Kemarin pas blogwalking ke blog daily DailySocial, saya menemukan berita kalau Twitter baru saja membuat tombol khusus yang dipergunakan sebagai “follow” suatu profil di Twitter. Dengan fitur baru ini, tentunya akan membuat account resmi blog jauh lebih interaktif. Menurut blog twitter, tombol “Follow” diperkenalkan secara masif oleh Twitter bersama-sama dengan lebih dari 50 situs, termasuk sejumlah situs artis ternama seperti Justin Bieber, Britney Spears, Lady Gaga dan Jennifer Lopez, untuk membantu para penggemar untuk mengikuti akun Twitter orang yang dikaguminya, apakah itu reporter, artis ataupun atlet. Menggunakan tombol “follow” ini semudah Anda melakukan sekali klik. Anda juga dapat melihat profil dan tweet terbaru dari account yang ingin Anda ikuti dengan mengklik nama pengguna di tombol tersebut.

Nah, bagi kita-kita yang bukan orang terkenal 🙂 , tetap saja bisa menikmati fitur terbaru dari Twitter dengan memasang tombol “follow” ini diblog pada lokasi yang strategis, agar follower kita makin banyak dan tentunya dengan makin banyaknya follower, kita jadi terkenal dong, hehehe.

Kerennya lagi, pembuatan tombol “follow” ini sangat mudah. Bahkan menurut devilworkshop, pembuatan tombol “follow” ini tidak sampai 2 menit. Bagi Anda yang ingin membuat juga tombol “follow” ini, tidak usah blogwalking ke devilworkshop, karena disini saya akan membahasnya untuk Anda.

Membuat Tombol “Follow”

  • Klik link berikut ini untuk menuju ke halaman twiter.
  • Setelah itu, pada What’s your user name? masukkan username Anda pada kotak isian yang sudah disediakan.

  • Untuk warna background, silahkan pilih yang sesuai dengan blog Anda. Karena warna dasar untuk penempatan tombol “follow” pada blog saya berwarna gelap, maka saya pilih yang Dark.
  • Sedangkan untuk Show follower count? itu terserah Anda.
  • Kalau sudah, silahkan copy skrip yang berada pada kotak sebelah kanan dan lakukan paste pada blog Anda.
  • Jika Anda ingin meletakkan tombol “follow” ini di sebelah kanan, atau merubah panjangnya, klik pada link View Documentation.

Ok, proses pembuatan tombol “follow” sudah selesai. Anda bisa melihat perubahan yang saya lakukan pada bagian footer dari blog saya khusus untuk twitter.


Versi Lama


Versi Baru

Semoga bermanfaat 🙂