 starter, itu harus diaktifasi lagi nggak yah, terus bagaimana cara backup sistem operasi, kan tidak ada cd windowsnya…
    thanks b4

  7. yonika /

    bos, ko gambar no 3 di tampilan waktu sy praktekin yg kelihatan bukan drive c (yang akan di restore), tapi drive yang laninya (FAT32 yang berisi backup file yg untuk 4…gb). apa musti software harus licence ??.

    • gak koq. kan macrium itu saya sarankan yang free…bukan yang berbayar. masalah drive, kan tergantung juga pada saat melakukan partisi. Jadi hasilnya bisa berbeda-beda, tergantung anda. Kalau saya pas munculnya drive C karena hanya drive itu yang saya bikin.

      • yonika /

        kemaren sy bikin beberapa partis, tapi yang muncul cuman itu doang (FAT 32) yang lainnya ga ada.

        kemudian masalah lain, bisa ALT+F10 dan tapi kenapa ga bisa disetup windwsnya. begitu di restar ke eRecovery Management berkali2 dan blom bisa install windows.

        kira2 apanya ya ??

      • yonika /

        bos, selain pake MR pake apa lagi ya yang free ??

        • waaduh, kurang tahu ya. Tapi kan MR itu fungsinya backup membackup partisi menjadi image dan bisa merestore-nya lagi, jadi yaa harusnya banyak s/w yg serupa. Tapi masalahnya belum pernah nyoba yang lain.

  8. mas numpang tanya,,,
    kan saya backup pqservice,,,
    lalu hasil backup saya copy ke :C
    lalu apakah hasil dari recovery itu partisi :C saya jadi :PQSERVICE
    atau malah partisi :C saya jadi sistem windows yang tersimpan di partisi :PQSERVICE itu????

  9. mas numpang tanya,,,
    kan saya backup pqservice,,,
    lalu hasil backup saya copy ke :C
    lalu apakah hasil dari recovery itu partisi :C saya jadi
    : PQSERVICE
    atau malah partisi :C saya jadi sistem windows yang tersimpan di partisi : PQSERVICE itu????

  10. hachigatsu /

    Mas blh nanya gak?klo partisi di C lbh banyak,berat gak bwt operasi windowsnya?ato lbh bgus lg?makasih

    • Gak juga sih mas, selama partisi C banyak kosongnya. Lah kalau partisi besar, tapi isinya juga buanyak, ya itu yang bikin berat mas. dgn partisi C banyak kosongnya, kan bisa menjadi swap memori buat menjalankan aplikasi-aplikasi yag ada di pc. Tapi usahakan minimal 2 partisi di komputer kita. drive C “hanya” untuk sistem, sedangkan drive D “khusus” untuk data-data. Jadi misalkan ada masalah, data kita tetap aman, karena berada di partisi yang berbeda. Kalau bisa juga, drive D ber-file system FAT32.

      Semoga bermanfaat.

  11. Mas mau tanya ni…

    bs g file backupnya MR d satuin ama rescue cd nya…

    coz agak ribet sc lw hrus bwt 2 cd. kn sayang kapasitas cd nya banyak terbuang ut bwt rescue cd yg hanya berkapasitas 7mb.

    tolong y Mas

    • Ya kalau dipikir-pikir memang sayang, cd ukuran 750mb, cuman terpakai 7mb. Tapi kan rescue cd dibuat otomatis oleh aplikasinya, yaa kita gak bisa ngapa-ngapain. Seperti model linux yang berekstensi ISO. Kalau sudah diextract ya otomatis langsung terbuat segitu, meski itu 7mb, 50mb, atau yg 750mb.

  12. mas, saya punya netbook acer a150 win xp home licensed.
    tapi saya ga bisa nge recovery dari acer erecovery managementnya, sekarang saya pake win yg bajakan gara2 ga bisa di recover.

    gimana caranya mas kalo untuk membuat netbooknya kembali ke settingan pabrik ?

    saya udah backup PQSERVICE.

    • Agar bisa menggunakan perintah ALT+F10, MBR bawaan acer harus ada. Pada bagian kedua tutorial saya kan sudah dijelaskan. SIlahkan dibaca dan dicoba dulu. Semoga sukses.

      • mas, ternyata MBRnya yg bermasalah.
        terima kasih infonya.

        oiya, batas licensed win ori di a0a150 berapa kali ya mas ? kalo denger2 sih 5x. bener ga ?
        saya ingin menginstall windows yg lain, tapi nanti takutnya gak ori gara2 sering diinstal os lain.

  13. EKO HANDRIANA /

    mas agung mana tutor membuat pqservice ala acer
    kok blm terbit,saya setis membaca artikel mas agung.saya tunngu

    • Mas, saya sudah jawab di komen anda sebelumnya :

      Sepertinya tidak bisa mas membuat pqservice. Karena memang pqservice ini bawaan dari acer, dan sampai saat ini, saya tidak belum menemukan aplikasi utk membuat model recovery spt ini. Kalau sudah hilang, yaa artinya tidak bisa dikembalikan lagi.

  14. fiawan /

    salam kenal,
    mo nanya bos!!
    aq punya acer AO 532h 2Bb dg OS bawaan windows xp, la skrng aq pengin pake windows 7 ultimate. gmn lngkh2 gntiny yg bnr? kmrn aq dh cb upgrade, dg windows easy transfer, sukses awalny, tp setelah restart kok muncul acer eRecovery management, trs pd plhn acer eRecovery, aq plh yg nomor 1, stlh selesai, restart, booting kmbli ke windows xp, tp kok bs?  muncul blue screen!!
    mhn pencerahannya !!apa yg hrs aq lakukan skrng? biar sukses gnti ke windows 7?
    trm ksh sblmny

  15. Mas, tolong tanya laptop saya aspire one AOA150 mau saya recovery, tapi kenapa saat di tekan tombol alt+f10 koq ndak bisa? kondisi saat ini laptop lemot sekali dan banyak virus. Bagaimana cara atasi agar laptop saya bisa melakukan recovery kembali (serial no windowsnya ada yang ilang 2 digit) saya belum pernah rubah-rubah partisinya. and thank’s.

    • koq tidak bisa? harusnya bisa mas. kecuali memang MBR nya bermasalah. apakah partisi pqservice masih ada?

  16. abdullah /

    terima kasih, sangat bermanfaat. Semoga dibalas dengan balasan yang lebih baik dari Sang Pencipta.

  17. abdullah /

    Mau nanya kalau laptop acer pakai alt-f10, kalau laptop merk yang lain apa? terima kasih.

  18. abdul123 /

    om,kmaren kan leppy acer aspire one a150 ane kan ane install ulang ubuntu,jadi semua partisinya keformat….

    termasuk PQSERVICE nya…
    cara balikin biat itu partisi PQSERVICE nya di hidden gimana????
    soalx ane ud pux backupnya…
    ane ud partisi ulang HDD nya…
    tapi kog PQSERVICE nya tetep keliatan???

    • Coba pake fdisk dari linux, llau jadikan EISA hidden partition. aau pake software partition manager jadikan EISA.

  19. Mas, aku ada masalah nih….

    Acer AO532h hdd rusak ganti hdd baru, Partisi PQSERVICE udah aku copy ke hdd baru.

    Aku ga menemukan file MBRwrWin.exe    ma satunya *.bin (sorry lupa) di dalam isi Partisi PQSERVICE.

    Dimana bisa mendapatkannya ? 

    Saat ini aku install di hdd baru win7 ultimate. Di booting screen muncul pilihan boot windows 7 dan windows setup (EMS enable) untuk recovery.

    Saat aku jalankan proses eRecovery macet di proses “cann’t find path M:\D2D\images\*.swm , gimana cara benerinnya ?

    Thanks before….       

  20. Mas mw tnya donk laptop acer sya msh pake system recovery dan hanya ada drive C saja,, yang sy mw tnya bgmna cr membuat partisi D yang aman ketika di recovery kembali partisi D tetap ada

  21. Noerman /

    Mas tolongin donk, ak punya AO 532h. Karena banyak virus saya coba pake Acer eRecovery Management. Tapi kenapa ga bisa ya padahal udah jalan restore progressnya, tapi pas restart lagi muncul Acer eRecoverynya terus. Mohon bantuannya. Trims

You are here:   agungprasetyo.net > Tutorial > Recovery PC Menggunakan Macrium Reflect Rescue CD
Top