• Bagaimana Mengukur Jarak melalui Alat Pengukuran Jarak Jauh (Distance Measurement Tool) di Google Maps
    23 Jun
    Post prazetyo   Top Blogs  Print This Post
    http://agungprasetyo.net/techno/bagaimana-mengukur-jarak-melalui-alat-pengukuran-jarak-jauh-distance-measurement-tool-di-google-maps

    Kemudahan dalam mendapatkan informasi adalah hal yang sangat penting saat ini. Berbagai fasilitas dan layanan diberikan sebagai cara agar kita (user/pengguna) bisa dengan cepat dan mudah dalam mencari informasi yang kita butuhkan. Salah satunya adalah peta.

    Google Maps adalah layanan Google yang menawarkan teknologi pemetaan yang canggih dan mudah digunakan serta informasi bisnis yang mencakup lokasi bisnis, informasi kontak, petunjuk mengemudi, hingga jarak antar lokasi.

    Bagi pengguna yang berkecimpung di bidang survei tanah dan sejenisnya, mungkin perlu melakukan pengukuran jarak antara dua atau lebih tempat dari peta dari waktu ke waktu. Daripada harus melakukan secara manual dengan penggaris skala ukur, Google Maps telah menambahkan fitur baru, yaitu Distance Measurement Tool atau Alat Pengukuran Jarak Jauh. Dengan alat ini, pengguna diberikan kebebasan dalam memilih satuan panjang yang ingin digunakan, seperti metrik, kaki, inci, dll untuk mengukur jarak langsung dari satu titik ke titik lain di peta.

    Cara Pengaktifan

    Untuk bisa mengaktifkan alat ini, dari tampilan Google Maps klik Google Maps Labs.

    image01

    Aktifkan Distance Measurement Tool dan klik Save Changes.

    image02

    Setelah fitur ini diaktifkan, pengguna akan melihat ikon penggaris kecil yang terletak di sudut kiri bawah peta. Pengguna hanya perlu untuk mengklik pada ikon penggaris dan pengguna akan dapat langsung menggunakan tool tersebut. Caranya klik pada lokasi awal dan tentukan lokasi akhir dari pengukuran dan lakukan klik. Pengguna juga bisa mengetahui jarak dari beberapa tempat sekaligus.

    Resize of image03

    Pengguna dapat mengklik “i’m feeling geeky” untuk memilih berbagai ukuran unit panjang yang ditawarkan oleh Google Maps.

    Resize of image04

Conversation

No Comment {+}

Comments are closed.

You are here:   agungprasetyo.net > Artikel > Bagaimana Mengukur Jarak melalui Alat Pengukuran Jarak Jauh (Distance Measurement Tool) di Google Maps
Top