• Tutorial ACER Aspire One A150 (Bag. 1) – Backup PQSERVICE
    6 May
    Dibaca 25,594 kali
    http://agungprasetyo.net/activities/tutorial-acer-aspire-one-a150-bag-1-backup-pqservice

    Sebelumnya, tutorial ini hanyalah hasil dari saya mencoba-coba dan berusaha didokumentasikan agar bisa berguna bagi orang lain apabila mengalami hal/masalah yang sama dengan saya.

    Bagi para pengguna laptop ACER, pasti tidak asing dengan istilah PQSERVICE. Atau jangan-jangan anda malah belum pernah mendengar tentang istilah ini. Secara singkat bisa dijelaskan bahwa PQSERVICE adalah partisi tersembunyi dari laptop ACER yang akan berguna apabila anda akan melakukan e-Recovery System. Didalam PQSERVICE, terdapat sistem operasi asli Windows (biasanya Windows Home Edition / Windows Vista Home Edition), aplikasi seperti Office 2007 Trial Edition, Symantec dan driver-driver pendukung dari laptop ACER anda. Jadi usahakan partisi ini tetap dalam kondisi aman, jika anda tidak ingin kerepotan dalam proses recovery.

    PERHATIAN: Langkah ini sebaiknya diambil ketika Acer Aspire One masih dalam kondisi awal, belum ada software baru atau software yang teruninstall.

    eXpeTasi

    Anggap saja saya ingin mengganti Windows XP Home Edition anda dengan OS lain, misalkan Vista, TinyXp, atau MacOS karena saya merasa kurang “sreg” dengan kemampuan dari Windows XP Home Edition. Selain itu, saya juga tidak ingin kehilangan partisi PQSERVICE karena lisensi OEM Windows XP Home Edition saya berada dalam partisi ini, jadi saya harus amankan partisi ini.

    Setelah saya membaca puluhan website, forum dan artikel tentang partisi PQSERVICE, masih banyak sekali pengguna yang tidak mengetahui fungsi dari partisi PQSERVICE ini dan banyak juga yang ingin melakukan recovery sistemnya kembali, tapi terkendala dengan hilangnya partisi PQSERVICE atau MBR (master boot record), sehingga proses recovery tidak berjalan seperti yang diharapkan. Akhirnya saya bisa menyimpulkan ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh pengguna Acer Aspire One untuk istilahnya berjaga-jaga apabila suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan sistem dari recovery itu sendiri.

    Langkah Pertama : Backup Master Boot Record

    Acer memiliki file MBR khusus yang apabila pada saat startup anda menekan Alt+F10, maka sistem akan membawa anda ke mode recovery yg memanggil file dari partisi PQSERVICE. Karena itu, jika anda mengganti OS tanpa membackup terlebih dahulu file MBR anda, dipastikan anda tidak bisa memanggil Alt+F10 dari proses startup.

    Untuk backup MBR, ada beberapa file yang disarankan yaitu

    1. MBRWizard (http://mbrwizard.com/download.shtml)
    2. MBRTool (http://www.diydatarecovery.nl/download/MBRTool_Setup.exe)
    3. MbrFix (http://www.sysint.no/Nedlasting/MbrFix.zip)
    4. MBRUtil (ftp://ftp.symantec.com/public/english_us_canada/tools/pq/utilities/head.zip)
    5. HDHacker (http://dimio.altervista.org/stats/download.php?id=6)

    Setelah download, lakukan backup pada MBR anda. Untuk cara backup, silahkan baca referensi pada website diatas masing-masing.

    Langkah Kedua : Backup Partisi PQSERVICE (EISA)

    Bisa dikatakan, bahwa langkah ini adalah langkah terpenting dalam proses ini. Sebenarnya banyak sekali aplikasi yang bisa membaca partisi tersembunyi, tapi saya menemukan aplikasi (edisi gratis) dengan nama Macrium Reflect (http://www.macrium.com/reflectfree.asp). Aplikasi ini tergolong bagus, karena selain bisa mendeteksi adanya partisi tersembunyi, juga bisa utk backup, restorasi. Bahkan secara otomatis, aplikasi ini akan membackup MBR pada saat prosesnya.

    Untuk melakukan backup, jalankan aplikasi tsb, lalu klik kanan pada partisi PQSERVICE dan pilih Create Image of ‘1 – PQSERVICE’.

    step1ed

    Pilih tujuan backup. Anda bisa memilih backup disimpan pada HD lokal, jaringan, bahkan pada CD/DVD. Jika sudah, klik Next. Membutuhkan waktu sekitar 5 menit utk melakukan backup 4GB (partisi PQSERVICE). Lain kali jika anda ingin melakukan restore partisi PQSERVICE, caranya buat dulu Macrium Reflect Rescue CD (saya merekomendasikan pilihan Linux), booting komputer dengan Rescue CD, dan pilih image yang sudah anda backup ( bahasan ini akan saya sampaikan pada tutorial terpisah).

    Aplikasi Macrium Reflect ini juga bisa menampilkan isi dari partisi PQSERVICE yang sudah anda backup. Caranya, klik 2x pada file yang tadi sudah tersimpan. Biasanya ditandai dengan ekstension xxxx-00-00.mrimg. Selanjutnya akan menampilkan tampilan seperti dibawah ini.

    step7ed

    Jika anda menekan OK, maka akan muncul drive baru yang berisi file-file dari partisi PQSERVICE dan anda bisa melihat kontennya dari windows explorer.

    step8ed

    Langkah Ketiga : Backup Windows Anda(*)

    (*) Opsional, tapi tidak ada salahnya dilakukan backup sebagai antisipasi.

    Langkah ini sebaiknya paling cocok dilakukan bagi pengguna Acer Aspire One yang sistem operasinya masih “suci” atau belum ada aplikasi baru yang terinstall. Jadi apabila nantinya PQSERVICE benar-benar mengalami kerusakan parah, kita tetap bisa me-restore OS original kita dari langkah ini. Karena lisensi OEM tetap berlaku selama OS-nya masih sama atau serial number dari OS tsb sama persis spt pada bagian laptop anda.

    Langkahnya sama seperti pada langkah kedua, hanya saja pilih pada drive C dan langkah selanjutnya sama persis seperti pada backup PQSERVICE.

     

    Langkah Keempat : Simpan File Backup

    Jika anda sudah melakukan 3 langkah backup diatas, maka proses terakhir adalah menyimpan file yang sudah dibackup pada tempat yang aman. Bisa di eksternal HD, CD atau DVD, tapi usahakan media tsb mudah untuk diakses pada saat proses recovery.

    Untuk proses recovery, karena Acer Aspire One tidak memiliki CD/DVD internal, maka untuk booting dari Macrium Reflect Rescue CD, anda bisa menggunakan kabel USB to IDE converter.

    Ok, tutorial untuk backup partisi tersembunyi PQSERVICE sudah selesai. Pada tutorial selanjutnya akan dibahas permasalahan apa saja yang bisa terjadi pada partisi PQSERVICE dan langkah-langkah untuk mengatasinya.

    Semoga bermanfaat.

    Baca juga : Tutorial ACER Aspire One A150 (Bag. 2) – eXPerimen

  • novian

    kalau cara balikin PQSERVICE yg hilang krn didelete bisa ga mas ?

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Mungkin anda bisa mencoba untuk menggunakan software seperti GoBack, EasyRecovery, Tiramisu, atau FinalData. Mungkin saja berhasil, silahkan dicoba mas…saya doakan bisa kembali partisi yang hilang.

      Kalau memang menggunakan software diatas tidak bisa, berarti partisi PQSERVICE tidak bisa dikembalikan lagi. Kecuali anda bisa mendapatkan partisi PQSERVICE yang sama.

      Jika bener-bener ingin mendapatkan partisi PQSERVICE lagi, coba saja minta tolong ke techical supportnya Acer, kali aja mau bantu. Tapi gak tau bayarnya berapa… mahal kali yya…

      Kalau ingin agar windows xp anda bisa legal lagi, mungkin mas novian bisa download dari situs tertentu, lalu masukkin serial number yang ada di bawah netbook, aktivasi dan lihat hasilnya. Kalau approve, berarti windows anda sudah legal. Tapi ya otomatis masih kosongan, tidak seperti aslinya.

      • nuril

        mas! saya pux laptop acer asp one. laptopx tu lemot bnget mas.trus mo saya recovery, na……! waktu mo ngopy datax tu g’bisa. trus saya leave systemx mas. stelah sudah slesai n data sudah saya copy. trus laptopx tu mo saya recovery tp printah alt+f10 nya g’fungsi mas. gmn carax biyar fungsi lg mas??? coz kt mas prasetyo klo MBRnya g’di backup dl g’bisa. apa ada cara lain mas???

        • http://agungprasetyo.net prazetyo

          @nuril : wahh… perasaan saya belum menjelaskan koq sudah terima kasih yaa ?? hehehee… iya gpp koq. Tapi saya sendiri masih kurang jelas loh dengan pertanyaan nuril.
          maksud ngopi disini ngopi file apa ya? Kalau hanya ngopi file biasa, rasanya partisi PQSERVICE tdk akan hilang, karena dia kan letaknya tersembunyi. Lalu perintah Alt + F10 itu sudah nuril jalankan pas booting? tekannya terus diulang sampai tampilan recovery-nya muncul.

      • nuril

        mkasih atas penjelasanx mas. tanks yaaa

      • HERU

        Mas, saya mau tanya. Saya memiliki Aspire One ZG5. eRecovery Management saya terus-terusan hanya menginstal “restore default factory”. Biasanya kan setelah proses tersebut, restart, maka netbook secara otomatis menginstall windows dan semua aplikasi drivernya…..Tetapi pnya saya tidak bisa mas….setelah “restore default factory” selesai, restart, kembali lagi proses “restore default factory”…Saya sudah pusing 7 harian mas…mohon tolong dibalas ke email, atau diposting mas…

  • supriyanto

    salam. numpang nanya nie mas:D , saya pengguna note book acer aspire one, skrg lagi kena virus yg anas sekali sehingga klo recovery g bisa, klo aku tekan ALT+f10 g bisa2 mungkin ada langkah lain untuk mengatasinya ?
    gejalanya begini mas kmren aku coba ngintal xp di drive D pake usb trus g bisa,habis itu ku remove semua program dan mau coba recovery g bisa,,,,,,,,,
    dan kira2 xp home editionnya masih bisa di bak up g mas?
    ooo iya kok langkah yg pertama untuk bakup bahsa ingris semua mas,,, jadi g ngerti nie, mohon petnujk nya mas…salam

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      @supriyanto : Mungkin yang pertama kali dilakukan adalah membersihkan terlebih dahulu windows anda dari virus tsb. Kalau dibersihkan dari windows tdk bisa, maka oba bersihkan menggunakan bootable USB. kan banyak antivirus yang bisa digunakan untuk portabel.
      Alt+F10 tidak bisa jalan, karena MBR dari Acer sudah terhapus sewaktu anda mencoba install XP dari USB. Ada kemungkinan juga partisi anda ikut terhapus karena langkah tsb.
      Tapi mungkin juga partisi tsb tdk hilang, jadi harus dipastikan terlebih dahulu. Saya belum mencoba utk backup partisi tsb selain dari windows. Coba nanti saya cari metode lain utk membackup partisi tsb. Kalau sudah ketemu, akan segera saya posting disini.

  • Pingback: Membuat Macrium Reflect Rescue CD dengan media USB - agungprasetyo.net()

  • nawawi

    om.. mau nanya dung.. punya ane ga bisa sama sekali masuk ke recovery.. kemungkinan besar si karena si mbrnya rusak…
    soalnya gini.
    dulu saya nge backup partisi pqservice ama partisi c: menggunakan ghost.

    setelah itu saya rombak total semua dan partisi ulang menjadi 3 bagian, pertama pqservice (dump dari ghost) kedua c: (dump dari ghost juga) dan ketiga, partisi baru.

    nah kemungkinan kan pasti ilang tuh mbrnya..
    ane udah cobain masuk recovery melalui bios, g bisa. dari windows jg ga bisa..

    any help?? nuhun bro

  • http://agungprasetyo.net prazetyo

    Ok. Kalau partisi PQSERVICE masih ada, kemungkinan besar masih bisa melakukan recovery. Coba pak nawawi install Macrium Reflect yg free, lalu lihat apakah masih ada partisi PQSERVICE-nya. Kalau memang masih ada, coba dibackup dulu.

    Kalau sudah, coba klik “Restore Tasks”, lalu pilih “Browse an Image or backup file in Windows Explorer”. Arahkan pada file backup yang sudah anda lakukan diatas, lalu akan terbentuk drive baru yang berisi file dari partisi PQSERVICE. Coba cari file dengan nama MBRwrWin.exe dan rtmbr.bin. Kalau ada, silahkan teruskan.

    Buka command prompt, masuk ke drive baru yang terbentuk dari partisi PQSERVICE, ketikkan :

    MBRwrWin install rtmbr.bin

    Proses tsb utk mengkopi Acer MBR ke sistem. Jika sudah, coba restart dan lakukan ALT+F10 sekali lagi…

    Semoga berhasil pak…

  • nawawi

    ok saya coba dulu nanti saya kabarin lagi.. thanks bro…

  • supriyanto

    mas..prazetyo yang baik problem yg kmren udah bisa di atsi tapi aku ambil langkah yang radikal yaitu ku ku ganti windows bajakan dan partisi ulang semua drive akhirnya beres mas hhhehe
    tpi ada yg menggajal nie mas ,,kira2 klo sudah ambil langkah tadi bisa g ya make windows yg asli,,,umpanya ngopi hasil buck up windows asli punya temen yg sama tipe acernya,,,atau ada cara laen mas….
    mohon petunjuknya..salam

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      @supriyanto : selama partisi PQSERVICE-tdk terhapus, mas supri msh bisa recovery pake windows yg asli. Tapi klu pake windows aslinya AA1 yg lain, logikanya seh bisa. Tapi saya belum sempat mencoba. Saya jg kurang tahu, apakah tipe lepie mempengaruhi.

      yg jelas, klu mo spti itu, coba saja backup PQSERVICE teman anda. lalu jalankan langkah seperti yg saya jelaskan pada jawaban kepada mas nawawi. Tapi sekali lagi, saya belum pernah mencoba loh pak… silahkan saja pak supri utk experimen ^_^

      Semoga berhasil dan jgn lupa posting hasilnya disini ya pak ^_^

  • nawawi

    Nah bro.. berhasil.. cuman ada masalah.. hahahahaa..
    ada data2 penting di partisi c: nah lho.. skr g bisa masuk windows yg di c:
    ane lupa untuk nge backup… gimana dung bro? ada ide? kira bisa g yah saya boot ke fdd trus saya bisa mengakses partisi saya dan memindahkan data2>

    sama satu lagi. partisi saya yang d: masih aman ga yah kira2 setelah saya melakukan ini?

    need help

  • nawawi

    Karena tak sabar.. ya udah ane recovery aja sendiri.. biarin lah ada data yg ilang.. :)
    skr udah lancar banget bro buat recoverynya.. nuhun nuhun…

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Sama-sama bro…senang bisa membantu. tetep sharing aja. Skrng gak bisa posting lg di thread AA1 di kaskus..krn reply atau bikin thread baru kena disable…kenapa ya???

  • nawawi

    Kena disable? kemungkinan anda belum mengklarifikasi email anda dengan baik. coba anda kirim lagi notifikasi dari kaskus ke email pribadi anda.

    semoga membantu.

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Cara utk kirim notifikasi email dari kaskus itu gimana mas? waduh, kaskus ini memang agak mbulet caranya.

  • Pingback: Tutorial ACER Aspire One A150 (Bag. 2) - eXPerimen - agungprasetyo.net()

  • Bayu

    Thx atas pencerahannya pak prazetyo.
    Oya itu PQSERVICE nya ga ikut keserang virus ya pak, soalnya trouble sy kmr win nya hancur gara2 virus.

    Regards.

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      @Bayu: Kalau virus sampai ke partisi PQSERVICE saya belum tahu. tapi logikanya klu partisi tsb tersembunyi, harusnya virusnya juga gak bisa masuk. Tapi ya siapa tahu…lah virus skrng hebat-hebat.
      Karena itu pak, memang “seharusnya” sewaktu habis beli, partisi tsb harusnya langsung di backup. Tapi lah saya aja juga gak nyadar. Tahunya pas mau partisi pake Partition Magic koq ada drive lain?? baru browsing kemana-mana dan baru tahu klu itu penting banget utk kelangsungan hidup lepie kita… *cieeelee…
      Karena itu saya nulis ini agar temen-temen yg baru beli lepie, merk apa saja perlu diperhatikan hal ini, biar gak nyesel dibelakang.
      Btw, senang bisa membantu…

  • jeffkudo

    Saya pengguna aod 250,apakah MBR&PQSERVICE,msh dpt dilakukan,jika HD telah terisi program2? Jika msh bisa brp pembagian partisi yg ideal utk kinerja AOA? Plan, saya ingin membagi: C 20GB, D 70GB, E 70GB.
    Thx b4 utk bantuannya.

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Siang pak…
      Seperti pada tutorial saya, tentunya bisa jika anda belum mengotak-atik windows dan mbr-nya. Mungkin bisa dites dulu dgn pada startup tekan ALT+F10 hingga tampilan Acer Recoverynya muncul. Jika bisa, brarti MBR masih ok. Utk partisi PQSERVICE, bisa dicoba utk install Macrium Reflectnya dan lihat dari aplikasi tsb apakah partisi PQSERVICE-nya ada atau tidak. Jika anda, tentunya pak jeffkudo bisa melakukan backup spt yg saya lakukan pada tutorial ini.

      Untuk partisi ideal itu tergantung kebutuhan juga pak. Kalau nantinya aplikasinya byk, tentunya drive C membutuhkan space HD yg lumayan besar. Tapi kalau cuma sedikit, ya komposisi 20:70:70 juga ok. Kalau saya, komposisinya 40:70:50 karena drive D akan banyak saya isi installer dan drive E hanya berisi data. Kalau dimungkinkan, drive yg berisi data diformat ke FAT32 utk antisipasi terjadinya error pada partisi NTFS di drive C.

      Semoga bermanfaat

  • http://blog.cybermogi.net arimogi

    berguna mas, thanks tutorialnya… hehehehe… keep writing…

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      @arimogi: Terima kasih…senang sekali tulisan ini bisa bermanfaat untuk yang lain.

  • Geafry

    Mas mau tanya, rada ga nyambung sm postingnya.. Saya user acer aspire one, saya pny OS tinyXP yg mau saya pindah ke flashdisk yg bootable, masalahnya ketika proses selalu muncul pesan error alias ga bisa bootable krn file setup pada tinyXP mmg tidak ada.. Saya coba membuat bootable dari windowsXP full version berhasil tp tidak pd tinyXP mohon bantuanya. Saya menggunakan aplikasi PeToUSB

  • Robby

    Mas Pras Ysh
    saya pengguna Acer Aspire One (OS windows XP Home Editon [include]), yg HD nya 160 Gb belum di partisi
    1. Gimana cara partisinya? pake aplikasi apa yg bagus?
    2. apakah bisa di partisi sebelum di backup?
    3. saya sdh coba pake Partition magig 8 tapi tdk dikenali HDnya..
    4. aplikasi standart sdh terlanjur di instal,( office 2003, photshop cs, winamp, IE, media player dll ) apakah akan bermasalah? [sarannya kan sebelum terinsatal aplikasi2 yg lain]

    tks B4

    Robby

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      @Robby: sori baru balas.

      1. Untuk partisi, saya memang menggunakan Partition Magic 8.0, dan waktu itu memang saya belum install apa-apa langsung saya partisi. Jadi sebenarnya bisa koq mas Robby pakai PM 8.0, tapi ya itu tadi, harusnya dalam kondisi masih fresh dan akan lebih lagi kalau dilakukan defrag terlebih dahulu.

      2. Bisa mas. Pokoknya yang paling penting, partisi PQSERVICE jangan sampai terhapus.

      3. Kemungkinan karena windows sudah terisi banyak aplikasi. Saya dulu juga pernah melakukan partisi pada laptop lain menggunakan PM 8.0, tapi juga error. Logikanya sih harusnya tidak apa-apa meski sudah banyak s/w yg terinstall, tapi saya sendiri kurang tau, kenapa koq partisi bisa dilakukan hanya pada saat Windows masih dalam kondisi fresh installation. Ini masih jadi pertanyaan buat saya, hehehe

      4. Sebenarnya utk backup partisi PQSERVICE, meski windows sudah terisi byk s/w, hal ini tidak masalah. Karena partisi PQSERVICE kan tidak dipengatuhi oleh seberapa byk mas Robby melakukan instalasi s/w. Saran saya yg lebih baik belum terinstall apa-apa itu, apabila kita juga ingin melakukan backup thp windows yang sudah running. Istilahnya dijadikan image, dimana hal ini bisa menjadi alternatif ke-2 jika backup PQSERVICE kita mengalami kerusakan atau mungkin filenya hilang. Kan lebih baik dlm kondisi fresh installation, yg tentunya mempengaruhi ukuran file backup dan orijinalitas windows kita.

      Mungkin saran saya, lebih baik mas Robby simpan semua data yg ada ke flashdisk dan lakukan recovery lagi. Setelah itu, install Partition Magic 8.0 dan lakukan juga defrag.

      Sebaiknya langkah2 ini dilakukan persis setelah pertama kali menyalakan komputer setelah dibeli (fresh windows). Langkah-langkahnya:
      1. Install Partition Magic
      2. Defrag hardisk C hingga rapi, biasanya kalau fresh windows akan lebih cepat. Tidak harus nunggu seharian.
      3. Buka partition magic, kemudian pilih Resize disk. Ubah ukuran disk C menjadi lebih kecil. Misalkan jadi setengahnya (60GB).
      4. Setelah itu di sebelah C akan ada ‘unalocated space’, pilih format/create partition. Buat partition baru di situ (D). Pilh NTFS.
      5. Kemudian ‘Apply’.

      *Pada langkah 4 sebenarnya mas Robby bisa tidak menggunakan sisa space semua untuk D, tapi bisa juga bikin partisi lagi. Misal D dibuat 20GB, terus sebelum apply, ulangi langkah 4 untuk partisi berikutnya (E).

      Semoga bermanfaat.

  • ade

    saya pengguna baru AOD250, masih fresh alias belum diapa2in. mau partisi HD pake PM 8.0. setelah setup PM8.0, nggak mau jalan, malah aod hang melulu, nggak mau dimatiin dengan cara baik sampe terpaksa jalan pintas cabut baterei.
    aod jalan lagi uninstall pm dan setup pm lagi eh hang lagi cabut baterei lagi.
    coba-coba mau dibersihkan lewat alt+F10, eh malah katanya
    “restore failed – error code=1005(the volume does not contain a recognized file system…..”
    ujung-ujungnya ada
    “A disk read error occured” nggak bisa apa2 lagi
    gimana ya mas? tolong donk!

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      @ade:maaf baru balas.Kalau melihat dari pesan errornya, sepertinya HD mengalami bad sector. Memang kadang-kadang PM 8.0 tidak bisa jalan sewaktu akan mempartisi HD di AOA. Tapi pas di lepie saya tdk ada masalah. Coba mas ade booting pake flashdisk yg sudah bisa bootable, lalu dari sistem tsb coba lakukan scandisk utk mengetahui apakah HD benar-benar bad sector atau tidak. Mas ade juga bisa mencoba HDD Regenerator. Tools ini utk bisa bootable dari CDROM dan bisa membetulkan HD yg mengalami bad sector.

      Good luck mas Ade

  • Geafry

    Coba pke easeus mas.. Lbh mudah n lengkap untuk partisi.

    Aplikasi ini jg bisa dpake bwt copy partisi PQService, 1X Klik seluruh isi hiden partition tercopy termasuk MBRnya, selain itu aplikasi ini bisa mempartisi ulang, ato mengconvert partisi dari NTFS ke FAT32 tp perlu kehilangan data (format). Mencopy partisi yg berisi data 100Gb hanya perlu beberapa detik.
    Sepanjang pengalaman saya aplikasi ini blm prnh error di Aspire one justru sangat membantu..

  • Geafry

    Ralat:
    Coba pke easeus mas.. Lbh mudah n lengkap untuk partisi.

    Aplikasi ini jg bisa dpake bwt copy partisi PQService, 1X Klik seluruh isi hiden partition tercopy termasuk MBRnya, selain itu aplikasi ini bisa mempartisi ulang, ato mengconvert partisi dari NTFS ke FAT32 tanpa perlu kehilangan data (format). Mencopy partisi yg berisi data 100Gb hanya perlu beberapa detik.
    Sepanjang pengalaman saya aplikasi ini blm prnh error di Aspire one justru sangat membantu..

  • http://agungprasetyo.net Agung Prasetyo Wibowo

    @Geafry:thx infonya. Sepertinya PM 8.0 sudah mulai berkurang taringnya, hehehe. Karena skrng diluar byk skli s/w² bagus utk partisi. Saya akan segera download software easeus-nya.

  • deniar putra

    om prasetyo, saya ingin bertanya nih..saya pengguna acer aspire one 4920…

    saya ingin melakukan recovery dengan menekan alt + f10, tapi kenapa tidak bisa ya ? apakah acer MBR nya terhapus ?. bagai mana cara memperbaikinya ?? partisi PQservice saya masih ada om. apakah bisa memperbaiki acer MBR nya dengan partisi tersebut ?

    satu lagi om. cara nya membaca file – file di partisi pqservice itu gimana ya om ??

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      @deniar:Kalau acer aspire 4920 saya kurang tahu caranya. Tapi kalau memang ada partisi PQSERVICE yg tersembunyi, memang ada kemungkinan file MBR aslinya terhapus. Jadi akhirnya mas deniar tdk bisa melakukan alt+f10 utk proses recovery.
      Karena partisi PQSERVICE masih ada, kemungkinan bisa diperbaiki. Caranya bisa mas deniar baca postingan saya diatas pada langkah kedua. Disana ada software namanya Macroum Reflect. Ikuti saja langkah-langkahnya hingga bagian 2 tentang proses recovery.

      Good luck

  • Geafry

    Iya tu PM software jadul cm di perbaiki Bug nya..
    Tp sering bikin eror ato malah data ilang..
    Tp tiap org pny pngalaman masing2.. Dulu saya jg pke PM jd tau perbedaan n kekurangan masing2

  • alex

    kira2 beli pisang goreng yang plug n pay dimana ya?
    (Bercanda mas).

    Salam kenal, berbagi pengalaman ya.
    Acer is the best CHOICE.

  • http://agungprasetyo.net prazetyo

    @alex:hahahaha…mas alex bisa saja. kalau ada yg begituan, aku juga mau mas….pengguna acer juga ya? senang bisa kenalan mas…

  • idar

    mau nanya mas, kok aspire one ku sejak abis di install ulang gk bs menginstall office 2007 yah…. tlg dong banyak doc. yg gk bs di buka lagi……….trims..

  • Ari

    Mas saya baru beli laptop Acer Aspire One P531h dgn hardisk 160GB, Kata yg jual acer one tidak bisa di partisi, pernah ada yg mencoba tapi jadi berantakan. Bisa minta petunjuk bagaimana mempartisi HD yang aman? Trims

  • http://agungprasetyo.net prazetyo

    @idar : wah, ini baru aneh. Setahu saya, Office 2007 membutuhkan windows xp sp 2 / 3. lalu biasanya juga butuh dotnet framework. Apa bisa disharing disini errornya apa ??? mungkin nanti bisa ketahuan letak masalahnya.

    @ari : Kalau utk partisi, ya langkahnya sama saja. Hanya saja memang saya pernah tahu ada beberapa netbook acer aspire one yg mogok/error krn dipartisi pakai Partition magic 8.0. Tapi di netbook saya, gak masalah koq mas. Coba saran dari mas Geafry pake software easeus. good luck

  • antox

    Met siang mas
    Kenapa suara di AA1 AOA 150 suaranya pecah atau putus2 bahkan saat pertama kali masuk windows. Kira2 apanya yang harus diperbaiki ya?
    Terus kalo mau beli atau donlod “installer windows XP Home (Unofficial )” buat AA1, yang katanya besar filenya >600 Mb di mana ya? kalo mas punya boleh juga. Makasih

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      @antox: Saya pernah baca suara pecah itu kadang karena driver atau bios. tapi setelah browsing beberapa kali, saya menemukan jawaban spt dibawah ini. Tapi saya kurang tau apakah ini akan berhasil atau tidak.

      go to the HARDWARE part under the SYSTEM options (Control Painel). Under the IDE Controllers part there is PRIMARY IDE and the INTEL one. right click and select UNINSTALL on the IDE one…reboot the system .the whole machine will be faster , specially sound playback. Under the IDE Controllers you still get the same icons (Primary IDE and the Intel one) but I’m 100% sure that this was the cause of the fix.

      Jika cara ini tdk bisa, coba di recovery ulang saja. Masih ada kan ? Good luck

  • http://www.keretaapihealthcare.com jon

    makasih mas saya dapat pencerahan aspire one saya terselamatkan dari bantingan :D:D:D:D:D: sukses selalu

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Alhamdulillah…senang bisa membantu rekan-rekan yang membutuhkan. Tapi ngomong-ngomong kenapa mas? koq acernya sampai mau dibanting?? eman-eman loh… hehehe. Mendingan dihibahkan saja ke seseorang…saya misalkan.

      Thx

  • http://hrecard0.blogspot.com hrecard0

    Met siang mas, nanya nih, laptop kna virus, lalu eror drwtsn32 & dwwin stiap login. Sy cb recovery pk Alt-F10
    msk ke RecoveryManagement. Proses lancar smp restart. Tp kmdian malah eror corrupt or missing \Windows\System32\Config\System.

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Kalau melihat error messagenya dan setelah saya browsing ke beberapa situs tentang masalah ini, sepertinya bisa disimpulkan ada masalah pada HD atau memori anda. Saya sendiri sih memang belum pernah mengalami hal ini, tapi dari beberapa situs yg saya baca, kemungkinan tersebut bisa saja terjadi. Coba lakukan scan thd HD anda, mungkin saja HD anda mengalami bad sector atau memang ada masalah fisik.
      Sebagai alternatif lain, coba backup terlebih dahulu partisi PQSERVICE anda, lalu format bersih HD anda secara normal (jgn gunakan quick format), setelah itu coba restore kembali PQSERVICE anda dan lakukan Recovery kembali. Jika memang cara ini belum berhasil, jalan terakhir ya mungkin hrecard0 lakukan adalah bawa netbooknya ke Acer Service.

      Semoga bermanfaat.

  • Hauk

    mas, saya baru beli juga Acer Aspire One P531h.. Kalo mau buat partisi secara manual gimana ya?? kalo simpen di HD external terus mau recover langsung gimana caranya ya?? saya kurang gitu ngerti.. Ohh iya mas kalo saya gak mau ganti2 OS lain, MBRnya tetap bisa hilang ga mas gara2 virus ato masalah lainnya?? Makasih mas salam kenal ya ^_^..

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Kalau saya dulu pake Partition Magic, tapi menurut beberapa orang, s/w ini tdk selalu kompatibel utk Acer. Lalu kemarin saya mencba pake Easeus di netbook AOA150 temen saya, dan partisi berjalan sukses. Pake yg versi gratisannya aja mas…Easeus Home Edition.

      Maksudnya simpen di HD external langsung recover itu maksudnya gimana mas? mungkin mas Hauk bisa kasih contoh maksudnya.

      Ehm, utk masalah MBR hilang atau tidak, memang tdk bisa dipastikan sih mas. Tapi memang utk amannya, mas Hauk backup dulu aja PQSERVICE, jadi kalau misalkan ternyata MBR kena virus, mas Hauk tetep punya cadangannya…Penting banget loh mas utk backup partisi ini.

      Semoga bermanfaat

  • Hauk

    Saya uda pake mas easeus, mantap partisinya cepat juga.. Hehe.. Itu mas yang restore partisi PQSERVICE yang mas tulis, saya kan sudah ikutin langkah2 dari mas backup di harddisk external.. Nah saya agak bingung restorenya karena mas tulis membutuhkan 2 kabel IDE/SATA to USB converter sebagai alat bantu utk booting MR Rescue CD dari CD/DVD ROM dan untuk meload image dari HD.. Agak kurang ngerti saya.. Hehehe.. Maaf mas gaptek.. makasih mas, bermanfaat banget bagi2 ilmunya.. Hehe..

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Wah, sudah berhasil ya proses partisinya?? selamat ya…

      Untuk 2 kabel IDE/SATA to USB converter itu begini mas. AOA kita kan ga ada CDROM, lalu pada proses recovery, kita butuh CDROM utk booting CD Macrium Reflect yg sudah kita buat. Nah, sedangkan untuk meload image dari HD itu karena saya meletakkan image PQSERVICE saya pada HD yg berbeda (eksternal). Saya tidak punya USB yang bisa menampung data seukuran partisi PQSERVICE, jadi terpaksa saya menggunakan HD eksternal yang tentunya membutuhkan kabel tambahan.

      Kalau mas Hauk punya USB yg diatas 5GB, ya gak usah pakai 2 kabel mas, cukup 1 kabel utk load CDROM saja, sedangkan image biisa kita arahkan ke USB tadi. Ini tergantung kondisi saja koq mas, jadi tidak harus sama persis spt yg saya lakukan.

  • wisnu

    makasih infonya mas,,, saya jd tercerahkan ttg PQSERVICE,,,

    mo nanya jg donk,,, tp mgkn ga ada hubungannya ma bahasan diatas…
    klo password Administrator untuk windows xp di aspire one 531h itu apa ya??
    makasih sebelumnya…

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Alow mas wisnu…

      Password Administrator? bukannya password ini dibuat pas pertama kali kita menyalakan acer aspire kita. Kalau sudah dibuat pada waktu itu, ya tentunya mas wisnu sudah setara dengan level administrator.

      Kalau password defaultnya saya kurang tahu. Karena memang biasanya XP langsung menyarankan kita utk membuat user baru yang levelnya setara user administrator.

      • Wisnu

        ooo,,, mgkn yg ngisi penjualnya krn saat saya beli mereka yang install windows nya…
        klo nge-reset password Administrator tau ndak mas caranya?? (skalian nanya biar ga penasaran,,,hehehe)

        • http://agungprasetyo.net prazetyo

          Kalau AOA anda sudah terinstall windows orisinil, biasanya waktu kita jalankan pertama kali itu mas ada permintaan utk masukin username tapi tanpa password. Nah, user td levelnya sama spt administrator. Kalau si penjual seh rasanya gak tahu menahu ya, kecuali memang acer mas wisnu kosongan dan mas wisnu minta diinstalkan windows bajakan.

          Ngereset password administrator ??? ya pernahlah mas. tapi jgn-jgn mau ngehack komputernya siapa nih??? Coba mas wisnu search aja di google dengan keyword bd011022. file bd011022 ini harus diwrite pake rawwritewin.exe dan jalannya dalam mode linux. Terbukti sangat ampuh, karena saya sudah menggunakan tool ini sejak tahun 2002/2003-an. Karena dari dulu ngurusi komputer jaringan, terpaksa kalau ada komputer yg lupa password ya harus di hard reset spt ini.

          Semoga bermanfaat!

  • hasan

    mo nanya mas… dulu drive C: aspire one saya pernah tak format. buat ngembaliin system dari PQSERVICE caranya gmn, partisi itu tak liat masih ada.. and klo di recovery apa semua data di hardik akan hilang? mohon bantuannya mas..makasih…

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Caranya pada waktu booting, mas hasan tekan Alt + F10 terus-menerus hingga masuk ke sistem recovery. Jika tidak bisa, berarti MBR dari recovery acer sudah hilang dan perlu di lakukan secara manual. Untungnya partisi PQSERVICE masih ada, jadi dipastikan anda bisa melakukan recovery kembali.
      Caranya lakukan backup terlebih dahulu partisi PQSERVICE menggunakan Macrium Reflect (ada pada panduan diatas) dan coba mas hasan baca panduan restore.
      Mas hasan baca mulai baris ini “Setelah proses instalasi TinyXP selesai, restart komputer, dan masuk ke BIOS. Lakukan pilihan Disable pada D2D Recovery Option. Simpan dan …” sampai selesai

      Kalau direcovery, semua data di drive C akan hilang mas. Jadi lakukan backup terlebih dahulu.

  • tarwanto

    Bagaimana kalo terlanjur di instal system lain,apakah masih bisa di difungsikan lagi ALT+F10 nya…

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Biasanya pak…ALT+F10-nya tdk jalan karena itu kan ngikut MBR. Jadi pas nginstall sistem lain, MBR-nya diganti baru. Tapi di tutorial saya ada koq cara untuk ngembaliin mbr-nya Acer dan bisa tekan Alt+F10 dengan catatan partisi PQSERVICE tdk hilang.

      • andi

        mas tarawantu numpang ya, mau nanya sma mas prazetyo, mas prazetyo kasus di netbook P531h pakai os home edition udah saya instal ulang dengan sp2 tp sblum nya dah saya backup pake norton ghos 2003, setelah itu ingin saya kembalikan lagi ke home edition , waktu mau merestore image ada tulissan unable mbr gt mas penyelesaiannya gmna mas agas saya bisa pakai os windows home editon lagi.

        • http://agungprasetyo.net prazetyo

          Biasanya mas…kalau sudah di jadikan image pake norton ghost, tidak ada pesan spt itu. harusnya mbr juga ikut tercopy. ya, solusinya, mas andi harus instalasi ulang, tapi pilih aja yang repair.

          Semoga sukses.

  • http://jatiblack.net23.net jatiblack

    Terima kasih mas infonya. Saya juga pengguna Aspire One. :)

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Sama-sama mas jatiblack. Senang bisa membantu sesama pengguna Acer.

  • http://antie.info brillie

    kok jadi jasa konsultasi acer???

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Oh nggak koq. Ini cuman sharing pengalaman aja. Karena pernah ngalamin gak enaknya, trial and error, akhirnya berhasil dan rasanya pingin sharing ama pengguna acer yang lain. Tapi klu ada yang tanya selain acer, ya monggo. Asal bisa dijawab, pasti dibales :)

      *btw, sapa tuh foto co di digg ? :)

  • Pingback: Melakukan Instalasi Windows XP / 2003 / Vista / 7 Dari USB Flash Disk « agungprasetyo.net()

  • Burhan

    burning PQSERVICE KE DVD itu gimana ya mas, kebetulan cd recovery saya rusak, ada dua keping DVD : recovery 1 dan recovery 2, kebetulan laptop saya sebelumnnya OS Vista, kemudian saya install menjadi Windwos XP SP2, lalu mau saya kembalikan lagi menjadi Windwos Vista. minta bantuannya ya mas.

    Laptop saya Acer Extenza 4630 Z

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Wah, harusnya CD recovery-nya dibackup terlebih dahulu mas :)
      Kebetulan tipe netbook saya Acer Aspire One. Saya kurang tahu apakah Acer extenza memiliki partisi PQSERVICE yang sama seperti Aspire One. Tapi seperti pada tulisan saya diatas, mungkin lebih baik mas Burhan melakukan recovery terlebih dahulu (ada pada tulisan saya yang kedua) dari partisi PQSERVICE yg ada. Lalu install bersih (hanya OS dan driver), lalu lakukan disk copy (pake s/w spt norton ghost atau powerquest) sehingga mas Burhan punya replika os + driver asli. Kalau sudah punya yg spt ini, rasanya sudah mewakili DVD recovery 1 & 2 yang sebelumnya pernah dimiliki.

      Untuk burningnya sendiri, saya tidak pernah melakukannya. Hanya saja, saya membackup partisi saya tsb di CD. Jaga-jaga kalau kejadian buruk terulang kembali.

      Semoga bermanfaat

  • http://kkkkkkkkkkkk Ezga

    Mas Pras, salam kenal, aku mau nanya neh, aku ada acer aspire one AO751h, cara partisi yang aman gmana dunk biar PQservicenya g ilang?
    Tolong kasih cara2nya step by step yang lengkap dunk.

    Terima Kasih banget ! ^.^

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      wah..Kalau mas ezga pake easeus kan ada wizardnya. pastinya dipandu koq mas. nanti disana keliatan partisi PQSERVICE-nya…jadi gak usah ngutak-ngutik yang itu.Mungkiin saran saya, drive C-nya gak usah partisi semua. Hanya main di resize saja. lebih aman.

  • dhe

    Salam pak,
    Saya baru beli Acer Aspire 1810, udh include windows 7. Saat baru running jg udah backup DVD recovery-nya (mgkin dlm beberapa kasus diatas adalah PQSERVICE-nya). yg mau saya tanyakan bisa gak DVD tersebut kl mau “diinstal” ke PC? kl bisa, caranya? apakah bisa langsung di-booting kyk CD windows yg biasanya? Thanks

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Secara logika bisa aja mas dhe. Kan PQSERVICE itu semacam disk image dari OS itu sendiri. Hanya saja, PQSERVICE yang ada pada acer anda kan sudah bulit in driver dan aplikasi yang sudah sesuai dengan hardware anda. Jadi kalau misalkan diinstall di PC, yaa rasanya bakalan gak nyambung, kecuali mas dhe mau mindahin/cariin semua hardware yang sama pada acer dan dipasang di PC…waduh…ini namanya cari masalah mas.. hehehehe…

      Semoga bermanfaat.

  • andi

    terima kasih mas atas sarannya

  • aan

    salam kenal mas, saya punya PC acer aspire SA85 yang PQSERVICE nya udah terhapus. Masalahnya adalah saya udah reinstall pakai erecovery CD tapi, tetap tidak bisa install PQ SERVICE lagi padahal saya pingin D2D system itu lagi. mohon sarannya !!

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Saya sendiri kurang tahu apakah acer aspire SA85 partisi PQSERVICE-nya sama dengan milik Acer aspire one. Tapi kalau partisi tsb sudah terhapus/hilang, rasanya memang sulit utk bisa melakukan instalasi dengan system yang lama.

      Oh iya mas aan, waktu erecovery CD, apakah proses bisa berjalan dengan normal? maksud saya apakah terinstall windows secara full lagi seperti sedia kala? karena kalau berhasil ya artinya sistem sudah spt dulu, hanya saja partisi PQSERVICE-nya memang belum tercopy ke HD.

  • andreas

    Mas Praz, saya mau tannya, saya punya acer d250, saya coba recovery dengan acer recovery gagal dan menyebabkan windowsnya rusak. kemudian saya format instal windows xp bajakan. tetapi drive PQSERVICE nya masih ada, gimana ya cara recovery kembali window ori yang ada di drive PQSERVICE. sementara drive C sudah diformat dan di install windows.

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Apakah sudah dicoba dengan menggunakan ALT+F10? Kalau sudah dan tidak bisa, caranya bisa dibaca pada artikel saya yang bag.2 (http://agungprasetyo.net/2009/05/29/tutorial-acer-aspire-one-a150-bag-2-experimen/). Jadi mas andreas tinggal mengembalikan lagi MBR aslinya untuk bisa memanggil fungsi ALT+F10. Gunakan aplikasi Macrium Reflect untuk mengaktifkan MBR-nya.

      Semoga sukses.

  • eVanz

    wah mantap kali mas ,,,,,,
    tapi mas apabila udah q backup MBR acer one nya ke CD/DVD,,,,,
    trus q patirtisi,,
    namun waktu proses partisi tiba2 error,,masih bisa sich q instal ulang lewat CD/DVD or Hd external gtu kan mas,,,
    tapi MDR acernya (drive:PQSERVICE) bisa kembali g mas????

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Saya pernah melakukan backup MBR ke UFD, dan melakukan xperimen partisi dengan kondisi partisi PQSERVICE masih ada dan terhapus. Masalahnya MBR yang kita sudah backup terkadang ngadat pas kita restore. Solusi paling aman yang mengaktifkan MBR secara langsung dari partisi PQSERVICE. Ini bisa dilakukan dengan kondisi partisi PQSERVICE sudah ada dan menggunakan s/w sejenis Macrium Reflect utk mengaksesnya secara langsung.

      Kalau proses partisi error, biasanya selama drive belum diformat ya masih bisa mas, kan MBRnya masih ada. Aku malah belum pernah coba erecovery pake CD/DVD, karena memang aku tdk punya CD/DVD ROM.

  • Dian

    Mas mo nanya nie.. kasus hampir sama kaya mas robby.. tapi belum ada keinstal softwr yang lain lain, baru mo partisi pake PM8, karena gak kebaca tuh hdd maka di coba recovery managementnya acer, nah pas di recovery tuh drive labelnya ga dikenali akhirnya muncul error 1005 yang katanya file driver dll ga bisa diakses. :(

    dan bila direstart pun tetap langsung masuk ke recovery management, kejadian pun berulang…

    Kira2 solusinya bagaimana .. tolongin dong…pls…

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Saya pernah mengalami hal yg sama spt mas dian. Jadi ada beberapa kasus partisi Acer tdk mau menggunakan Partition Magic 8. Jadi mungkin lebih amannya menggunakan Easeus Partition Software.

      Coba disable dulu D2D dari BIOS, lalu lakukan penekanan Alt+F10 setelah dari BIOS utk masuk ke erecovery. Semoga berhasil

      • Dian

        Sebelumnya thanks dulu buat tanggapannya… :)

        Maunya gitu pake easus tapi gimana mau make soalnya tiapkali mo masuk yah langsung masuk ke erecovery, tanpa alt+F10 pun langsung masuk ke erecovery… :(
        dan hasilnya tetep sama error 1005.

        Terus saya coba ke safemode coba recoverynya, sapa tau mo jalan eh lemot banget satu-satu diload drivernya…kirain dah bener taunya kejadiannya berulang lagi..

        BTW thanks..tapi kalo ada masukan baru bolehlah mas dibagi..soalnya masih butuh banget buat AAO ku…

        • http://agungprasetyo.net prazetyo

          klu gitu, install ulang aja mas. utk partisi, biasanya di acer masih jadi 1 partisi, jadi install di partisi yg paling besar, karena PQSERVICE ada partisi sendiri sekitar 4GB-an.

          Install ulang ke windows xp, lalu gak usah install apa-apa. install aja Macrium Reflect dan ikuti step-step yang sudah jabarkan di tutorial. Intinya, aktifkan kembali MBR dari acer untuk bisa menjalankan erecovery secara benar. Mungkin agak rumit, tapi kalau mas dian mau mencoba pelan-pelan, Insya Alloh berhasil seperti yg saya alami.

          Semoga sukses.

        • Dian

          huahhh.. dah tak coba mas pras.. yang muncul malah dum memory si blue screen..

          Terus aku coba chkdsk si partisi ga kebaca/ga berlebel, pusing-pusing tak coba fdisk.. nah disini ada sedikit buat kepalaku mumet 7 keliling, sipartisi yang gede ga kebaca sebagai dos partisi, ga bisa di format ataupun dihapus tuh partisi yang besar…

          entah apa jadinya nih si ONE… mau ke acer center kok jauh banget, ongkos bolak balik bisa dapet si ONE lagi… :( :(

          thanks bro…

          • http://agungprasetyo.net prazetyo

            kalau melakukan fdisk yg biasanya, tentunya tidak bisa membaca partisi besar, karena file systemnya NTFS. btw, mas dian dimana lokasinya?? kalau di sby, mungkin silahkan mampir ke t4 saya. Tapi kalau di kota lain, wah..ini saya yang tdk bisa membantu. apa memang mau dipaketkan ke saya tah??? :)

            Meski nanti hasilnya tdk bisa, kan minimal kita sudah berusaha.

          • Dian

            yup mas..masih berusaha….ha..ha… pake cara trial and error…
            btw aku di bengkulu…

  • Dian

    Nambah pertanyaanya mas… :)

    Bisa ga kita pake recovery disk dari laptop lain dengan tipe yang sama Acer Aspire One.?

    Trims sebelumnya…

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Logikanya sih bisa mas, tapi terus terang saja saya belum pernah mencoba. Selain itu lisensi dari laptop kita juga akan hilang karena menggunakan OS dari laptop lain. Tapi kalau mas dian tdk mempersalahkan itu, ya monggo silahkan.

  • indra

    Mas nanya dong…
    Kebetulan saya lagi mau recovery system acer aspire one ZG5..karena kena virus dan program dibikin eror semua.
    1. Step recovery normalnya gimana ya mas?? tolong dikasih tau dong.? saya udah masuk ke system recovery (Alt + F10) trus bingung nerusinnya gimana.??
    2. kalo di recovery gitu partisi D: pasti akan hilang ya.?
    3. PQSERVICE (hidden partisi) itu bagusnya memang harus dibackup ya? tolong dibalas ya boss..thx

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      1. Kalau ga salah, saya memilih Restore System to factory default. nanti prosesnya jalan sendiri koq….gak usah bingung mas indra
      2. Kalau memilih spt no.1, pastinya drive D akan hilang
      3. Paling amannya ya dibackup, kalau kita tergolong user yang ingin mencoba-coba.

  • bayu

    mas, kemarin laptop saya (acer aspire one) ga bisa masuk windows.
    karena mau amankan data2, jadi saya install windows copian.
    setelah selesai, mau saya restore. tapi fungsi alt+f10 nya ga fungsi..

    mohon tutorial yg praktis ya mas..
    maklum nubie ni..

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      dari windows copian td, install macrium reflect. lalu, lakukan backup thd partisi PQSERVICE. Setelah file image sudah ada/terbentuk, buka aplikasi Macrium Reflect dan pilih Restore Tasks -> Browse an image or backup file in Windows Explorer.
      setelah itu, pilihlah file image dari partisi PQSERVICE yang sudah ada/terbuat dan klik OK. Maka pada windows explorer akan terbuat sebuah drive baru yang isinya adalah partisi PQSERVICE. Dari sini, anda bisa melihat semua isi dari partisi PQSERVICE. Coba cari file MBRwrWin.exe dan RTMBR.bin.

      Jika ditemukan, jalankan Command Prompt (DOS), arahkan ke drive yang berisi kedua file tersebut dan ketikkan :

      mbrwrwin.exe install rtmbr.bin

      Perintah diatas akan menginstall Acer MBR. Tutup command prompt, lakukan restart komputer, masuk ke BIOS, aktifkan kembali D2D Recovery, pada saat startup tekan kembali Alt+F10, lakukan proses Recovery kembali, tunggu hingga selesai, restart dan . dari pengalaman saya, akhirnya Windows bisa berjalan dengan sempurna.

      Semoga berhasil

      • bayu

        sip mas..
        sekarang lapienya dah bisa recovery lagi..
        matur nuwun ya mas..

        • http://agungprasetyo.net prazetyo

          Alhamdulillah…senang bisa membantu mas bayu…

  • http://formulablogger.com formulablogger.com

    sejak beli acer aspire one d250 , saya ga pernah otak atik, di pinjem teman, katanya mo dibeli, eh belum bayar udah otak atik sendiri, trus dia , bagi partisinya, dasar orang buta laptop, alasan ga bisa partisi pake sistem bawaan, dia install aja windows baru, dengan format drive c (akibatnya pgservice ikutan hilang).

    Jengkelny nya setengah mati tau begitu, belum bayar netbook gw udah main ubah aja, trus ga jadi beli lagi…busyet dah…

    celaka, gw belum backup alias buat recovery disk.!!!!
    pg service juga ikutan hilang karena terformat oleh tmn gw itu.

    pertanyaan gw: kalo hidden partisi PGSERVICE nya hilang alias udah ga ada, gimana solusinya bro? biar bisa kembalikan seperti sistem semula. mengingat juga ga punya recovery disk.?
    apa adakemungkinan ada bagian hd yang maish simpan pgservicenya,,,,

    thanks

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Wah, itu berarti teman anda mempunyai rasa memiliki yang sangat besar, sampai-sampai terjadi hal spt itu. Tapi kalau sudah hilang PQSERVICE-nya, ya tidak bisa direcovery kecuali anda mempunyai PQSERVICE yang sama. Selain itu, membuat lisensi OEM dari Windows anda jadi hilang.

      Mungkin solusi yaa terpaksa harus install windows bajakan atau anda mempunyai “teman baik” yang mempunyai laptop acer dgn tipe yg sama. “mungkin”…mungkin PQSERVICE-nya bisa cocok. Tapi terus terang, saya belum pernah mencobanya.

      Semoga sukses.

  • adil

    mas, baru beli acer one 532h nih..trus kemarin dah back up recovery lewat acer e-recovery management yg udah keinstall di netbuk dari acer.
    aku pasang dvd eksternal trus ngopi pake 2 keping dvd:1.untuk system 2.untuk driver.
    apakah dengan cara gini, urusan recovery ama lisensi OS dah beres ke depannya, kalo misal kita pingin re-install netbuk …
    soalnya, pusing baca PQservice dan kawan2-nya…hehehe…
    makasih mas..

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Seharusnya beres mas. Karena memang dari pihak Acer tdk memberikan CD/DVD, terpaksa kita sendiri yang harus membackup partisi PQSERVICE dan driver-driver pendukungnya. Kalau mau aman lagi, Windows yg masih fresh tsb dijadikan image saja mas. Bisa menggunakan software Macrium Reflect. Jadi punya backup ganda, selain disk image juga PQSERVICE.

      Semoga bermanfaat

  • dimas

    mas, saya baru beli acer 4740g dengan dos. tapi kok setengah dari hard disk kok ke-hidden ya. padahal yang saya tau klo partisi driver tersembunyi ukurannya paling gak sampe 10 GB.
    mohon pencerahannya…

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Benar mas. Biasanya partisi PQSERVICE yang saya tahu hanya mengambil sekitar 4GB-an. Mungkin mas dimas bisa tanyakan ke pihak acer koq partisinya sampai mengambil separo dari total HD.

      semoga bermanfaat

  • Deden

    Makasih banyak atas artikelnya. Aku telah terbantu atas tulisan mas ini. Mudah-mudahan di beri kelancaran atas semua maksud dan tujuan mas, juga di beri jalan keluar atas semua permasalahan yang dihadapi.
    Terimakasih banyakkkkkk. hatur nuhunnnn…

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      amiin…matur nuwun juga atas doanya….

  • yulida

    saya baru membeli acer aspire one AO 532h dengan OS linux… karena saya tidak mengerti linux jadi saya mau intal ulang dg windows.. lalu gmna cara saya backup recovery sistem linuxnya?? apakah sama dengan cara yg diatas? dan menggunakan software yg sama..

    mohon bantuannya??

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      saya belum pernah melakukan recovery linux. tapi seharusnya sama saja. Selain itu, kalau linux kan tidak bingung dengan lisensi, karena linux adalah open source. Tapi kalau linux itu memang bawaan dari Acer, yulida bisa membaca artikel ini : http://macles.blogspot.com/2008/12/acer-aspire-one-aa1backup.html

      semoga bermanfaat

  • DiDi

    Mas, saya agak bingung ko saya beli netrbook Acer Aspire One 532 ga dikasih cd recovery, padahal klo netbook merk lain diberi, apakah itu memang dari pihak Acer nya atau bagaimana?

    Apakah backup/ recovery itu harus dilakukan atau tidak? saya belum ngerti benar masalah ginian.

    makasih mas

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Sepertinya memang spt itu. Tapi otomatis di dalam partisi Acer sudah ada partisi yg berisi OS dan driver-driver yang bersangkutan. Masalah backup, kalau memang notebook anda sudah ada bawaan windowsnya, harusnya pasti ada partisi PQSERVICE atau apalah namanya yang berisi OS dan driver dari notebook anda, dan itu menurut saya “wajib” anda backup.

  • Paiman

    Mas Aspireone saya Blank, Bisa Ga Bagi PQ Service nya ?
    Sekarang Saya Ga bisa Instal ACER saya..
    Kalo Bisa Sekarang Kirimin Ke IMEL atau Lewat LINK Media fire kalo mas Punya… Thank’s Sebelumnya

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Mohon maaf sebelumnya. Sepertinya saya tidak bisa membagi partisi PQSERVICE saya dengan anda. Karena bagaimanapun juga, PQSERVICE ini berisi OS dan lisensi asli dari netbook saya. Jadi sekali lagi mohon maaf mas.
      Kenapa tidak menggunakan OS berbasis open source saja mas? kan bebas lisensi dan tampilannya sudah hampir mirip dengan Windows.

  • combat

    maaf ni mas agak melenceng tema nya,, tapi aku bener2 butuh battan,,
    aku pake acer timeline 4810t dgn win 7 home premium 64 bit
    ,, tapi aku sekrang udah pake dual boot,, karna banyak aplikasi pnting yang g bisa jalan di win 7,,,
    dual boot nya dah ok tapi pas aku masuk win 7 layar nya nggak full screen resolusi nya berubah,,, dah aku setting berkali2 tapi pas restart gitu lagi,,, mohon bantuannya ya mas,,, makasih

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      sebelum dual boot apakah resolusi monitor anda sudah bermasalah? Saya sendiri kurang tahu apa masalahnya, karena memang gak pernah ngalami. Tapi ada kemungkinan driver vga anda yang bermasalah. coba saja update dengan driver terbaru mas. Kalau tidak bisa, mungkin harus ke Acer langsung mas.

      Mohon maaf gak bisa ngasih solusi yg pasti.

  • fero

    mas saya mw tnya…..saya sekitar 6 bulan lalu beli laptop acer 4810T tapi gak dapet drivernya….sebenarnya driver laptop saya dikasih atau gk dari pihak acer…..

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Mungkin fero bisa cek di partisi tersembunyi-nya. Buka Control Panel > Administrative Tools > Computer Management lalu klik Storage dan pilih Disk Management.
      Jika memang ada partisi PQSERVICE, maka pada tampilan sebelah kanan akan muncul informasi Volume dengan nama PQSERVICE dengan status EISA Configuration. Gambar bisa dilihat di Partisi PQSERVICE.
      Jika dari cara diatas tidak bisa, fero bisa menginstall software Macrium Reflect yang versi FREE aja. Pasti kelihatan kalau ada partisi tersembunyi. Jika ada, berarti semua driver fero ada disitu. Jika tidak ada, mungkin bisa ditanyakan ke pihak acer.

      Semoga bermanfaat

  • Ady

    Kalo bikin partisi buat data gimana???. Sebab pass baru mau mulai pakai Partition Magic ada bacaan: partition magic init failed error 117. Thx

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Itu berarti Partition Magic tdk cocok di komputer anda. Gunakan Easeus Partition Manager. Linknya di http://www.easeus.com/download.htm

  • Ady

    Thanks To Mr Prazeto. Aku sudah download EASEUS Partition Master Home Edition – Free!. Bisa dibikin partisi buat datanya (Drive D). Tapi ngga tau nich kalo windowsnya bermasalah lalu recovery pake bawaan pabriknya (Fn+F10) Data yang di partisi tersebut (Drive D) hilang ngga yach kira???. Thx

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Kalau recovery pake eRecovery bawaannya Acer otomatis akan menjadi 1 partisi lagi. Saran saya, sebelum melakukan eRecovery, backup dulu semua drive D, jadi kalau memang berubah menjadi 1 partisi lagi, anda tidak bingung dgn data tsb.

  • Sultan

    notebook Acer aspire one kena virus…jadi lambat banget..akhirnya install ulang pake USB Flash…berhasil install windows…tapi, kok masih lambaaat ya bro??

    ada solusi? harus bagaimana nih biar kinerjanya ACER jadi kenceeng lagi….trimsss !!

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      sori, habis kena bandwidth limit nih :)
      Install ulangnya pake eRecovery atau install ulang biasa? Ada kemungkinan virus masih belum bersih dari HD, sehingga pas install ulang, virus masih menginfeksi lagi.

  • Hendra

    Saya masih bingung ni mas, apakah setiap kita menjalankan Alt+F10 maka partisi D (100GB) juga hilang?
    Thanks

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      duuh…mas mas hendra. Saya benar-benar lupa nih. Dulu pernah melakukan langkah ini, tapi koq skrng saya lupa dampak melakukan Alt+F10. Tapi amannya, backup dulu aja mas..jadi kalau misalkan ikut kehapus, data di drive D tetap ada backupnya.

      maaf, bener-bener lupa. dah mulai pikun nih… :)

  • http://zlich.wordpress.com zlich

    Salam kenal mas,
    kalo partisi PQSERVICEnya terlanjur hilang, gimana mengembalikannya? untungnya sempat membuat backup DVD melalui e-Recovery.

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      saya belum pernah mencoba erecovery dari DVD mas zlich. Tapi apa pernah dicoba utkbooting dari DVD tsb???

  • Fahri Farghiz

    Saya beli acer aspire one… nah disana ada satu partisi saja, dan sampai sekarang masih belum saya apa-apakan. rencananya mau saya backup dulu systemnya makek e recovey, habis itu mau saya partisi jadi 3 partisi, C: D: dan E:. kalau misalnya ada masalah karena virus dll, terus kita recovery dengan backup-an tapi apa tidak akan menghapus dua partisi yang baru aja di buat? takutnya pas di recovery kembali seperti sedia kala waktu pertama kita beli. hanya ada partisi C: doang.mohon jawabannya. kalau bisa tolong kirim juga ke email saya mas, soalnya saya ngoleksi tulisan2 tentang ilmu komputer. terima kasih, dan salam kenal

    • haslins

      kayak nya sama ni mas maslh kita….
      ane jg baru beli…
      mw bagi 2 partisi aja…
      setelah nanya” ma mbah google…ketemu deh caranya….

      salh 1 kelebihan win7 adalah dapat membagi partisi tanpa bantuan applikasi yg lain…karena pada win 7 tools nya dah tersedia nama nya Shirking volume (klw nggak salah tulisan nya gt)..dan file” yg ada pada partisi yg dibagi tidah hilang…

      singkat nya mas
      klik kanan aja pada my computer (start-my computer)

      lalu klik kiri pada MANAGE…
      trus klik Disk Management…
      nah setelah itu pilih partisi yg ingin di bagi dua (miss : C )….

      klik kanan pada partitisi C: ..lalu klik shirking volume..

      tunggu proses nya…agak lama sih mas…

      lalu tentukan ukuran nya…

      cttn…
      ukuran nya tidak bisa lebih dr ukuran file yg telah dibagi dua mas

      mis: c: ada 50 GB…kita mw buat partisi D
      so

      50 : 2 = 25 GB…

      nah …secara otomatis size nya di bagi 2…

      intinya…partisi D tidak dapat lebih besar dari partisi C…

      smoga membantu mas

      • haslins
        • http://agungprasetyo.net prazetyo

          matur nuwun infonya….maaf baru di-approve, karena comment anda masuk ke bagian pending..

        • adi

          mslh ku sama.saya bli laptop aspire 4741,pake wind 7,tp partisix hanya c doang.
          kapasitas partisiku kan 285 gb,rencanax saya mw bagi,menjadi c 50 gb,d sisax.bisa tidak?

          • http://agungprasetyo.net prazetyo

            Sepertinya sudah dijelaskan secara detil oleh mas haslins diatas.

  • leonardi

    Mas,, gmn caranya buat images windows seperti system PQSERVICEnya ACER?
    Jadi tinggal dipanggil dengan Alt+F10….

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Wah, sebenarnya aku dulu juga sempat kepikiran pingin punya image yang bisa dipanggil spt Alt+F10, tapi gak ketemu juga caranya sampe skrng. Kalau melihat model spt itu, kita harus modify mbr-nya juga kali ya…

      Coba seh, ntar ta browsing-browsing lagi…kalau ketemu, coba aku tuliskan di sini.

  • hendy

    salam kenal mas..
    mas saya punya acer aspire one, saya mau nanya nih:
    1. saya gagal membuat partisi dan saya jd ga bisa masuk ke window, kenapa ya mas?
    2. saya mau nginstal ulang mengggunakan xp home, tp selalu gagal?
    3. dari tulisan yg saya baca apa pqservis saya ilang?
    saya minta solusinya donk mas, trus kl boleh saya minta link untuk pqservisnya atau link yg di butuhkan untuk bisa kembali normal?..
    makasih atas perhatiannya mas…..

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      1. mungkin informasi awal kurang jelas. gagal membuat partisi maksudnya bagaimana? lalu gak bisa masuk windows itu karena sebelumnya krn apa? apa krn partisi td atau proses lainnya?

      2. install ulang xp home ini dari erecoverynya acer atau dari media cd lain??? kalau dr media cd lain, harusnya lancar. gagalnya bisa diinformasikan apa yah?

      3. belum tentu. kan harus dilihat dulu apakah masih ada atau memang sudah hilang. cara melihatnya ya contohnya pake software macrium reflect atau dari computer management di administrative tools.

      link utk pqservice sepertinya tidak ada, karena memang pqservice kan terikat perjanjian dengan legalitas OEM. Saya yakin yang punya pqservice juga tidak akan mau utk memberikan pqservicenya ke publik, kecuali kalau memang ada orang yg mendapat partisi tsb yang bukan miliknya.

  • Mahroza

    Mas, saya punya kendala pada netbook aspire one AO 532h saya, saat dibeli, OS nya Windows 7 Ultimate sudah built in didalamnya, kemudian saya install ulang dengan windows XP, ternyata Windows 7 nya ilang, saya lupa me-recovery Windows 7 nya…
    Bagaimana cara mengembalikan windows 7 nya mas, sementara saya tidak memiliki recovery DVD nya tetapi partisi PQSERVICE belum dihapus….

    Dan kasus kedua, saya pengen menginstal windows XP di netbook Aspire One AO 532h saya, yang pada saat dibeli sudah ada Windows 7 bawaan, tetapi saya ingin windows 7 nya tidak ilang, bagaimana caranya Mas….?
    Mohon bantuannya ya Mas….

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      utk recovery, setelah booting, tekan ALT+F10 lalu pilih restore defaultnya aja. tapi yaa resikonya isi HD yang skrng jadi kehapus semua. saran saya, backup dulu data penting, baru lakukan recovery.

      Caranya pake dual booting mas. Tapi maaf, aku gak pernah dual os antara xp dengan windows 7. Yang pernah dual os, aku pake windows dan linux, xp dan nt server. Ini aku dapat referensi bagus, alamatnya di http://www.sevenforums.com/tutorials/8057-dual-boot-installation-windows-7-xp.html.

  • http://rhio.referensi.web.id/ rhio

    sepertinya perlu tutorial back up MBR mas…

    gak ngerti baca di webnya mas,,b.inggris…

    Thanks…

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      waduh, maaf mas rhio. Saya kurang faham nih, maksudnya bagaimana ya???

      • Tegoeh

        Maz Praz mungkin pertanyaan saya sama dgn Maz Ryo :

        Tolong step by stepnya menggunkan MBR wizard, saya sdh coba pada AAO532 tp belum berhasil :P

        Kl backup PQ service sdh berhasil :D

        kl bs seh ada command2x nya saat di DosPromp :D

        Maksih banyak atas Tutorialnya

      • http://okefilm.com rhio

        gini mas,,tutorial backup MBR menggunakan salah satu tools,,misal MBR Wizard mas…

        saya dah coba2,,tp lum bisa2…
        gak ngerti caranya….

  • ohna2s

    salam kenal om,
    kemaren teman saya sempet beli AAO 532.
    abis baca blog ini, langsung dipraktekin tuh ke netbote temen saya :D
    isi blognya keren2 om, berguna banget
    ijin copas ya om..

  • http://- m45ter

    maaf mas saya punya notebook acer aspire one,numpang nanya.kan kebanyakan D2d recovery tidak bisa berfungsi di karnakan MBR recovery management nya tereplace,benarkah?klo benar saya minta tolong tutorial untuk backup MBR nya.

    kemarin saya udah berhasil kembalikan partisi PQservice yang terhapus bukan hilang(hidden).menggunakan software partisi recovery alhasil berhasil seperti semula.

    hal ini terjadi gara2 mau instal XP dan sebelumnya saya pake win 7, jadi saat di disk management setup WINDOWs xp saya telah menghapus salah satu partisi dari 4 partisi yang ada dan semuanya tidak dikenal dengan tanda seperti (-:) dan size nya ada yg terbaca & unallocated.tiba2 hilang tuh semua partisi,betapa kejutnya saya.padahal udh diperingati partisi akan terhapus tpi masalahnya kok semua partisi.

    misi slanjutnya saya ingin mengembalikan semua partisi itu,namun ada masalah pada aplikasi erecovey managementnya yang meminta untuk mengatur hardisk kembali, pertanyaanya bagaimana mengatur hardisk untuk notebook yang mempunyai D2D recovery seperti ACER?mohon solusinya mas.

    sebelumnya terima kasih

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      1) tutorial backup mbr kan sudah saya berikan di tulisan diatas.
      2)yaa kalau ingin erecovery management, yaaa harus ada partisi pqservice-nya. karena pada waktu menekan alt+f10, proses akan memanggil partisi pqservice utk menjalankan tugasnya. kalau anda sudah backup partisi pqservice, pada artikel tuturial acer aspire bag.2 ada cara utk mengembalikan partisi pqservice pada tempatnya.

      • m45ter

        minta link nya totorialnya……

      • m45ter

        mas,mungkin masalah erecovery managementnya itu disebabkan oleh mbr nya yang berubah.kebetulan saya dapat windows oem-nya win 7 home premium. dan sya udah melihat setup information hdd partisinya yaitu saat notebook masih baru, di hdd (320 Gb) ada 4 partisi yaitu :
        a. partisi pqservice(recovery)=10 Gb lebih
        b.partisi boot ato nama lainnya system reserved=100 mb
        c.partisi primary ato nama lainnya acer=1/2 dari free space
        d.partisi logical ato nama lainnya data=1/2 free space.

        semua partisi diatas di lakukan dengan otomatis.

        yang jdi pertanyaan saya bagaimna membuat partisi seperti itu?dan menggunakan software apa?klo mas tahu tlong di bls mas……..

        • http://agungprasetyo.net prazetyo

          Saya juga mencari software spt itu mas…jadi yang bisa langsung mengextrak “image” yang sudah kita jadikan semacam partisi pqservice…tapi sampai skrng juga belum menemukannya….kalau mungkin m45ter menemukannya duluan, sharing yaa… :)

  • Zenud

    mas saya pengang aser aspire one 532h,, aplikasi recovery tidak bisa dibuka, saya jadi bingung takut windows XP home yang sudah tersimpan hilang, tolong kasih saya solusi,,, terima kasik

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Apakah sudah dicoba membuka dari windows xp home-nya??? Kalau bisa, coba backup dulu aja. yang penting kita punya backup-an windows xp home kita yg asli.

  • http://- Ari

    waduh aku trlambt nih nimbrung disini, karna keburu ke format dah partisinya. gimana ya untuk dapetin tuh windows XP HE yg ori Acer itu?

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      wah, kalau secara legal sih sudah ndak bisa mas. Kan serial numbernya sudah OEM, jadi sepaket sama netbooknya. ya coba aja mas ari install home edition yg serial numbernya mengambil dari kode yg ada di bawah netbook. Kalau bisa, kan “kita” anggap sudah berlisensi OEM, hehee :)

  • Pingback: Tutorial ACER Aspire One A150 (Bagian 1) – Backup PQSERVICE « Copy Paste Only()

  • imran

    ass. maaf mas saya punya notebook acer Ferari one,numpang nanya, kan bawaannya win7 home. kemudian saya install ulang dengan windows XP. skarang saya ingin mengembalikan OS orinya dengan menekan alt+F10, tapi langsung tertera layar hitam trus muncul
    “EDIT BOOT OPTIONS” dst……
    recoverynya g muncul.
    ada saran g mas….
    trimakasih……

  • imran

    lanjutan
    sebelumnya waktu baru sy beli saya recovery windowsnya pd DVD. pa ini bisa membantu???

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Biasanya kalau windows yg asli sudah diganti dengan os lain, memang biasanya proses recovery tidak bisa berjalan. Kenapa? karena MBR yg utk loading proses tsb ikut terhapus.
      Kalau Acer Ferari, saya kurang tahu secara detil bgmn proses erecoverinya, tapi kalau memang disertakan DVD, ya coba aja mas imran. Mungkin utk tipe tsb, proses recoverinya dari DVD.COba baca manual book dari acer ferari kalau utk proses recovery.

      Good Luck

      • imran

        saya telah coba recovery menggunakan recovery dari DVD. prosesnya telah berjalan, tetapi setelah slesai dan di restart langsung muncul layar hitam kembali dan tertulis ada salah satu file yang hilang pada folder system32 nya.

        • http://agungprasetyo.net prazetyo

          klu memang spt itu, brarti ada kemungkinan. pertama, bisa jadi proses backup ke DVD kurang lengkap, atau memang di DVD tsb bukan isi partisi PQSERVICE yg asli.
          Skrng mas imran lihat apakah di partisi komputer anda ada partisi pqservice. lihatnya bisa pake partition manager atau easesua partition manager. kalau memang ada, brarti ada kemungkinan partisi asli bisa dikembalikan. Hanya saja, kita harus benar-benar menggunakan MBR yang sesuai dengan partisi PQSERVICE tsb.

          Untuk ini, anda bisa baca pada artikel kedua (http://agungprasetyo.net/activities/2009/05/29/tutorial-acer-aspire-one-a150-bag-2-experimen/) yg ada fungsi utk mengaktifkan MBRnya. Tapi sekali lagi proses ini saya lakukan di Acer aspire one, sedangkan acer ferari ada kemungkinan mempunyai struktur atau file mbr yg berbeda.

          good luck

  • rizal

    saya punya notebook samsung n150 dengan OS win 7, kasi dong tutorialnya jg seperti diatas

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      waduh mas rizal, masalahnya saya tidak pernah mencoba cara ini di notebook samsung. Tapi kalau memang ada partisi tersembunyi, mungkin cara backupnya bisa sama.

  • ARIF

    Maaf neh mas mo tnya..letak PQSERVICE dimana y?

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      letaknya biasanya di partisi pertama mas, tapi karena hidden jadi tdk keliatan. ukurannya sekitar 4gb-an. itu sudah OS dan driver-driver pendukung.

  • theo

    mas acer recoverynya balik2 trus…bingung padahal proses recovery dah selesai restrat trus.menu acer recoverynya nimbul lagi…di exit..restrat menunya balik lagi ke acer recovery..ke safe mode aj g bisa malah balik lg ke menu acer recovery…jadinnya g bisa keluar dr menu recovery mas…tolong ya bingung!

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Coba cek di BIOS, lihat pada D2D Recovery Option. Dari sini, coba mas theo lihat, opsi yang aktif saat ini apa. kalau disable –> ganti ke enable. Kalau enable –> ganti ke disable. simpan, dan lakukan restart.

  • http://johnhaedy.blogspot.com john

    salam kenal mas..
    mas saya nginstal ulang windows xp pada netbook acer aspire One A150 H dengan menggunakan flashdisk, proses awalnya bisa tapi setelah proses restart windows pertama kali muncul problem ( A problem has been detected and windows has been shut down to prefent damage to your cmputer ) jadinya proses instalasi harus di ulang dari awal.. setelah restart muncul begitu lagi.
    tlong mas dalam hal seperti itu gmana caranya supaya proses instalasi berjalan sampai selesai… mhon penjelasannya mas…. trims..

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      biasanya kalau kita install dari CD, kan posisi drive CD akan tetap. Misalkan drive f:, sedangkan kalau menggunakan flashdisck, kemungkinan posisi tsb bisa berubah. Kan setelah restart, proses instalasi masih belum selesai.

      Tapi terus terang, saya belum pernah mencoba yang spt ini. Sebenarnya saya sudah mempunyai flashdisc yg berisi installer windows, tapi saya belum sempat mencobanya, karena netbook masih dipake istri saya. Kalau memang proses ini berhasil, saya akan coba pasang di sini.

  • tems

    Haloo mas, salam kenal dari saya, saya memiliki acer aspireone dengan tipe :NAV50.

    yang saya ingin tanyakan:
    1. saat ini windows XP home edition hilang, karena virus
    2. Windows tersebut hilang pada saat saya recovery dengan menekan tombol alt+ f10 scr bersamaan pada saat logo acer muncul.
    3. Sesuai buku petunjuk saya jalankan proses recovery tersebut, dan saya memilih opsi : Completely restore system to Factory Defaults,
    namun pada saat proses recovery berjalan dan mencapai point : Restore Progress,
    acer erecovery mengatakan : Restore failed – Error code =1005( The volume does not contain a recognize file system. Please make sure that all required file system drivers are loaded and that the volume is not corrupted)

    Lalu gimana opsi apa yang saya harus jalankan?? Krena dengan opsi : Restore Operating System abd Retain User Data pun tidak bisa.

    mohon pencerahan yua mas…heheh

    • tems

      maaf mas tipenya ternyata AO 532H…mohon pencerahannya ya mas..hehe..sama kalo kita mau instal ulang XP pake USB kira2 windows yg di hidden sama acer itu keformat ga mas??maturnuwun yo mas…

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Masalah ini memang sering ditemui pada saat recovery system. tapi terus terang, belum pernah ada solusi dari permasalahan ini.

      Merujuk dari http://pcsupport.about.com/od/findbyerrormessage/tp/system_error_codes_1000_1099.htm dijelaskan bahwa :

      System error code 1005 means “The volume does not contain a recognized file system. Please make sure that all required file system drivers are loaded and that the volume is not corrupted.” This error code may also display as “ERROR_UNRECOGNIZED_VOLUME” or as the value 0x3ED.

      Mungkin mas tems bisa cek dulu apakah system dan boot loadernya sudah benar. Karena harusnya memang proses alt+f10 meload MBR yang isinya langsung berhubungan dengan partisi PQSERVICE. Coba baca artikel http://agungprasetyo.net/tips-n-trick/tutorial-acer-aspire-one-a150-bag-2-experimen/, semoga ada titik terang.

  • uqi

    kalau tombol ke recovery nya aspire one pro apa?

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Waduh, belum pernah pegang yang aspire one pro. Tapi bisa sudah dicoba pada saat netbook restart, lalu muncul informasi bios dsb, tekan aja ALT+F10 ?
      Kalau memang tidak bisa, berarti pross recoverinya sudah beda lagi….

  • ismail

    Salam kenal mas Praz..
    Numpang curhat nih…
    Saya pke acer4920,drive C: sya resize partisi pake easus,trus sya instal xp,malah error.
    Sekarang sya mau balikin k vista aslinya,Alt+F10 gk mau ya?
    PQSERVICE masih ada di partisi hardisk…gmn cara untuk manggilnya ya?mohon petunjuknya mas
    trimakasih….

  • smile

    Salam kenal mas..
    mas saya pake aspire 4920 dan sudah bisa restore dari cd bekupnya…tapi sekarang kalo recovery to factory default dari erecovery kok gaterjadi apa2 ya?
    Intruksinya keluar seperti normal,tp begitu restart langsung masuk windows…PQSERVISE masih utuh belum saya apa2in di HDD,tp seakan gak bisa manggil PQSERVICE..kira2 kenapa ya mas?
    Mohon solusinya mas…Thanks seblumnya

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Sudah anda coba untuk mengaktifkan/men-non-aktifkan opsi D2D Recovery di BIOS ? Coba aja dulu mas…

  • http://- Lanlan

    Mas saya belum lama beli acer aaspire 4740, kemarin tiba-tiba windows 7 dekstopnya ngeblank, tapi saat booting muncul tulisan kemudian logo kemudian loading antivirus tapi setelah itu blank, gelap, cuma panah mouse masih nampak kalau tekan ctrl+alt+del bisa muculin taskmanager, gimana mas Pras jalan keluarnya, tolong dong, makasih sebelumnya.
    Salam

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Sudah hubungi pihak Acer?? kalau masih baru kan harusnya garansi mas.

      Kalau bisa munculin Task Manager, coba klik File > New Task (Run), lalu cari file explorer.exe dari direktori WINDOWS. Kali aja windows bisa berjalan sempurna. Biasanya kalau spt ini, ada yg rusak dengan sistemnya mas, atau bisa juga karena virus.

      Coba juga dari command prompt utk menjalankan CHKDSK /F /R /V dan setelah restart akan menjalankan proses checking thd HD dan file-filenya.

      Good luck

  • http://o-learn.blogspot.com Denizh d’En-A

    Mas..
    gini…
    notebook acer aspire one D255 bisa di backup ga drivernya ?!..
    kalo bisa.. gmna caranya ?!..
    bales ke email saya saja,, :P :D
    makasih mas..

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Kalau backup satu persatu agak rumit mas. Kalau mau cepet ya backup semuanya dan dijadikan image file.
      Atau paling aman, yaa masuk ke website Acer, pilih Service and Support, klik Driver Download. Pada kotak sebelah kanan, pilih Netbook > Aspire One > AOD255. Dari sini, silahkan download semua driver yang ada, dan sesuaikan dengan OS yang anda pakai.

      Semoga bermanfaat

  • r1esal

    mas,laptop saya klo masuk ke recovery disk sering muncul pesan “HDD validation failed”.hal ini terjadi setalah saya instal dual boot windows.ada solusinya ga,mas?

  • jemmy

    mas, saya punya acer aspire 4741 pada saat restart muncul ” window eror recovery” maksudnya itu apa mas?

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Sepertinya sistem kehilangan konfigurasi file atau ada program yang hilang dari konfigurasi sistem operasi anda. Apa mas jemmy tidak bisa memunculkan menu ererocvery dgn penekanan ALT+F10 ?

  • Reza

    Waduh, mas aq telat 2 menit baca artikelnya T_T, mudah2an ada solusinya. Jadi gini mas, Aq kan sudah install ulang menggunakan eRecovery dan berhasil, kemudian aq partisi drivenya menjadi 2 (karena Acer hanya menyediakan 1 partisi yaitu C). Nah masalah dimulai, aq salah masukin UFD yang banyak virusnya, langsung deh kena lagi, lalu saya gunakan eRecovey lagi, pas aq restart bukannya masuk ke eRocvey malah balik ke Windows, aq coba tekan alt+f10 malah blank hitam (masalahnya mirip smile hanya saja D2D Recovery sudah Enabled). Aq curiga gara-gara dipartisi MBRnya hilang T_T (Partisi EISA masih ada). Waduh gmn Mas ya, solusinya? Terima kasih sebelumnya

    • Reza

      Waw, sudah terselesaikan masalahnya Mas. Jadi intinya “Untuk permasalahan Recovery pada Acer Aspire One, jika masih memiliki partisi EISA maka segera dapatkan dua buah file, yaitu Mbrwrwin dan RTMBR bagaimanapun caranya dan eksekusilah bagaimanapun caranya juga!!!” Hahaha…… Terima kasih Mas ^_^

      • http://agungprasetyo.net prazetyo

        Seperti yang saya sampaikan di tutorial bagian 2 kan??? senang bisa membantu.

  • joko

    salam kenal mas, saya punya laptop acer aspire one 532h, setiap kali mau boot ke windowsnya selalu berbunyi and nunnggu 1 menit baru bisa masuk ke windowsnya. sy coba ganti windows 7 tapi tetap aja masih bunyi, mohn bantuannya and pencerahannya

  • irfan

    mas saya mau nanya saya punya acer aspire one 532h…gmn ya nyari partisi pqservicenya???smntra saya udah instal ulang pake os lain…

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      dilihat dari Computer Management mas…nanti kan keliatan masih ada gak partisi pservice-nya. Kalau sudah tidak ada, ya berarti sudah kehapus.

  • Rey

    mas, saya punya acer aspire one, ga bisa masuk windows, saya udah coba pake alt+F10, tapi ga bisa muncul menunya, gmana yah, minta pencerahannya masss..

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Tidak bisa masuk windows itu maksudnya tdk bisa login, atau windows tidak bisa loading sama sekali? utk alt+f10, sepertinya MBR-nya sudah corrupt atau terhapus. Coba aktifkan lagi…caranya? baca aja artikel bag. kedua.

      Good luck.

  • http://www.ahyarwahyudi.wordpress.com ahyar

    terima kasih atas infonya, saya pake acer ferrari1, kejadiannya kena virus, laptop saya setelah log in cuma hidup dalam tempo 1 menit, setelah itu restrat sendiri, karena tidak ada pilihan lain dan waktu itu laptop sangat diperlukan, maka saya install dengan win 7 home premium, saya masukan serial number dengan yg tertera di bag bawah laptop, dan berhasil (tentunya dengan sewi windows yg sama). akhirnya saya mau mengembalikan laptop seperti semla, setelah browsing, nemu deh blog ini. langsung saya coba fungsi alt+f10, langsung saja menuju acer empowerment dan bla bla…., kira-kira 45 menit, kembaloi seperti baru beli dengan bunyi khas waktu log on (bunyi ferrari1). drive c semuanya terformat dengan installan yang baru. untuk drive d e f g h i …, aman2 saja. tinggal kita pilih saja waktu install tsb, mau drive mana sebagai system. setelah kejadian itu, saya pernah mencoba mengaktifkan kembali fungsi alt+f10 dan tetap lancar saja.
    jadi, menurut saya, pihak acer sudah dengan perhitungan yg pas dengan tidak mengasihkan cd driver, karena installan kita belaum tentu sama dengan keadaaan semua, beda dengan fungsi pqservice, semua proses penginstallan windows sampai driver dilakukan secara otomatis, kita cuma nunggu sambil minum kopi dan nonton opera van java. hehehe,
    bila pq service udah ada, install ulang beberapa kalipun tidak masalah….ok tq mas agung.
    salam (05117545439).

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Senang bisa membantu. Kemarin saya juga baru melakukan recovery lagi untuk ke-sekian kalinya (sudah byk banget mas.. :) ), dan proses recovery lancar-lancar saja tanpa ada masalah. Alasan di erecovery lagi karena windows terasa berat dan sepertinya ada masalah dgn system. Setelah erecovery, netbook kembali spt semula…jalannya aplikasi juga lancar gak berat spt sebelumnya.

      Terima kasih sudah mampir ke blog saya.

  • emil kurniawan

    mas netbook saya ao 532h uda di instal pke 7, klo pengen ganti sama os bawaannya cranya bagaimana? os bawaanya xp , terimakaih

    • emil kurniawan

      lanjutan mas ,,hehheh

      numpang nanya mas, saya uda menjalankan tutorial bagian 2 yang eksperimen kedua …saya uda backup PQSERVICE namun kedua file mbrwrmin dan rtmbr tidak di temukan,,
      mhn bantuannya…
      klo bisa kirim email

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      tinggal njalanin ALT+F10 pas kita restart laptop. Kalau MBR bawaan masih ada, harusnya proses recovery langsung berjalan.

  • makky hooligan

    mas jika file MBRwrWin.exe dan RTMBR.bin. tidak di temukan bagaimana?

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      tidak ditemukan ini dimana? di partisi pqservice atau dipartisi lainnya? kedua file ini hanya ada di partisi pqservice mas.

      • boaz

        iya mas, saya pake acer 532h, tapi 2 file itu tidak ditemukan di pqservices,, bingung :9 :(

        • http://agungprasetyo.net prazetyo

          Maksudnya 2 file apa ya mas boaz???

        • boaz

          file MBRwrWin.exe dan RTMBR.bin……………… ntar mas prazetyo bisa liat screenshot pq service saya..

  • robert

    bang, mau nanya, kok tiba2 led indikator CAPS lock, VOLUME, ga muncul ya di layar laptop acer saya?
    knp gt ya, pdhl sebel;um nya bs.

    aku mau nanya, recovery acer itu ada resiko ga selain data di C hilang?

    thanks

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      utk indikator, coba cek apakah aplikasi launch managernya tdk ada masalah? kalau ad masalah, ya install ulang aja aplikasinya.

      Kalau ngomongin resiko, sebenarnya itu bukan resiko mas. Tapi itu fasilitas. Karena namanya recovery, jadi seharusnya ini dilakukan jika laptop anda mengalami masalah. Kalau tdk ada masalah, ya tdk perlu di recovery. Jika terpaksa dilakukan, otomatis konfigurasi akan kembali ke setingan pabrik awal.

      • robert

        bang, masalah nya gimana cara cek launch managaer dalam windows 7, 64 bit di laptop aku?? bole kasi langkah2 nya?? dan gimana kita tau itu ada masalah atau ga?
        wow, jawaban anda bagus sekali ya, aku uda cek di internet dan jawaban nya sama.
        thank you, ya bos uda kasi tau aku…..

        • http://agungprasetyo.net prazetyo

          Biasanya kan di fungsi F1-F12 kan ada fungsi yg biasanya berwarna lain dan berbeda dengan warna dasar font/angka (hitam). Seperti misalnya F4, ada gambar Zz yg berfungsi utk mode sleep. Caranya ya pada waktu di Windows, tekan Fn+F4 / Fn+ (gambar volume) utk membesarkan/mengecilkan dsb.

          good luck

  • uchu

    salam kenal mas

    mau numpang tanya..

    ini saya ada laptop Acer Aspire one Model NAV50,
    permasalahannya :
    1. saya buat partisi tambahan karena hanya ada partisi C, sy gunakan partisi Mini tool . setelah sy buat partisi dan memformat partisi baru tersebut laptopnya restart, setelah restart ada printah / pesan masukkan disk( sepertinya hardisk tidk bs booting , tkn Alt + F10 jg tdk bs booting.
    sebelumnya sy tidk membackup MBR dan Pqservice.

    2. smua paptisi telah dikosongkan/di delete
    jd bgemana dg XP Home Original Bawaannya?
    karena MBR dan partisi PQSERVICE jg sdh Hilang.

    trimakasih.

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      1. kalau partisi menggunakan mini tool saya tidak pernah menggunakan. Tapi logikanya sih ga masalah mas, kan cuman nambah mecah partisi dari C.

      2. Kalau kondisinya spt ini, ya otomatis windows xp home-nya sudah hilang. tidak bisa dikembalikan lagi. tapi coba dicek lagi apakah bener-bener hilang atau hanya tidak keliatan?

  • uchu

    lanjutan……

    mksdnya bgemana untuk kemblikn ke kondisi sebelumnya
    thank’s

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      utk kembali ke kondisi sebelumnya tanpa adanya partisi pqservice, ya tentu saja tidak bisa mas. Karena partisi pqservice itulah yg bisa me-restore windows xp home anda dalam keadaan awal.

  • Aryo

    Assalamualaikum Wr Wb

    Met siang mas , sy mau tanya nih netbook sy bermasalah tidak mau masuk windows begitu juga menu recoverynya tidak muncul saat saya takan alt + f10 hanya layar hitam saja ditunggu berjam jam juga tidak muncul . dan yang lebih parah saya juga belum sempat backup pqservice nya .., mohon solusi mas dimana sy bisa download pqservice beserta windows aslinya agar bisa dipasang di netbook saya ..

    Waassalamualaikum Wr Wb

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Biasanya lakukan disable/enable D2D Recovery di BIOS. Kalau selama partisi PQSERVICE tidak terhapus, yaa ada kemungkinan utk bisa dikembalikan lagi ke setingan awal.

  • http://ansarisaleh.blog.ugm.ac.id Ansari

    Mas, program Macrium Reflect aq tidak jalan,,,, ada gak program lain selain Macrium Reflect.
    Terima kasih sebelumnya

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Banyak mas…cuman saya pakenya itu. Tapi ada banyak koq…silahkan di browse aja di om google. :)

  • http://www.cotepattan.multiply.com Utie Wahyoe

    Mksh bnyk mz, ne sangat bermanfaat buat saya, udah lama punya laptop, tapi ru tw skarag,,,,dikit KATRO’ ya,,,,,

  • irfan saleh

    Mas IT ane punya masalah dengan acer 532h,,,
    aq udah instal ulang pake os lain,,,aq mau balikin ke os yg asli,,wktu aq cek partisi mbr itu masih ada n tersembunyi…g bisa di panggil pake alt f 10…ada solusi laen ga mas…
    mohon balas di email sy irfanjuniyantosaleh@yahoo.com
    Moga allah tidak menyiayiakan amal mas…thq

  • EKO HANDRIANA

    keren mas agung infonya !!!!!!!!!!
    btw MOHON BERI PENCERAHAH BAGAIMANA CARA MEMBUAT PQSERIVICE ACER ASPIRE ONE ?
    KARENA NETBOOK SAYA SUDAH DI INSTALL ULANG YG MENYEBABKAN PQSERVICE TDAK BERFUNGSI DAN SUDAH TIDAK ADA DATANYA LAGI.DAN JUGA SEKARANG PARTISI PQSERVICE NYA SUDAH SAYA PERLUAS KAPASITAS VOLUMENYA.
    MOHON BERI TAU BAGAIMANA CARA MEMBUT PQSERVICE SEPERTI YG DI BERIKAN ACER PERTAMA KALI.
    JD KALO DARURAT ATAU WINDOWS MINTA DIINSTALL LAGI TINGGAL MEMANGGIL DENDAN PERINTAH ALT+F10.HE HE HE GA MAU PUSING,ABIS ENAK CARA ITU SIMPLE TINGGL PENCET BERES DEH.
    THANK MAS AGUNG

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Sepertinya tidak bisa mas membuat pqservice. Karena memang pqservice ini bawaan dari acer, dan sampai saat ini, saya tidak belum menemukan aplikasi utk membuat model recovery spt ini. Kalau sudah hilang, yaa artinya tidak bisa dikembalikan lagi.

  • http://ansarisaleh.web.id Ansari Saleh

    mas, bantuin aq dong,,,,, partisi PQSERVICE masih ada tapi saya sudah hapus partisi ACER (System Windowsnya),,,, saya ingin install pakai D2D Recovery tapi tidak jalan installnya,,,, solusinya gmn mas…. pliss bantu aq,,,,,,

  • Ary

    mas mau tanya, saya punya acer aspire one d255, tapi saya lupa back up data bawaan laptopnya , apakah masih bisa direcovey ? mohon balasannya dan solusinya.. trima kasih.

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      skrng apakah laptopnya sudah diformat bersih??? kalau tidak, brarti pqservice masih ada. coba anda lihat di computer managament di control panel…kalau memang belum terhapus, akan ada partisi EISA dengan type hidden di sana.

      good luck

  • FITRAHADI

    mas saya ingin tanya..
    proses recovery Completely restore system to Factory Defaults, dengan yang opearting system Retain User Data itu bedanya apa ??
    apa setelah recovery data sebelumnya dicover ke drive C: ? dan apakah memakan jumlah harddisk,

    tolong dijelaskan ya mas.. TQ

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      selama ini saya melakukan recovery, drive C akan dihapus dan diinstall ulang dari dari awal.. bersih..sih..sih. jadi mendingan mas fitra di backup dulu aja data-data di drive C. kalau ada drive D dan lainnya, tidak akan berpengaruh. jadi aman-aman saja utk drive lainnya.

  • haslins

    thanks gun…sangat bermanfaat….

    maju trus experimen nya…
    oh y gan..ana jg mw nanya nih…
    gmn klw partisi or file asli PQSERvice nya udah keformat….
    bisa nggk kita buat PArtisi or file PQSERVICE nya dengan menggunakan backup dari laptop acer yg tipe nya sama…

    soal nya sebelum ketemu web agan yg masta ini..ane akal”in aja ngistall nya pake win7…ane partisi ulang smua nya..sampai” partisi yg kesembunyi ane format smua…
    kira” bisa nggk y..buat seperti settingan pabrik hdd ya…???
    mohon pencerahan nya y ga,,…thank b4 masta…

  • pani

    ga… mohon bantuan nih… aku instal windw xp2 ke notebokk aspireone pake Fd udah pake driver sata yang aku donld d web acer…pass instalasi normal aja… tapi setelah selesai copy wndws.. eh mala ada tulisan keluar
    windws can’t stat…………(blabalabla..)…mising or corupt:
    (windosw root)\sistem32\hal.dll
    pleasa re instal or copy above file
     
    udah pake master lain masih aja…. pleas bantuannya gan…. makasih..

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      A. Cara pertama

      * Nyalakan komputer dan lalu masukkan CD Windows.
      * Ketika muncul tampilan Welcome to Setup, tekan R.
      * Ketika nomer yang berhubungan dengan instalasi Windows yang akan kita perbaiki (biasanya 1) kemudian tekan Enter.
      * Ketika mendapat jawaban lalu ketik password administrator dan tekan Enter, kalau tidak diberi password maka cukup langsung Enter Saja.
      * Pada command prompt, ketik perintah-perintah berikut. (Contoh perintah dibawah ini dengan asumsi bahwa C: merupakan drive Windows kita. Ubah huruf drive jika tidak sesuai.)
      ATTRIB -H -R -S C:\BOOT.INI
      DEL C:\BOOT.INI
      BOOTCFG /REBUILD FIXBOOT
      * Lalu ketik Exit dan komputer akan otomatis restart.

      B. Cara kedua

      * Jika perintah di atas tidak berhasil memperbaiki eror yang ada maka ulangi kembali instruksi seperti yang ada di cara pertama untuk boot ke recovery console dan login sebagai administrator.
      * Pada command prompt ketik perintah berikut (asumsinya driver D: adalah drive dimana CD-ROM berada):
      EXPAND D:\I386\HAL.DL_ C:\WINDOWS\SYSTEM32\HAL.DLL

      C. Cara ketiga

      Jika dua cara di atas tidak berhasil juga maka ada cara terakhir yang ternyata sukses saya terapkan. Kemungkinan kasus yang saya alami untuk cara pertama dan kedua tidak berhasil karena CD Windows XP yang digunakan untuk recovery-nya bukan CD Windows XP original.

      Langkah-langkahnya sebagai berikut:

      * Nyalakan komputer dan lalu masukkan CD Windows.
      * Ketika muncul tampilan layar Welcome to Setup, pilih To Set up Windows XP Now, press Enter
      * Tekan F8 ketika berada pada halaman Licensing Agreement
      * Lalu ikuti langkah-langkah seperti halnya ketika kita ingin menginstal Windows XP. Pilih partisi Windows XP berada, misal di C
      * Ketika ada pertanyaan bahwa di partisi C sudah ada instalasi Windows maka teruskan
      * Begitu ada pertanyaan apakah kita ingin menginstal Windows XP di folder yang sama (Windows) atau ingin menginstalnya di folder yang lain maka pilih folder yang sama dan tekan Enter
      * Intinya adalah bahwa seolah-olah kita hendak menginstal Windows baru di partisi dan folder yang sudah ada sebelumnya. Kemudian setelah melalui proses akan muncul pesan Windows has finished performing maintenance on you hard drive
      * Lalu Windows akan restart dan kembali sehat lagi

      Sumber : erakomputer.com

  • FITRAHADI

    mas jadi gini, kemarin kan saya install ulang acer aspire one d250, pas saya masuk melalui cd xp untuk mengistall xp proffesional. partisi PQservicenya tidak keluar, cuma ada C:, D: apakah kalo seperti itu parti PQservicenya telah terhapus sebelum saya menginstall XP ? terima kasih mas

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      ada kemungkinan terhapus. harusnya pada pemilihan partisi mana yang mau diinstall windows, harusnya partisi tsb keliatan EISA partition. coba aja lihat dari control panel > administrative tool > computer management > disk management. cek disana ada gak pqservice (eisa partition).

  • FITRAHADI

    ternyata pas sudah saya install xpnya masih ada mas partisi PQservicenya..namun saya tidak bisa menjalakan d2d recoverynya..bagaimana caranya untuk menjalankan d2d recovery, saat saya boot dia tidak merespon mas

  • FITRAHADI

    bagaimana cara menjalankan d2d recoverynya mas..sebab saya tekan alt+10 tidak jalan :(

  • volly

    gan mohon bantuanya, sy keburu me resize partisi laptop temen ane make paragon partisi, drive c nya basar bgt 300G dbanding drivr D cuma dikasi partisi 4Gb, nah partisi D udah penuh, dan tmn ane itu mau membagi size partisinya ke D dr c, pas ane nyoba pke paragon, berjalan lancar, namun setelah rebot, error..nah skrng ane bingung gan, aakata tmn ane itu partisi di C ada data2 kuliahnya…ane bingung mau ngembaliin datanya gn, mana hardisk laptopnya g bisa dikeluarin, krn mash masa garansi….mohon pencerahanya ya gan segera..terimakasih..

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Ya gini mbak. *bener mbak kan ini :)
      Coba booting pake live cd dari linux, bisa ubuntu atau distro lainnya. Kalau tdk ada cdrom internal, ya terpaksa pake cdrom eksternal tapi dipasang kabel pararel to usb. banyak koq dipasaran, murah lagi.
      Lalu, dari live cd td, akses folder yg ada isi datanya, lalu kopikan ke flash disk atau media ekternal lainnya. kalau sudah, yaa windows yg error tadi bisa dilakukan recovery atau install ulang dengan hanya install ulang tapi tdk menghapus partisi di drive C.

      Semoga bermanfaat.

  • Jodot

    Mas,manggil restore dgn alt+f10 tdk bisa,pq service msh ada.Gmana cranya gan?
    Kl restore dgn recovery management sma gak hslnya?Mhn bntuannya

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Coba saja mas Jodot. Kalau tdk salah ada pilihan utk full recovery.

  • Albert Nur

    om,kmaren ane buka PQSERVICE nya pake ubuntu om,jadi boot pake ubuntu natty baru ke disk utility dan pilih PQ SERVICE NYA di mount.Muncul deh partisi PQSERVICE.BAru ane copas ke DRIVE D nya acer lalu boot ke winxp,dan burn smuanya ke cd om^^.Sapa tau berguna!!!

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      Wah, metode baru. Terima kasih mas…pastinya berguna :)

      • Albert Nur

        sama2 om.. ^^

  • dewa

    om,kmaren kan ane udah backup PQSERVICE nya…
    baru ane install ubuntu…
    skrg ane mau balikin lagi ke winxp om…
    gimana cara nya ya????

    kmaren ud di restore PQSERVICE nya tapi pas alt+f10 malah muncul “BOOTMGR is missing press ctrl+alt+delete to restart”

    gimana caranya om???

    • http://agungprasetyo.net prazetyo

      coba baca yang bagian 2 mas…semoga bermanfaat

You are here:   agungprasetyo.net > Acer Aspire One > Tutorial ACER Aspire One A150 (Bag. 1) – Backup PQSERVICE
Top