• 10 Tips Membuat Penggunaan UMPC/Netbook Lebih Maksimal
    1 Jun
    Post prazetyo   Top Blogs  Print This Post
    http://agungprasetyo.net/tips-n-trick/10-tips-membuat-penggunaan-umpcnetbook-lebih-maksimal

    Meski peredaran UMPC/Netbook sudah lama ada, tapi hingga saat ini, produk ini tergolong masih diminati oleh pengguna. Apalagi beberapa vendor di Indonesia malah beramai-ramai mengeluarkan produk terbaru mereka yang berupa UMPC/Netbook.

    Buatlah Lebih Baik

    Berikut ini, akan saya berikan tips yang bisa membuat pengalaman ber-netbook anda lebih maksimal.

    1. Jangan Upgrade Sistem Operasi

    Kecuali hal tsb sangat penting, upgrade OS lebih baik tidak dilakukan. Yang lebih baik anda lakukan adalah downgrade OS untuk mendapatkan performa/kinerja lebih baik. Karena netbook memang di desain khusus untuk ultra-portabel, jadi netbook tdk dilengkapi dengan prosesor yg tinggi. Jadi downgrade dari Windows Vista ke Windows XP – sebagai contoh – bisa memberikan kinerja lebih baik/cepat.

    2. Investasikan Ke Tas Laptop Yang Berkualitas

    Saya tahu setiap pembelian produk semacam netbook pasti mendapatkan tas kecil/mungil yg pas dengan netbook anda. Tetapi, hal tsb tidak akan bisa mengakomodasi kebutuhan spt charger atau aksesoris lainnya. Tentu tas kecil/mungil tsb bisa dibawa kemana-mana, tetapi untuk mobilitas yg tinggi, rasanya sebuah tas laptop yg berkualitas lebih dapat mengakomodasi kebutuhan anda. Sekarang sudah banyak merk/brand tas laptop seperti misalnya Eiger atau BodyPack dengan harga yg yaaa. relatif terjangkau lah. *tapi belum terjangkau buat saya… he3x
    Sebagai alternatif, anda bisa membeli tas laptop dgn ukuran 12′ karena pastinya ukurannya tdk sebesar yg 14′ atau 15′, dan tentu harganya lebih murah.

    3. Beli Baterei Cadangan atau yang Ukurannya Lebih Besar

    Kapasitas baterei dgn cell yang lebih banyak spt baterei 6-cell atau 9-cell mungkin tdk cocok utk semua orang, tapi jika anda sering melakukan travelling, hal ini adalah berkah. Jika anda mempunyai dana lebih, carilah baterei dgn jumlah cell yg lebih banyak, seperti 6-cell yg bertahan antara 5-6 jam atau baterei yg kuat hingga 12 jam. Jangan lupa juga, bahwa baterei tsb kemungkinan tidak muat di tas kecil/mungil anda karena ukurannya yg memang agak besar. Lihat solusi nomer 2.

    4. Menggunakan Monitor Eksternal yang Lebih Besar

    Ukuran layar dari netbook berkisar antara 7 hingga 10 inci, dan itu tergolong sangat kecil. Jika anda sering menggunakan netbook anda di rumah atau dikantor, mensetting monitor eksternal sebagai alat bantu adalah ide yang lumayan bagus. Yang jelas, mata anda akan lebih “santai” daripada biasanya..

    5. Jangan Jalankan Banyak Aplikasi di Proses Background

    Netbook dibuat untuk mobilitas portabel, jadi jangan samakan dengan dekstop PC. Tentunya adalah hal bagus untuk mempunyai aplikasi yang sama yang biasanya dipakai di desktop PC, tapi hal ini akan membuat kinerja netbook anda menjadi sangat lambat. Cobalah untuk lebih selektif dan memilih aplikasi mana yang akan berjalan di proses background, atau uninstall aplikasi yang jarang anda pakai.

    6. Gunakan Keyboard & Mouse yang Bagus

    UMPC/Netbook hadir dengan harga yang relatif terjangkau, tetapi masalahnya produk ini juga memangkas ukuran dari keyboard dan touchpad. Sehingga terkadang ukuran tsb kurang nyaman apabila anda terbiasa dengan keyboard/mouse di desktop PC. Solusi paling praktis adalah membeli keyboard atau mouse eksternal. Jika anda tergolong orang yang senang travelling, anda bisa mempertimbangkan untuk membeli keyboard lipat dan mouse yg standar yang mudah dibawa.

    7. Sebuah Media Player Portabel

    Dengan berbagai model baru yang sudah menyertakan harddisk besar dalam paketnya, netbook adalah sebuah multimedia portabel. Untuk merubah netbook anda menjadi sebuah PMP (Portable Media Player), anda butuh menginstall beberapa aplikasi multimedia. Untuk mendengarkan musik, anda bisa install iTunes, atau bawaan dari OS seperti Windows Media Player. Untuk menonton video, K-Lite Codec Pack with Windows Media Player Classic adalah pilihan yang tepat. Saya sudah lama menggunakan aplikasi ini. Selain gratis, aplikasi ini hampir bisa memainkan segala jenis format video, dan yang paling penting, aplikasi ini gratis.

    8. Belilah CD/DVD ROM atau Harddisk Eksternal

    Meski harddisk sudah berpuluh-puluh giga, tapi bagi orang jaman sekarang, jumlah tersebut masih kurang. Kebutuhan akan penyimpanan data memang menjadi salah satu hal mendasar saat ini. CD/DVD ROM atau harddisk eksternal saat ini harganya sudah relatif terjangkau. Jika anda ingin membaca media CD/DVD, membeli sebuah perangkat CD/DVD Rom adalah suatu pilihan yg bijak. Sedangkan jika anda tergolong orang yang sering berpindah komputer dan membawa data tsb bersama anda, rasanya sebuah harddisk eksternal akan membantu hari-hari anda dengan mudah. Kedua perangkat tersebut saat ini bisa ditemukan dimana dengan harga masing masih dibawah 1jt rupiah.

    9. Memberi Netbook Anda Eksesoris

    Tren gaya tidak hanya melanda di bidang fashion saja, tapi ini adalah gaya hidup. Termasuk menambahi netbook anda dengan berbagai macam aksesoris,seperti misalnya cover stiker hingga ke screen/keyboard protection. Hal ini tentunya menambah gaya netbook anda agar lain daripada yang lain. Selain itu, juga bisa melindungi netbook anda dari goresan atau kotoran yang tidak sengaja bisa menempel di netbook anda. Kisaran harga untuk aksesoris ini berkisar antara 75.000 – 150.000an.

    10. Netbook Anda Sebuah Game Center

    Untuk hal ini, anda perlu berhati-hati. Anda tentunya tidak bisa mengharapkan netbook anda memainkan game dgn kualitas 3D terbaik. Tapi jika untuk memainkan game-game yg biasa atau game tertentu tapi dengan menurunkan kualitas gambar, tentunya netbook anda masih mampu. Untuk memainkan DOS game, installah aplikasi DOSBOX. Sedangkan untuk game 3D, mungkin anda bisa mencoba aplikasi 3DAnalyze yang bisa menjalankan game 3D tanpa vga card yang terpisah.

    Semoga tips diatas bisa membantu dalam memaksimalkan kenyamanan penggunaan netbook anda. Saran/kritik, monggo..silahkan..

Conversation

2 Comments {+}
  1. jatmika eka chandra /

    mas agung mau tanya kalo acer AO531H kira-kira bisa lancar ndak kalo pake windows 7 ultimate edition? terima kasih mas..

    • ya, lihat dulu memorinya mas. kemarin temen beli acer happy dgn memori 1gb, ya lumayan lancar koqpake windows 7. tapi sepertinya bukan yg versi ultimate. pake versi windows 7 paling rendahpun kalau aplikasi sudha banyak, pasti lelet. apalagi netbook skrng memori 1gb, yaa jadinya tersendat-sendat. Mungkin upgrade memori bisa jadi opsi mas

You are here:   agungprasetyo.net > Tips 'n Trick > 10 Tips Membuat Penggunaan UMPC/Netbook Lebih Maksimal
Top