Bismillahirohmanirrohiim…

Alhamdulillah, setelah beberapa lama tidak aktif, akhirnya saya bisa punya kesempatan untuk menuangkan uneg-uneg saya kembali disini. Mungkin ada yang heran atau bertanya-tanya, “koq judulnya nanggung banget sih”.. atau “judulnya kok kaya orang mau pacaran saja ya??”hehehe… yaa tidak apa-apa. Terkadang judul yang aneh begini malah membuat orang penasaran, buktinya Anda menyempatkan membaca tulisan saya ini..hehehe #eeh

Tulisan kali ini saya mau bercerita tentang awal perkenalan saya dengan mesin pintar yang bernama komputer dan sistem operasinya, yang pasti saya yakin semua orang tahu tentang hal ini.

Ketika saya dan adik saya pertama kali menerima hadiah sebuah komputer dari Bapak, kami berdua sangat merasa senang. Kalau tidak salah saat itu sekitar tahun 1989-1990 an, dan kami berdua masih di Sekolah Dasar Negeri Kedurus III/430 di Bogangin (depan SMP Negeri 16 Surabaya). Memang ketertarikan kami berdua akan komputer (dulu belum ada istilah Teknologi Informasi, ICT dsb) sangat besar, karena kami merasa komputer adalah sesuatu hal yang mengasyikkan dan keren. Hampir tiap hari kami bergantian menggunakan komputer tersebut baik untuk belajar dan bermain. Benar-benar kenangan masa kecil yang sangat indah 🙂

Ok, cukup bernostalgianya.. back to bussiness… hehehe

Setelah beberapa saat menggunakan komputer hadiah dari Bapak, kami juga sempat melakukan beberapa upgrade prosesor dari Intel 486 DX, DX2 hingga X4. Saat itu masih menggunakan sistem operasi Windows 3.11 dan bagi kami saat itu, sistem operasi ini adalah sistem operasi yang paling kereeen! (yaa mungkin karena tidak tahu kalau ada sistem operasi lainnya, hehehe).

win311logo

Lalu muncullah Windows 95, Windows 98, Windows 98 SE (Second Edition) dengan visualisasi yang lebih keren dibandingkan sistem operasi sebelumnya. Untuk periode penggunaan, Windows 98 SE merupakan sistem operasi terlama yang saya gunakan sebelum kenal dengan Windows XP. Kedatangan Windows 98 SE ini juga dibarengi dengan hadirnya browser Internet Explorer 5.0 yang awalnya di Windows 95 untuk versi pertamanya. Seiring dengan makin bagusnya visualisasinya, otomatis kebutuhan perangkat keras seperti prosesor, memori dan perangkat lainnya juga harus di-upgrade. Mulailah mengenal prosesor Intel Pentium II, Intel Pentium III, dan Intel Pentium IV. Memori komputer yang dulu hanya dengan 256 kB atau 512 kB sudah terasa cepat, kini dengan makin bagusnya visualisasi, maka otomatis memori juga harus diupgrade minimal menjadi 16 MB.

Ketika saya menginjak bangku kuliah Diploma Satu Jaringan Komputer di STIKOM Surabaya, saya mulai dikenalkan dengan Windows NT yang mana sistem operasi ini memang dikhususkan untuk keamanan, multi user dan mendukung multi prosesor. Tidak lama setelah itu, muncullah Windows XP dengan visualisasi yang jauh lebih baik lagi. Sebelum Windows XP, sebenarnya muncul Windows ME, tetapi saya tidak pernah mencoba sistem operasi ini.

Meski saat ini sudah sudah muncul Windows 7, Windows 8 bahwa sudah santer akan kedatangan Windows Blue atau Windows 8.1, hingga saat ini, saya masih “setia” menggunakan sistem operasi Windows XP Professional with Service Pack 3. Bukannya karena spesifikasi komputer yang tidak memadai atau karena tidak bisa mengoperasikan sistem operasi terbaru itu, tetapi karena lebih dititik beratkan di kebutuhan. Bagi saya, dengan Windows XP semua kebutuhan saya untuk mengerjakan pekerjaaan saya sudah terpenuhi, dan saya tidak terlalu mementingkan visualisasi yang bisa Aero atau jungkir balik dan sebagainya 🙂 .

Bagi Anda yang suka dengan tampilan dan visualisasi yang keren, lalu ingin mencoba fitur-fitur yang ditawarkan maka menurut saya, WAJIB bagi Anda untuk mencobanya.  Apalagi spesifikasi komputer standar saat ini sudah cukup mumpuni untuk menjalankan sistem operasi seperti Windows 8 yang mempunyai visualisasi sangat menarik.

windows8-home

Nah, bagi Anda yang mungkin belum pernah mengalami masa-masa Windows 1.x, Windows 3.x, Windows 9.x, Anda bisa melihat video dibawah ini. Video ini dibuat ZlotyObin yang mendokumentasikan transformasi dari rilis pertama Windows hingga versi terbaru. Di video ini Anda juga bisa melihat berapa lama proses instalasi Windows 1.0 hingga ke Windows 8. Lalu muncul juga game paling populer yaitu Doom yang dijalankan di  beberapa sistem operasi.

Baik komputer, sistem operasi, dan hal-hal yang berkaitan dengan ini pasti akan terus berkembang melebihi ekspektasi kita semua. Apakah Anda ingin mengikuti apa yang ditawarkan atau tidak, semuanya kembali ke Anda sebagai pengguna. Jadi, selalu bijaklah dalam mengambil keputusan.