• 5 Alasan Menggunakan Browser Firefox 5
    22 Jun
    Post prazetyo   Top Blogs  Print This Post
    http://agungprasetyo.net/artikel/5-alasan-menggunakan-browser-firefox-5

    Hari ini, ketika membaca salah satu artikel di detikinet yang menyebutkan bahwa browser Mozilla Firefox versi 5 sudah secara resmi dirilis, saya langsung menuju ke TKP. Tujuan saya adalah segera men-download dan mencobanya. Dengan ukuran 13MB (lebih besar dari Firefox versi 4), proses download berjalan dengan lancar, dan browser yang saya gunakan untuk menulis artikel ini sudah menggunakan Mozilla Firefox versi 5 :).

    Salah satu yang selama ini rasakan ketika menggunakan browser Mozilla Firefox adalah penggunaan memori yang besar. Jadi ketika saya membuka halaman lebih dari 10 tab, maka kinerja komputer menjadi menurun. Nah, pada versi 5 kali ini, Mozilla mengklaim versi kali ini akan lebih ringan sehingga tidak memakan memori lebih banyak. Yaa, nanti akan kita buktikan.

    Secara keseluruhan, setelah saya mencoba beberapa waktu, tidak banyak perubahan berarti pada versi kali ini bila dibandingkan dengan Mozilla Firefox versi 4 yang sangat terasa perubahannya. Tapi yang jelas, versi 5 ini terasa lebih “ringan”.

    Dengan versi final dari Mozilla Firefox 5 ini, ada beberapa alasan kenapa Anda harus mencobanya

    Perlindungan Terhadap Privasi Anda

    Fitur Do Not Track memberikan user lebih banyak kontrol terhadap pelacakan perilaku browsing mereka dan istilahnya memberikan informasi kepada website yang dikunjungi bahwa user memilih untuk keluar dari pelacakan. Sekarang, dengan versi final ini, fitur Do Not Track lebih mudah ditemukan pada bagian Options.

    Perlu dicatat juga adalah bahwa Firefox 5 untuk Android sudah menyediakan fitur ini, membuat Firefox adalah browser pertama yang mendukung fitur Do Not Track di beberapa platform.

    Ringan dan Cepat

    Setelah proses instalasi, saya merasakan memang browser ini terasa lebih cepat, dan hal ini didukung oleh benchmark yang dilakukan oleh Digitzor. Dari data tersebut bisa dilihat bahwa Firefox mengalahkan 2 browser pesaingnya yaitu Chrome dan Opera pada tes SunSpider Javascript. Selain itu, Firefox 5 juga mengambil  memori paling sedikit, meski membuka 25 website secara bersamaan.


    Runfield adalah game web-based yang dibuat dari JavaScript dan Canvas. Silahkan mencoba >

    Mendukung Open Web

    Dengan dukungan terhadap HTML 5, XHR, MathML, SMIL dan canvas, Firefox 5 adalah browser yang tepat untuk Anda. Add-on terbaru Firefox untuk Windows, Mac, dan Linux memungkinkan pengembangan lokal untuk add-on, dan Firefox Add-on Builder Beta menyediakan lingkungan berbasis web.

    Firefox 5 juga sudah mendukung CSS animation, agar para developer semakin mudah membuat efek animasi sederhana untuk suatu situs, bahkan tanpa perlu dipusingkan oleh penulisan JavaScript yang rumit.

    Lebih Dari 1000 Perbaikan

    Lebih dari 1000 perbaikan dan peningkatan kinerja yang telah disertakan dalam Firefox 5 kali ini. Mungkin perubahannya tidak terlihat mencolok, tapi yang jelas pasti membuat perangkat lunak menjadi lebih baik.

    Untuk versi Android saat ini, sudah dilakukan perbaikan terhadap berbagai bug yang ada, peningkatan kecepatan loading halaman — terutama pada jaringan 3G dan penambahan dukungan untuk IPv6.

    Aman, Independen, dan Komunitas

    Firefox berbasis Open Source, yang berarti tidak hanya dikembangkan dengan bantuan pengguna, tapi keamanannya terus-menerus dipantau dan diperbaiki oleh komunitas global dari pengguna dan pengembang. Mozilla untuk sementara ini, adalah sebuah yayasan yang independen. Tidak ada pembuat browser proprietary seperti Microsoft – atau bahkan perusahaan seperti Google, yang memiliki jari di mana-mana – dapat bersaing dengan independen dan fokus dari pengguna.

    Firefox jelas menghadapi persaingan ketat dari Google Chrome, namun perbaikan selanjutnya akan diteruskan pada Firefox 6 dan penerusnya.

    Sekarang waktunya untuk Anda download Mozilla Firefox 5 dan rasakan sendiri sensasinya.

    Semoga bermanfaat.

Conversation

4 Comments {+}
  1. deasy /

    thank you for sharing, I’ve downloaded it, and it can work perfectly ^^V

  2. Sampe saat ini Firefox ttp jd major browser andalan ane bung..
    btw, blognya bagus bner. Karya sndiri y? :)

    • iya, browser firefox andalan nomer 1 :)
      Themesnya bikin sendiri…masih belajaran mas .

You are here:   agungprasetyo.net > Artikel > 5 Alasan Menggunakan Browser Firefox 5
Top